Panduan Daftar Visa Pelajar Swiss
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Panduan Daftar Visa Pelajar Swiss

   Panduan Daftar Visa Pelajar Swiss

Bagi kamu yang memiliki rencana untuk kuliah di Swiss, maka wajib untuk memahami proses pendaftaran visa pelajar. Visa pelajar merupakan persyaratan penting untuk dapat tinggal dan belajar di Swiss secara legal atau sah. Artikel di bawah ini akan memberikan kamu panduan langkah demi langkah untuk memahami proses daftar visa pelajar di Swiss. Yuk simak sampai akhir!

Pahami Jenis Visa Pelajar Swiss 

Sebelum kamu mulai mendaftar visa pelajar di Swiss, penting untuk memahami jenis visa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada dua jenis utama visa pelajar yang dapat kamu pertimbangkan: 

  • Visa Pelajar Schengen (Visa D): Visa ini berlaku untuk program pendidikan yang kurang dari 90 hari. Visa Schengen memungkinkan kamu untuk belajar di Swiss sementara dan menjelajahi tempat lain selama masa studi yang kamu tempuh. 
  • Visa Pelajar Nasional (Visa D/N): Jika kamu berencana untuk belajar di Swiss selama lebih dari 90 hari, kamu akan memerlukan visa pelajar nasional. Visa ini akan memberikanmu izin tinggal yang lebih lama di Swiss. 

Pilih Program Pendidikan dan Terima Surat Tawaran

Langkah pertama dalam proses pendaftaran visa pelajar Swiss adalah menerima surat tawaran dari institusi pendidikan yang telah kamu pilih. Pastikan kamu telah diterima sebagai mahasiswa di institusi tersebut sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. 

Baca Juga: 10 Alasan Utama Memilih Swiss Sebagai Negara Tujuan Belajar

Pengajuan Visa Pelajar 

Setelah kamu menerima surat tawaran, kamu dapat mengajukan visa pelajar. Berikut langkah-langkahnya: 

Persiapkan Dokumen-Dokumen yang Diperlukan

  • Paspor dengan masa berlaku yang cukup panjang 
  • Surat tawaran dari institusi pendidikan Swiss
  • Bukti keuangan yang menunjukkan kamu memiliki dana yang cukup untuk tinggal dan belajar di Swiss 
  • Bukti asuransi kesehatan yang berlaku di Swiss 
  • Foto paspor sesuai dnegan persyaratan 
  • Surat pernyataan yang menunjukkan kamu tidak akan bekerja lebih dari yang diizinkan selama masa studi

Kunjungi Kedutaan atau Konsulat Swiss 

Kamu harus mengajukan permohonan visa pelajar di kedutaan atau konsulat Swiss yang berada di negara asal kamu. Jadwalkan janji temu dan ikuti petunjuk pengajuan visa dengan seksama. 

Wawancara Visa (jika diperlukan)

Terkadang, kamu mungkin diminta untuk menghadiri wawancara visa. Persiapkan diri kamu dengan baik dan siapkan jawaban yang jelas dan jujur untuk pertanyaan yang mungkin diajukan petugas imigrasi. 

  1. Biaya Visa
    Pastikan untuk membayar biaya visa yang berlaku sesuai dengan ketentuan yang ada. 
  1. Proses Aplikasi Visa
    Setelah mengajukan aplikasi, kamu perlu menunggu hingga visa kamu disetujui. Hal ini bisa memakan waktu beberapa minggu. Dengan begitu, pastikan kamu mengajukan aplikasi dengan cukup waktu sebelum jadwal perkuliahan kamu dimulai.

    Baca Juga: Cara Mudah Kuliah di Swiss 

Kedatangan di Swiss 

Setelah visa pelajar kamu disetujui, kamu dapat bepergian ke Swiss. Pastikan kamu selalu membawa dokumen visa kamu dan semua dokumen pendukung lainnya saat perjalanan. 

Pendaftaran di Kantor Imigrasi 

Setibanya di Swiss, kamu harus mendaftarkan diri di kantor imigrasi setempat dalam waktu 14 hari sejak kedatangan kamu. Setelahnya, kamu akan diberikan izin tinggal resmi di Swiss. 

Ikuti Peraturan Visa Pelajar di Swiss 

Last, but not least. Penting untuk mematuhi peraturan visa pelajar Swiss selama masa studi kamu. Hal ini termasuk tidak bekerja lebih dari yang diizinkan, mematuhi jadwal perkuliahan, dan menjaga status kamu sebagai mahasiswa yang aktif. 

Butuh bantuan? Hubungi Konsultan Pendidikan Vista Education 

Salah satu tips agar kita mendapat informasi terbaru tentang kuliah di Swiss adalah dengan bantuan konsultan Pendidikan. Contohnya Vista Education. Konsultan pendidikan biasanya bermitra dengan kampus jadi dipastikan punya info valid. Sebuah cara jenius untuk mengurangi resiko ketinggalan jadwal, kurang persyaratan atau masuk ke universitas yang tidak tepat. Tim konsultan Vista Education akan membantu kamus sejak pemilihan universitas, pendaftaran, admission, VISA sampai pencarian akomodasi. Mulai konsultasi GRATIS dengan tim Vista sekarang yuk!


 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !