Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Melihat Lebih Dalam Profesi Konsultan di Konsultan Pendidikan Luar Negeri

Melihat Lebih Dalam Profesi Konsultan di Konsultan Pendidikan Luar Negeri

Konsultan pendidikan itu seperti apa sih? Berikut ini peran konsultan pendidikan yang penting untuk para pelajar

Apa saja yang kamu ketahui soal konsultan pendidikan luar negeri? Dilihat dari namanya, profesi ini banyak memberikan konsultasi untuk pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Ya, memang betul.

Akan tetapi, konsultan pendidikan memiliki peran penting pula sebagai seseorang yang memberikan solusi kepada pelajar. Apa saja? Yuk melihat lebih dalam mengenai konsultan pendidikan luar negeri.

Pertama, lembaga apa sih konsultan pendidikan luar negeri itu?

Konsultan pendidikan adalah lembaga swasta yang membantu calon mahasiswa untuk kuliah di luar negeri. Paket bantuan yang diberikan berbeda antara satu lembaga dan lembaga lain. Di Vista Education, calon mahasiswa bisa mendapat tes penjurusan, bantuan pemilihan universitas dan jurusan, pengurusan dokumen, pendaftaran ke kampus, housing atau tempat tinggal, kelas Bahasa Inggris dan fasilitas international English Test. 

Faktanya, tak sedikit anak yang masih bingung dengan kampus yang cocok untuk mereka. Banyak yang mereka pertimbangkan, mulai dari negara tujuan, keunggulan kampus, jurusan di dalamnya, program yang diselenggarakan, dan lain-lain.

Konsultan pendidikan luar negeri memiliki peran penting untuk memberi informasi mengenai kampus yang sesuai untuk pelajar dengan mempertimbangkan hal-hal di atas tadi. Konsultan pendidikan luar negeri juga akan memberi tahu seperti apa kehidupan mahasiswa di kampus, kondisi lingkungan di negara tersebut, dan lain-lain yang dibutuhkan anak.

 

Para konsultan membantu memberikan tips tinggal di luar negeri

Tidak sekadar memberi pengarahan mengenai pendidikan di luar negeri, konsultan pendidikan juga memberikan tips kepada anak bagaimana tinggal di luar negeri. Hal ini sangat penting karena negara asing jelas memiliki budaya, kebiasaan, dan kehidupan sosialnya yang berbeda.

 

Konsultan Pendidikan membantu mengurus administrasi sebelum masuk universitas

Ada banyak dokumen dan persiapan yang perlu dilakukan anak sebelum masuk universitas di luar negeri. Apa saja? Dokumen yang kamu dibutuhkan untuk pendaftaran kuliah jenjang sarjana adalah:

-          Rapor SMA semester 1-6

-          Ijazah SMA

-          Sertifikat bahasa (TOEFL iBT/PTE/IELTS)

-          Motivation letter

-          Surat rekomendasi

-          Visa

-          Paspor

Sedangkan untuk jenjang pascasarjana dilebihkan dengan dokumen berupa CV, transkrip akademik dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Jika anak merasa kebingungan dengan dokumen-dokumen tersebut dan ingin membuat dokumen yang terbaik serta dapat menonjolkan potensi, konsultan pendidikan luar negeri akan membantu dan siap menuntun proses pembuatan dokumen jika mengalami kesulitan.

 

Memberi pemahaman kepada orang tua dan anak untuk mengambil jalan tengah

Tak jarang ada perdebatan antar orang tua dan anak karena memiliki pendapat yang berbeda. Anak mungkin lebih tahu potensi yang dimiliki, sehingga memilih negara dan kampus yang menurutnya tepat dengan dirinya. Namun, orang tua juga tahu karakter anak dan memberi rekomendasi negara yang bisa membuat anak lebih mudah bergaul.

Konsultan pendidikan akan memberikan saran yang netral dan menawarkan solusi berupa rekomendasi negara dan kampus yang sesuai dan dapat memenuhi keinginan kedua pihak.

 

Cara menjadi seorang konsultan pendidikan yang baik?

Konsultan pendidikan yang baik adalah konsultan pendidikan yang memiliki pengetahuan di bidang ilmu psikologi, pendidikan, analisa, kemampuan observasi interpersonal, serta kemampuan problem solving. Lebih penting, mereka juga harus tertarik dengan bidang pendidikan dan peduli terhadap kebutuhan orang lain.

 

Apakah kamu ingin menjadi seorang konsultan pendidikan? Vista Education membuka lowongan pekerjaan untuk role ini lho.  Atau kamu justru ingin kuliah di luar negeri? Ayo mulai berdiskusi dengan kami sekarang