Konsultan Pendidikan Vista Education : Solusi Mudah Kuliah di Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Konsultan Pendidikan Vista Education : Solusi Mudah Kuliah di Luar Negeri

Konsultan Pendidikan Vista Education : Solusi Mudah Kuliah di Luar Negeri

Konsultan pendidikan itu seperti apa sih?Apa sebenarnya tugas mereka? Yuk kita intip bareng

Kuliah di luar negeri itu sangat menantang. Prosesnya cukup panjang dan rumit. Calon pelajar internasional juga perlu memenuhi banyak syarat. Termasuk di dalamnya adalah nilai akademik, berbagai berkas, sertifikat bahasa Inggris, VISA dan masih banyak lagi. Banyak informasi baru yang jarang dimuat di internet atau sosial media saja. Jika dirasa semua itu terlalu sulit, mungkin kamu membutuhkan bantuan dari konsultan pendidikan. 

Pertama, lembaga apa sih konsultan pendidikan luar negeri itu?

Konsultan pendidikan adalah lembaga swasta yang membantu calon mahasiswa selama proses pencarian dan pendaftaran kuliah di luar negeri. Paket bantuan yang diberikan berbeda antara satu lembaga dan lembaga lain. Di Vista Education sendiri, calon mahasiswa bisa mendapat :

  • Tes penjurusan
  • Bantuan pemilihan universitas dan pendaftaran
  • Pengurusan dokumen dan VISA
  • Pencarian housing atau tempat tinggal
  • kelas Bahasa Inggris dan fasilitas international English Test. 

Faktanya, tak sedikit calon mahasiswa yang masih galau. Mereka ragu dengan jurusan yang dipilih. Mereka juga tak tahu universitas mana yang sesuai. Nah! Maka tugas konsultan adalah mengajak mereka berdiskusi. Memberi berbagai masukan dan opsi pilihan. Menjelaskan mana kira-kira negara dan universitas yang cocok. Mereka juga siap untuk membantu proses selanjutnya. 

 

Para konsultan membantu memberikan tips tinggal di luar negeri

Tidak sekadar memberi pengarahan mengenai pendidikan. konsultan pendidikan juga memberikan tips kepada anak bagaimana tinggal di luar negeri. Hal ini sangat penting karena negara asing jelas memiliki budaya, kebiasaan, dan kehidupan sosialnya yang berbeda.

Apakah para konsultan pendidikan pernah tinggal di luar negeri? Kemungkinan besar iya. Konsultan pendidikan di Vista Education adalah mereka yang memiliki pengalaman, menyelesaikan training bahkan dikirim langsung ke negara lain untuk melakukan survey. Mereka juga punya koneksi baik dengan perwakilan universitas luar negeri untuk Indonesia. Jadi wajar, para konsultan pendidikan selalu memiliki informasi terbaru dan tervalid tentang kuliah di luar negeri.

 

Konsultan Pendidikan membantu mengurus administrasi sebelum masuk universitas

Ada banyak dokumen dan persiapan yang perlu dilakukan anak sebelum masuk universitas di luar negeri. Apa saja? Dokumen yang kamu dibutuhkan untuk pendaftaran kuliah jenjang sarjana adalah:

-          Rapor SMA semester 1-6

-          Ijazah SMA

-          Sertifikat bahasa (TOEFL iBT/PTE/IELTS)

-          Motivation letter

-          Surat rekomendasi

-          Visa

-          Paspor

Sedangkan untuk jenjang pascasarjana dilebihkan dengan dokumen berupa CV, transkrip akademik dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Jika anak merasa kebingungan dengan dokumen-dokumen tersebut, maka para konsultan pendidikan siap memberi pengarahan. 

 

Memberi pemahaman kepada orang tua dan anak untuk mengambil jalan tengah

Tak jarang ada perdebatan diantara anak dan orang tua dalam menyusun rencana belajar. Anak memiliki jurusan dan pilihan universitas. Sedangkan orang tua acap kali merasa pilihan si anak belumlah yang terbaik. 

Setelah berdiskusi, konsultan pendidikan akan mengevaluasi, memberikan saran netral dan menawarkan solusi berupa rekomendasi negara dan kampus yang sesuai dan dapat memenuhi keinginan kedua pihak.

 

Cara menjadi seorang konsultan pendidikan yang baik?

Konsultan pendidikan yang baik adalah konsultan pendidikan yang memiliki pengetahuan di bidang ilmu psikologi, pendidikan, analisa, kemampuan observasi interpersonal, serta kemampuan problem solving. Lebih penting, mereka juga harus tertarik dengan bidang pendidikan dan peduli terhadap kebutuhan orang lain.

 

Apakah kamu ingin menjadi seorang konsultan pendidikan? Vista Education membuka lowongan pekerjaan untuk role ini lho.  Atau kamu justru ingin kuliah di luar negeri? Ayo mulai berdiskusi dengan kami sekarang

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !