Mau Tahu Jurusan Apa yang Cocok Untukmu?

Jangan sampai salah jurusan, ayo kenali dirimu dulu

Apakah kamu termasuk salah satu dari mereka yang masih bingung harus memilih jurusan apa ? Memang sih, bagi sebagian atau bahkan mungkin kebanyakan orang, menentukan pilihan jurusan bisa cukup rumit. Karena, jurusan yang tepat berpengaruh pada banyak hal. Baik itu rasa nyaman selama belajar, prestasi bahkan karirmu kelak. Nah, dari pada salah jurusan, yuk coba lakukan hal-hal dibawah ini dulu :

Kenali Kepribadian dan Kemampuanmu

Para psikolog menyarankan sebaiknya kamu mengenali diri sendiri dahulu sebelum memilih jurusan. Seperti memikirkan kembali hal apa yang kamu sukai, apa saja kelebihanmu, skill yang kamu kuasai, dan profesi seperti apa yang ingin kamu jalani nanti. Kenali dirimu lalu cocokkan dengan jurusan yang kiranya tepat dengan kepribadianmu. Misalnya kalau kamu memiliki jiwa seni dan kreatif, kamu dapat memilih jurusan Desain. Kamu juga perlu memahami kemampuan yang kamu miliki. 

Pertimbangkan Prospek Karir

Kedua, pastikan apakah jurusan yang kamu pilih akan membawamu pada profesi yang banyak dibutuhkan di dunia industri? Berapa jumlah kompetitor pada jurusan tersebut? Berapa gaji yang ditawarkan? Apakah bidang jurusan tersebut masih menjadi tren hingga 5-10 tahun ke depan? Lalu sesuaikanlah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan goals-mu ke depannya. 

Ikuti Psikotest

Meski tidak 100% akurat, mengikuti Psikotes dapat menjadi salah satu referensi untukmu dalam menentukan jurusan kuliah. Dalam tes ini, kamu akan mendapat gambaran minat, nilai-nilai, karakter, kelebihan, kekurangan, skala kemampuanmu di bidang seni atau sosial, serta dalam hal menginvestigasi dan menginterpretasi sesuatu. Beberapa personality test juga akan menunjukkan ketertarikan, bidang karir sampai gaya bekerja yang cocok untukmu.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui jurusan apa yang cocok untukmu. Masa adaptasi di kampus awalnya akan terasa canggung. Hal itu wajar, bertahanlah dulu. Selepas itu, kamu akan menikmati masa perkuliahan yang menyenangkan.

Jika kamu masih ragu, ayo mulai berdiskusi dengan tim konsultan Vista Education. Hubungi kantor terdekat ya ~. Kami senang bisa membantumu memilih jurusan dan universitas terbaik. Sukses selalu!