Lengkap, Biaya Kuliah dan Hidup di New Zealand

Lengkap, Biaya Kuliah dan Hidup di New Zealand

New Zealand merupakan negara yang bisa dibilang sangat ramah di kantong para pelajar dan penduduk di sana. Selain kualitas pendidikan yang tidak diragukan lagi, biaya hidup dan kuliahnya pun murah. Dengan kedua benefits tersebut, mungkin banyak orang yang tertarik untuk berkuliah bahkan tinggal di sana.

Tahukah kamu kalau New Zealand atau Selandia Baru memiliki kualitas pendidikan yang baik dengan biaya kuliah dan hidup yang murah? Banyak pelajar Indonesia yang ingin menuntut ilmu di negara ini lho!

Negara yang terletak di sebelah tenggara Benua Australia ini memiliki banyak universitas yang menjadi incaran para pelajar luar negeri lho! Selain itu, banyak lagi keunggulan kuliah di New Zealand, seperti apa ya? Cek penjelasannya berikut ini.

Mengapa harus kuliah di New Zealand?

Kamu pasti memikirkan se-worth it apa negara ini sampai kamu harus kuliah di sana dan hidup dengan masyarakat setempat? Berikut alasan harus kuliah di New Zealand.

Kuliah di Luar Negeri, Konsultan Pendidikan, Vista Education

1. Kualitas pendidikan

Pada September 2017, New Zealand menempati peringkat pertama sebagai negara dengan pendidikan terbaik menurut Economist Intelligent Unit.

Selain itu, New Zealand punya universitas peringkat kelas dunia menurut QS World Ranking, di antaranya adalah University of Auckland, Victoria University of Wellington, Auckland University of Technology, dan University of Otago.

2. Lingkungan belajar yang menyenangkan

New Zealand banyak dilirik dalam pemilihan studi karena mahasiswa dan dosen begitu akrab dalam proses pembelajaran. Selain itu, metode pembelajaran yang berbasis praktik dengan fasilitas pembelajaran lengkap untuk menunjangnya.

3. Bisa kerja full time

Setelah lulus Post Study Work Visa, kamu bisa kerja full time dengan minimum durasi kuliah 30 minggu untuk level 7 (setara Bachelor), atau 60 minggu untuk level 4-6.

 

Berapa biaya kuliah di New Zealand?

Karena ada beberapa program studi berbeda, maka biaya kuliah di New Zealand pun berbeda.

1. Diploma

Biaya kuliah untuk jenjang pendidikan Diploma di New Zealand antara NZ$15.000 sampai NZ$25.000 per tahun atau setara dengan Rp 153,8 - 256,3 juta.

2. Sarjana

Biaya kuliah di New Zealand untuk jenjang pendidikan sarjana S1 adalah sekitar NZ$22.000 sampai NZ$32.000 per tahun atau setara dengan Rp 225,5 - 328 juta.

3. Pascasarjana

Semakin tinggi jenjang pendidikan, maka biaya kuliah yang harus dibayar semakin besar pula. Untuk program pascasarjana, kamu akan membutuhkan dana sebesar NZ$26.000 sampai NZ$37.000 per tahun atau setara dengan Rp 266,5 - 379,3 juta.

 

Berapa biaya hidup di New Zealand?

Jika kamu ingin kuliah di New Zealand, pastinya kamu harus tahu berapa biaya hidup disana. Memangnya berapa biaya hidup di New Zealand selama kamu kuliah? Untuk rumah dengan tiga kamar tidur, harga sewanya adalah NZ$360 per minggu. Sedangkan harga sewa rumah di bagian tengah Auckland dan Wellington sekitar NZ$460 per minggu.

Namun, kamu bisa memilih tinggal di apartemen dengan sewa mingguan NZ$200 sampai NZ$300 atau sekitar Rp 2 juta. Kamu pun harus memperhatikan apakah biaya air dan listrik, serta internet sudah termasuk biaya sewa atau belum.

Untuk biaya akomodasi dalam satu bulannya, kamu membutuhkan biaya sekitar NZ$120 per bulan. Pilih saja kendaraan umum seperti bus dan kereta karena biayanya cukup murah.

Nah, berapa biaya makan di New Zealand? Karena setiap orang memiliki pola makan dan gaya hidup yang berbeda, maka biayanya pun akan berbeda. Namun, untuk mahasiswa kuliah rata-rata mengeluarkan uang sekitar NZ$60 sampai NZ$100 per minggu.

 

Dibanding negara lainnya, New Zealand cukup unggul di bidang pendidikan. Apakah kamu masih harus mempertimbangkannya lagi? Kuliah di luar negeri, apalagi New Zealand pasti akan sangat menyenangkan.

Jika kamu butuh informasi lebih tentang kuliah di New Zealand, yuk mulai berdiskusi dengan konsultan dari Vista Education. Isi form konsultasi, chat kami via whatsapp atau hubungi kantor Vista terdekat ya!