Lengkap, Biaya Hidup dan Kuliah di China

Lengkap, Biaya Hidup dan Kuliah di China

Negara China selalu saja membuat takjub negara lain. Selain punya banyak penemuan-penemuan hebat, China juga memiliki bidang teknologi dan tranportasi yang maju. China digadang gadang juga menjadi negara unggulan dalam bentuk industri, ekonomi, dan pendidikan tinggi. Jadi gak heran, banyak dari kita yang ingin bekerja atau kuliah di China. Oh ya, menguasai Bahasa mandarin adalah salah satu kompetensi yang perlu dimiliki siapa saja saat ini. Mereka yang ahli berbahasa Inggris dan mandarin punya peluang lebih besar di pasar kerja. Jadi gak heran, China menjadi salah satu tujuan kuliah di luar negeri favorite mahasiswa di Indonesia. 

Berikut kita ulas Lengkap, Biaya Kuliah dan Hidup di China.

Biaya  Kuliah

Jika kuliah di China, kamu perlu tahu dulu berapa dana yang perlu kamu siapkan. Yuk, kita bahas bareng-bareng kisaran biaya yang harus kalian keluarkan untuk menempuh kuliah di sana.

 

 Biaya Pendaftaran Rata-Rata Biaya Pertahun Biaya Untuk Program Bisnis, Teknik dan Kedokteran

597-995 Yuan 11.480-20.880 Yuan 159.300-331.885 Yuan
(1,3 juta-2,1 juta pertahun) (25 juta-45,5 juta pertahun) (348,4 juta-726 juta pertahun)

 

Itu dia rincian rata-rata biaya kuliah pertahun di China. Tidak terlalu mahal bukan? Jika kita lihat lagi biaya itu hampir sama dengan universitas Indonesia Swasta atau negeri jalur mandiri. 

Note : Khusus untuk universitas yang English intructed curriculum seperti XJTLU dan Sino British College, biaya kuliah pertahunnya sekitar RMB 88,000 untuk program S1

Selain itu biasanya ada tambahan biaya lain seperti kebutuhan visa. Ada dua jenis visa, yaitu X-Visa atau visa enam bulan seharga 1,4 juta. Ada juga F-Visa atau kurang dari enam bulan seharga 896 ribu. 

Selain itu juga kalian akan membutuhkan buku materi untuk menunjang kuliah, rata-rata yang dihabiskan mahasiswa di sana untuk membeli buku adalah 200-300 Yuan atau setara dengan 419 ribu sampai 724 ribu per semester. Jika ditotal, kamu akan membutuhkan dana sekitar 419 ribu-1,4 juta untuk kebutuhan buku materi. 

Jika kalian menggunakan transportasi umum, kalian akan membayar sekitar 7.252 rupiah untuk kereta. Sedangkan bus dalam kota kalian harus membayar sebesar 4.389 rupiah. Rata-rata untuk biaya transportasi perbulan adalah 99 Yuan atau sekitar 202.929 rupiah. Masih terjangkau bukan biaya kuliah beserta transportasi di China?

Biaya Hidup di China

Setelah kalian tau kisaran biaya kuliah di China saatnya kita bahas biaya hidup di sana. Sebelum itu yuk kita kenalan dulu dengan budaya dan masyarakat di sana. Yup, agar tidak terlalu kena culture shock. 

Yang pertama kali harus benar-benar kalian persiapkan saat di China adalah Bahasa. Orang-orang di China masih ada yang belum fasih atau malah kurang menggunakan Bahasa Inggris sehingga kalian harus belajar Bahasa China. Selain itu orang China memiliki beberapa norma tertentu seperti

1.    Menggunakan sumpit untuk makan

2.    Menggunakan baju putih saat acara berkabung

Dan banyak aturan tidak tertulis lain. Gak usah lama-lama yuk kita bahas biaya hidup di China. 

Deskripsi Biaya Dalam CNY(perbulan) Biaya Dalam IDR(perbulan)
Akomodasi 200-3,300 3,950,000-6,502,000
Transportasi(satu tiket) 2 3,950
Makanan(perhari) / sekali makan 10 19,700
Paket Internet 88 173,500
Pakaian 500 985,000


Nah itu dia rata-rata biaya hidup di China, masih terjangkau bukan? Dimulai dari makanan perhari yang hampir sama di Indonesia malahan di Indonesia bisa 20,000 per hari! 

Masih butuh informasi lebih detail tentang biaya kuliah dan hidup di China? Yuk konsultasi dulu di Vistaeducation.  Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu. Semoga bermanfaat!