Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Langkah Daftar Kuliah di Luar Negeri

Langkah Daftar Kuliah di Luar Negeri

Masih bingung daftar kuliah mulai dari mana? Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memenuhi persyaratannya? Ini dia langkah lengkapnya

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar kuliah di luar negeri? Mungkin melalui laman website universitas tujuanmu kamu dapat mengetahuinya. Nyatanya, banyak yang perlu dipersiapkan di luar ketentuan yang tertera.

Sebelum terlambat, yuk catat langkah-langkah daftar kuliah di luar negeri dan sejumlah persiapan yang harus dilakukan dari jauh-jauh hari.


Persiapan

Sebelum daftar kuliah di luar negeri, pastikan kamu punya pilihan jurusan dan kampus yang tepat untukmu. Penentuan jurusan dan kampus ini juga berdampak pada besarnya dana atau biaya kuliah yang kamu tanggung. Jika kamu belum tahu jurusan yang tepat untukmu, kamu bisa ikut tes bakat minat dari Vista Education atau langsung ikut sesi konsultasi.

Selain itu, siapkan dokumen-dokumen penting yang diperlukan. Kamu bisa melihatnya melalui laman website kampus tujuanmu atau melalui formulir pendaftaran jika ada. Karena setiap kampus memiliki persyaratan yang berbeda, kamu perlu memperhatikannya dan menyiapkannya jauh-jauh hari.


Penuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran

1. Rapor

Kamu akan membutuhkan nilai rapor SMA dari semester 1 sampai semester 6. Rapor tersebut perlu diterjemahkan pula oleh penerjemah tersumpah sehingga hasil dapat diterima valid oleh universitas.

2. Sertifikat tes bahasa Inggris

Ini yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dengan benar. Mayoritas universitas luar negeri akan meminta sertifikat tes bahasa Inggris, baik tes TOEFL maupun IELTS. Skor minimum kelulusan pun berbeda.

Untuk mendapatkan sertifikat ini, kamu perlu belajar bahasa Inggris dari jauh-jauh hari, namun melakukan tesnya dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan supaya masa berlaku tidak cepat berakhir.

3. Visa

Untuk mahasiswa internasional perlu melampirkan visa dalam persyaratannya. Visa ini disebut sebagai visa student, yang terbagi menjadi Visa F1 dan Visa M. Visa F1 digunakan oleh mahasiswa yang hendak belajar di universitas, SMA, sekolah dasar swasta, dan lain-lain. Sedangkan Visa M untuk mengikuti kursus, kejuruan atau institusi non akademik lainnya yang diakui selain program pelatihan bahasa.

4. Letter of Acceptance (LoA)

LoA merupakan surat resmi dari universitas luar negeri untuk menyampaikan pernyataan diterimanya kamu sebagai mahasiswa.

5. Ijazah

Tentu saja kamu perlu ijazah untuk mendaftar kuliah di luar negeri. Ijazah sebagai tanda kamu telah lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya dan menjadi kualifikasi untuk mendaftar ke jenjang berikutnya.

6. Surat rekomendasi

Di Indonesia, surat rekomendasi biasa diminta oleh calon mahasiswa yang ingin daftar program beasiswa. Sedangkan di luar negeri, kamu harus membubuhkan surat rekomendasi sebagai salah satu persyaratan masuk kuliah.

7. Paspor

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan persyaratan yang satu ini. Paspor menjadi hal penting yang harus kamu persiapkan jika ingin berpergian di luar negeri untuk urusan apapun. Karena paspor merupakan identitas diri yang berlaku dalam skala internasional, maka kamu perlu membuatnya dan menyiapkan berkas-berkas tertentu untuk pembuatannya.

8. Asuransi kesehatan

Jangan remehkan yang satu ini karena asuransi kesehatan jadi salah satu hal penting yang harus diurus. Tapi tidak perlu ribet kok karena pembayaran biaya asuransi dapat dilakukan satu kali saja sebesar USD 700 – 1.100 atau IDR 9,9 – 15,6 juta. Biaya dan jenis asuransi biasanya berbeda antara universitas satu dan lainya


Pastikan dana pendidikan

Mengapa perlu memastikan adanya dana pendidikan? Tak hanya biaya pendidikan, bahkan kamu harus mengetahui ketersediaan biaya hidup sebagai bukti yang akan diajukan untuk pembuatan visa.

Banyak juga kan yang perlu kamu lakukan ketika daftar kuliah di luar negeri. Tenang, jika kamu merasa bingung, Vista Education siap membantu. Vista Education adalah konsultan pendidian yang bisa membantumu seluruh proses kuliah di luar negeri. Dimulai dari pemilihan jurusan, universitas, negara tujuan, admision (pendaftaran, translate data, pembuatan visa, dll), sampai pencarian akomodasi.

Vista Education juga menjadi lembaga kursus Bahasa Inggris dengan beberapa program utama seperti TOEFL dan IELTS preparation course. Selain itu, Vista Education juga menjadi tempat resmi untuk test iBT TOEFL internasional dibawah ETS. Wih! Lengkap bukan? Semua layanan ini juga gratis lho. Eh, kecuali yang les dan tes Bahasa Inggrisnya ya, hehe. Yuk hubungi Vista Education sekarang!