Kuliah sambil Kerja di USA. Bisa Kah?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah sambil Kerja di USA. Bisa Kah?

Kuliah sambil Kerja di USA. Bisa Kah?

kerja part-time di amerika, cara kerja part time di USA

 

Benar, kuliah di Amerika itu menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Persaingan yang ketat diikuti dengan kualitas pendidikan yang memang patut dikejar. Masalah peluang, lulusan USA tidak perlu diragukan lagi. Mereka memiliki akses ke berbagai perusahaan besar dunia. Apa lagi kalau pulang ke Indonesia, siapa coba yang menolak alumni Negara Paman Sam. Namun, masalah biaya biasanya menjadi obstacle. Meskipun bisa disiasati dengan masuk college untuk dua tahun pertama, biaya hidup disana masih terbilang tinggi. Sekitar US$60,000 setiap tahun. Itu mengapa banyak mahasiswa internasional memutuskan untuk mendapat uang tambahan dengan part time. Hm.. Emang bisa ya? Coba cek disini yuk. Apakah Visa pelajar di USA bisa digunakan untuk kerja part-time?

Batasan apa saja yang dimiliki oleh Student Visa F1 ?

Setelah kamu dinyatakan diterima dan lolos semua seleksi administrasi, maka kamu akan mendapat visa F1. Visa ini tentu saja mempunyai fungsi utama untuk hak belajar. Baik itu di SMA, College, perguruan tinggi maupun lembaga pelatihan. Namun, apabila mahasiswa internasional tersebut ingin bekerja, mereka diperbolehkan dengan syarat :

-          Di area kampus ( perpustakaan, lab, akademik, administrasi, kantin)

-          maksimal 20 jam setiap minggu

 

Baca = Beasiswa Kuliah di USA 

Bagaimana cara mendapat kerja untuk mahasiswa visa F1 ?

Sebelum memutuskan untuk bekerja paruh waktu, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan designated school official   (DSO). Mereka adalah karyawan kampus yang bertugas membantu mahasiswa internasional. Dari merekalah kamu bisa mendapat lowongan pekerjaan resmi dari Universitas. Biasanya sih, jika nilai kamu stabil dan kamu bisa dianggap bagi waktu, maka semua proses bisa berjalan lancar.

On-campus employment pakai visa pelajar

On campus employment berarti bekerja di area kampus. Jika kamu lolos seleksi DSO, maka kamu bisa ditempatkan di perpustakaan , kantin atau bagian internal kampus yang membutuhkan. Bisa jadi,kamu akan ditempatkan di luar gedung kampus namun yang jelas tempat kerja tersebut masih ada hubunganya dengan universitas.

Seperti keterangan diatas, maksimal waktu yang diberikan adalah 20 jam setiap minggu dan 40 jam apabila sedang musim liburan.

Kalau Off campus employment pakai visa pelajar, bisa gak ?

Off campus employment merujuk pada pekerjaan paruh waktu yang dilakukan diluar area kampus. Apakah mahasiswa internasional mampu memperoleh kesempatan tersebut?. Hm.. memang lebih complicated, namun tidak berarti tidak mungkin.

Untuk memperoleh izin kerja di luar kampus, setidaknya kamu harus menyelesaikan satu atau dua semester dengan baik. Agar lebih aman, kamu bisa memilih program Optional Practical Training (OPT) and Curricular Practical Training (CPT). Para DSO bisa memberikan listing lowongan off campus yang lebih reliable.

Meskipun paruh waktu, bekerja di USA adalah hal yang patut dilakukan dengan rapi. Karena, pemerintah USA memberlakukan peraturan yang tegas . Apabila melanggar, bisa bisa visa nya diambil. Waduh, nggak jadi kuliah dong. 

 

Baca = Negara terbaik untuk kerja sambil kuliah 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !