Kuliah Psikologi di Singapore? Emang Bisa?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah Psikologi di Singapore? Emang Bisa?

Kuliah Psikologi di Singapore? Emang Bisa?

Masuk jurusan psikologi hanya bisa jadi HRD? Tentu saja tidak. Ternyata, kuliah jurusan psikologi sepertinya masih dipandang sebelah mata. Banyak yang bilang prospek kerjanya kurang atau yang lain. Kalau kuliah di Singapore sudah beda cerita dong.

Banyak hal yang bisa kamu dapatkan jika kamu memilih untuk kuliah psikologi di Singapore. Yuk kita cari tahu dulu jurusan psikologi itu seperti apa dan apa keunggulan kuliah psikologi di Singapore.


Jurusan psikologi itu seperti apa sih?

Jurusan psikologi adalah jurusan yang mempelajari tentang kesehatan mental, penyakit mental, pikiran, dan perilaku manusia.

Di jurusan psikologi, kamu akan mendapatkan mata kuliah berupa filsafat, psikologi kepribadian, biopsikologi, psikometri, bahkan kamu juga akan mendapatkan mata kuliah statistika. Jurusan ini terbilang asik dan banyak yang berkata bahwa ketika kuliah ambil jurusan psikologi, itu artinya “bisa kuliah sambil menyembuhkan diri sendiri”.


Keunggulan kuliah psikologi di Singapore

Singapore bisa jadi tempat tujuanmu untuk kuliah jurusan psikologi loh. Apa alasannya?

Permintaan terhadap psikolog profesional

Tahukah kamu? Banyak anak di dunia yang meminta bantuan untuk masalah kesehatan mental. Bahkan, anak yang berusia 5 tahun sudah berurusan dengan depresi, intimidasi, dan masalah keluarga. Tak jarang, anak usia 5 – 19 tahun sering mengajukan panggilan kepada Pusat Pencegahan Bunuh Diri SOS.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kebutuhan dunia terhadap psikolog klinis cukup besar. 

Prospek karir

Sebesar lebih dari 25% lulusan psikologi tidak melanjutkan bekerja di bidang yang sama. Justru, mereka juga mampu berkarya di di bidang bisnis dan industri, pemasaran, atau lembaga pendidikan.

Ini menjadi kesempatan bagi kamu yang benar-benar ingin memiliki karir yang cerah di masa depan.

Di sisi lain, Biro Statistik Tenaga Kerja AS saja memproyeksikan pertumbuhan prospek karir dari Psikolog sebesar 19% pada 2014-2024. Menurut Paysclae.com, rata-rata gaji tahunan psikolog klinis adalah sebesar USD 51.000 atau IDR 732 juta. 

Kualitas Pendidikan dan Fasilitas di Singapore

Kalau yang ini sudah menjadi rahasia umum. Singapore adalah negara kecil dekat Indonesia yang punya segalanya. Mereka maju secara ekonomi dan teknologi. Masyarakat multikultural hidup dengan rukun dan tingkat kriminal yang rendah. Banyak universitas di Singapore menjadi yang terbaik di dunia. Bahkan, universitas swasta sekalipun banyak bekerja sama dengan berbagai universitas bergengsi lain di luar negeri.


Rekomendasi universitas jurusan psikologi di Singapore

Kamu ingin kuliah di Singapore dengan jurusan psikologi? Ini dia rekomendasi universitasnya untuk kamu.

  • National University of Singapore (NUS)
    Kampus ini merupakan kampus riset pertama di Singapore. Dia menyediakan 6 program psikologi yang bisa dipilih oleh mahasiswa.
  • Nanyang Technological University (NTU)
    Universitas terbesar kedua di Singapore nih! NTU menyediakan setidaknya 8 program kuliah jurusna psikologi.
  • James Cook University Singapore
    Kamu ingin cari kampus yang menawarkan klinik psikologi? James Cook University Singapore bisa jadi pertimbangan bagus nih.
  • Singapore Management Universtiy (SMU)
    Universitas muda ini sudah berada di garis depan peringkat universitas bereputasi dunia lho! Ada 3 program psikologi yang ditawarkan di SMU pula.


Kamu makin kepo untuk kuliah psikologi di Singapore? Tanyakan saja soal kuliah di Singapore dengan jurusan psikologi, mulai dari waktu studi, sampai kehidupan mahasiswa jurusan psikologi di Singapore. Vista Education akan membantumu dalam hal itu.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !