Kuliah Online dari Luar Negeri Selama Pandemi? Why Not?

Kuliah dari rumah saja tapi dapat gelar dari luar negeri. Ayo cek dulu caranya

Menempuh studi di luar negeri mengharuskanmu untuk menjadi anak rantau. Meninggalkan keluarga atau bahkan pekerjaan yang sedang kamu jalani. Apalagi saat pandemi seperti ini. #Stayathome menjadi pilihan wajib memutus rantai penyebaran. Nah loh, gimana mau berangkat ke luar negeri? Apakah ada cara agar kita bisa mendapat kualitas Pendidikan internasional walau dari rumah saja? Yup! Jangan khawatir! Ada program pendidikan jarak jauh dengan sistem online. Jadi bukan hal yang mustahil kuliah di luar negeri secara online. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Periksa akreditasi

Setelah memilih kampus dan jurusan yang kamu minati, jangan lupa untuk cek akreditasinya ya ~. Akreditasi menjadi jaminan kualitas program kuliah yang diakui oleh banyak pihak, yang tentu akan berpengaruh dalam persaingan kerja nanti. Jadi sebelum mendaftar, kamu sebaiknya memeriksa akreditasi jurusan pilihanmu di perguruan tinggi yang menyediakan kelas online. Jika kamu memilih program online untuk community college dari USA, pastikan dulu kamu mendapat kredit berapa. Kredit atau SKS di Indonesia, menjadi acuan kesempatanmu transfer ke universitas nanti. 

Mulai cari tahu sistem kuliah online

Mulailah mencari tahu informasi selengkapnya tentang proses perkuliahan. Karena masing-masing menerapkan sistem perkuliahan online yang berbeda. Ada yang mewajibkan beberapa kali pertemuan setiap semester. Ada juga yang seluruh proses perkuliahan dilakukan secara online dan baru ada tatap muka saat akan ujian. Mungkin juga ada yang seluruh pembelajarannya dilakukan online. Kamu bisa mencari infonya di website resmi kampus atau melalui konsultan Pendidikan seperti Vista Education

Perhatikan perbedaan zona waktu

Jangan lupa untuk memperhatikan perbedaan waktu. Karena, kelas online mungkin saja dilakukan secara teleconference dengan mengikuti jam di negara tempat kampus berada. Pastikan juga kamu mengetahui setiap deadline tugas yang harus dikumpulkan dan seperti apa teknisnya. Jangan sampai nilaimu jelek karena terlambat mengumpulkan tugas ya.

Pengaruh teknologi dalam kuliah online sangat besar. Karena kamu dituntut untuk bisa menggunakan berbagai software atau aplikasi untuk dapat mengikuti perkuliahan, seperti menggunakan blog, ePortfolio, Wiki, instant messaging, e-mail, discussion board dan sejenisnya.

Ternyata ada banyak perguruan di dunia yang menawarkan kuliah jarak jauh dengan sistem online. Salah satu universitas di bawah ini bisa banget kamu pilih!

1.       Torrens University Australia

2.       Full Sail University USA

3.       American Collegiate USA

4.       San Mateo College of Silicon Valley USA

Mungkin kamu merasa khawatir, apakah pendidikan online jarak jauh akan efektif? Nah, ada studi terbaru dari Departemen Pendidikan Amerika Serikat yang melakukan riset tentang kapabilitas dan kualitas pembelajaran online dibandingkan dengan metode studi tatap muka. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa yang menjalani kuliah online tidak kalah dengan mahasiswa pada umumnya, bahkan menunjukkan kinerja yang lebih bagus karena mereka juga ‘melek’ teknologi. 

Tuh kan, jangan ragu untuk mulai memilih program kuliah dari luar negeri secara online ya. Jika kamu masih ragu, hubungi konsultan Vista Education untuk memulai diskusi.