Kuliah Jurusan Fotografi di Luar Negeri 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah Jurusan Fotografi di Luar Negeri 

Kuliah Jurusan Fotografi di Luar Negeri 

Apakah kamu orang yang suka mengabadikan momen melalui foto? Ataukah kamu termasuk orang yang gemar hunting foto di tempat tertentu? Wah, pas banget nih, kegemaran kamu tersebut bisa dilanjutkan ke dalam dunia perkuliahan. Meskipun bidang fotografi bisa kamu pelajari secara otodidak, tetapi ada beberapa profesi di industri tersebut yang membutuhkan gelar sarjana bahkan magister. Profesi tersebut di antaranya foto jurnalis dan fotografer ilmiah. Jika kamu memiliki bakat dalam fotografi, hal ini akan menjadi nilai plus. Sebab, keahlian memotret yang satu ini diperlukan dalam banyak kesempatan ya ‘kan? Lalu, bagaimana jika kuliah fotografi di luar negeri? Penasaran? Yuk simak! 

Apa itu Jurusan Fotografi? 

Jurusan fotografi merupakan bidang yang memiliki fokus pada prinsip dan teknik dalam mengkomunikasikan sesuatu. Adapun secara detail, fotografi akan mengkomunikasikan informasi, ide, suasana hati, bahkan perasaan melalui gambar dalam foto. 

Jurusan fotografi terdiri dari beberapa pembagian keahlian. Pertama, fotografi komersial yang berfokus pada pengaplikasian kreativitas dan inovasi. Selanjutnya, fotografi ekspresi yang lebih menekankan pada aspek seni dan ekspresi pribadi. Terakhir, ada fotografi jurnalistik yang menitikberatkan kepada foto yang memuat sebuah informasi untuk mendukung suatu berita. 

Baca Juga: Lebih Baik Otodidak Atau Masuk Jurusan Fotografi

Belajar Apa Saja di Jurusan Fotografi?

Kuliah di jurusan fotografi akan memberimu kerangka belajar terstruktur mulai dari komposisi, warna, shutter speed, focus, setting aperture, dan yang lainnya. Kamu akan belajar cara menggunakan kamera analog serta berbagai teknik fotografi. Saat kamu terjun masuk jurusan ini, jangan heran jika kamu akan menghabiskan banyak waktu di studio. Jurusan ini tidak cukup membutuhkan seorang yang cinta terhadap dunia jepret, namun juga kemampuan bekerja secara independen. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan terlebih jika kamu kuliah di luar negeri adalah gigih; berinisiatif tinggi, kreatif, dan punya banyak ide brilian. 

Prospek Karirnya Bagaimana?

Berbicara soal prospek karir, jurusan yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi eksistensinya. Seperti yang kita tahu, di zaman sekarang hampir semua hal membutuhkan potret yang menarik. Lulusan jurusan fotografi pastinya dipersiapkan menjadi seorang fotografer andal yang dapat berkecimpung di bidang jurnalistik, fashion, olahraga, pernikahan, dan lain sebagainya. Selain itu, berbagai perusahaan dan instansi pemerintah akan membutuhkan tenaga dokumentasi untuk produk, promosi, dan keperluan yang lain. Kerennya lagi nih, lulusan dari jurusan ini bahkan dapat berkecimpung di dunia pertelevisian dan perfilman. 

Wah, prospektif banget kan jurusan yang satu ini?

Baca Juga: Berbagai Tipe Jurusan Art di Luar Negeri

Universitas di Luar Negeri dengan Jurusan Fotografi

Perlu kamu catat nih, daftar kampus terbaik yang menyediakan jurusan fotografi. Kampus tersebut di antaranya adalah: 

  1. New York Institute of Photography 
  2. Columbia College Chicago 
  3. California Institute of The Arts 
  4. Academy of Art University 
  5. Temple University 
  6. New York University 
  7. Yale University
  8. Kent State University 
  9. Ohio University 
  10. Brigham Young University 

Kuliah Jurusan Fotografi di Luar Negeri Bersama Vista Education

Vista Education adalah konsultan pendidikan dengan 25 tahun pengalaman. Bermitra dengan lebih dari 200 Universitas dari berbagai negara seperti : USA, Kanada, UK, Swiss, China, Korea Selatan, Hongkong, Malaysia, Singapore, New Zealand dan Australia. Siap membantumu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, negara, pendaftaran, admision sampai pencarian akomodasi. Hubungi kantor Vista dan mulai konsultasi gratismu sekarang yuk!


 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !