Kuliah di Singapura Menggunakan Bahasa Apa? Cek, Disini Persyaratannya!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah di Singapura Menggunakan Bahasa Apa? Cek, Disini Persyaratannya!

Kuliah di Singapura Menggunakan Bahasa Apa? Cek, Disini Persyaratannya!

Mau kuliah di Singapura? Ketahui bahasa yang digunakan dalam proses pembelajaran di universitas-universitas ternama Singapura.

Singapura dikenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas tinggi dan terbaik di Asia, Negara ini adalah salah satu negara yang menjadi tujuan favorit bagi pelajar Asia termasuk pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. 

Namun, salah satu pertanyaan yang sering muncul bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan study ke singapore adalah, "Bahasa apa yang digunakan dalam perkuliahan di Singapura?" Artikel ini akan membahas penggunaan bahasa dalam sistem pendidikan tinggi di Singapura dan apa yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa internasional.

Bahasa Resmi di Singapura

Singapura memiliki empat bahasa resmi: Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil.  Penjelasan lengkapnya dibawah.

  • Bahasa Inggris: Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar utama di semua universitas di Singapura. Hal ini berarti bahwa semua perkuliahan, tugas, dan ujian akan dilakukan dalam bahasa Inggris.
  • Bahasa Mandarin: Bahasa Mandarin juga banyak digunakan di Singapura, terutama di kalangan etnis Tionghoa. Beberapa universitas menawarkan program studi dalam bahasa Mandarin, dan bahasa ini juga dapat digunakan dalam beberapa mata kuliah tertentu.
  • Bahasa Melayu: Bahasa Melayu adalah bahasa resmi nasional Singapura dan banyak digunakan oleh etnis Melayu. Beberapa universitas menawarkan program studi dalam bahasa Melayu, dan bahasa ini juga dapat digunakan dalam beberapa mata kuliah tertentu.
  • Bahasa Tamil: Bahasa Tamil adalah bahasa resmi keempat Singapura dan banyak digunakan oleh etnis India. Beberapa universitas menawarkan program studi dalam bahasa Tamil, dan bahasa ini juga dapat digunakan dalam beberapa mata kuliah tertentu.

Kuliah di Singapura menggunakan bahasa apa? Secara umum, bahasa Inggris adalah bahasa pengantar yang digunakan untuk kegiatan perkuliahan di Singapura. Jika Anda tidak mahir berbahasa Inggris, Anda mungkin akan kesulitan mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan tugas-tugas. 

Sebagian besar universitas di Singapura, seperti National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), dan Singapore Management University (SMU), menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam semua program studi mereka. Ini mencakup kuliah, tutorial, laboratorium, dan semua materi akademik lainnya.

Bahasa Inggris juga digunakan dalam penulisan tugas, ujian, dan komunikasi sehari-hari di kampus. Oleh karena itu, kemampuan bahasa Inggris yang baik sangat penting bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Singapura.

Universitas-universitas di Singapura Juga mensyaratkan bukti kemampuan bahasa Inggris, seperti skor TOEFL atau IELTS, sebagai bagian dari proses pendaftaran. Namun, jika Anda juga ingin belajar bahasa lain selain bahasa inggris, seperti ; bahasa Mandarin, Melayu, atau Tamil, Anda juga dapat melakukannya di Singapura.


Baca juga artikel menarik lainnya disini : Apakah Kuliah di Singapura Ada Skripsi? Cek, Jawabannya Disini!


Program Bilingual dan Multilingual Di Singapura

Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa utama di Singapura, namun beberapa program studi atau kursus tertentu di universitas Singapura menawarkan kelas dalam bahasa lain, terutama bagi program yang berhubungan dengan studi Asia, bahasa, atau kebudayaan tertentu.

Misalnya, beberapa kursus di bidang studi China mungkin menggunakan Mandarin sebagai bahasa pengantar.

Persiapan Bahasa untuk Mahasiswa Internasional

Bagi mahasiswa internasional, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam kemampuan bahasa Inggris sebelum mendaftar ke universitas di Singapura. Berikut beberapa langkah yang bisa diambil:

  • Mengikuti Kursus Bahasa Inggris: Banyak lembaga kursus menawarkan kursus persiapan TOEFL atau IELTS yang dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, salah satunya yakni vista education kami siap membantu Anda mendapatkan skor TOEFL / IELTS yang Anda impikan.

  • Praktik Berbicara dan Menulis: Anda bisa membiasakan diri berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, hal ini dapat sangat membantu.

  • Gunakan media berbahasa Inggris: Bacalah buku, artikel, dan berita berbahasa Inggris. Tontonlah film dan acara TV berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Indonesia. Dengarkan musik dan podcast berbahasa Inggris.

  • Jangan takut untuk membuat kesalahan: Semua orang membuat kesalahan saat belajar bahasa baru. Jangan takut untuk berbicara bahasa Inggris meskipun Anda belum mahir. Semakin banyak Anda berlatih, semakin berkembang pula kemampuan bahasa Inggris Anda

Kuliah di Singapura adalah pengalaman yang luar biasa, lingkungan yang mendukung dan fasilitas pendidikan yang unggul, Singapura terus menjadi pilihan menarik bagi pelajar dari seluruh dunia yang ingin meraih pendidikan berkualitas tinggi.
Pastinya dengan persiapan yang matang, Anda dapat mewujudkan impian Anda kuliah di Singapura.

Baca juga artikel kami yang lain disini : 5 Universitas di Singapura Yang Banyak Orang Indonesia


Punya Mimpi kuliah di Singapore? Yuk, Konsultasikan Bersama Vista Education

Apakah saat ini Anda butuh info lebih lengkap tentang kuliah di Singapura? masih bingung step by step dan syarat apa yang harus dipenuhi untuk masuk ke Universitas Top Di Singapore? Yuk konsultasi gratis aja bareng konsultan pendidikan Vista Education.

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, team vista education siap membantu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, pendaftaran, admission sampai pencarian akomodasi.

Chat kami via whatsapp dibawah atau isi form konsultasi disini ya! 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !