Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah di New Zealand atau Selandia Baru

Kuliah di New Zealand atau Selandia Baru

System pendidikan, cara, biaya dan universitas terbaik di Selandia Baru

New Zealand atau Selandia Baru terletak di tenggara benua Australia. Lumayan dekat dengan Indonesia, kan? .Terdiri dari 2 pulau utama yaitu pulau Utara dan pulau Selatan, dengan sejumlah pulau yang lebih kecil. Negara ini memiliki 4 musim dengan periode yang berlawanan dengan musim di negara Eropa dan Amerika. Lalu apakah tepat kalau memilih Selandia baru sebagai destrinasi studi? Yuk, simak ulasan selanjutnya.

Sistem pendidikan

Nah, perlu kamu tau nih, Selandia Baru menganut sistem pendidikan Inggris yang sudah diakui di dunia. Institusi pendidikan di negara ini, baik negeri maupun swasta, terus dipantau dan diuji untuk memastikan bahwa mereka memberikan kualitas pendidikan secara maksimal dan konsisten.

Kontrol kualitas dilakukan oleh NZQA (New Zealand Qualifications Authority), tujuannya agar sekolah memenuhi standar pendidikan tertinggi, sehingga para pelajar dapat memiliki pengetahuan yang luas, aman dan terjaga dengan baik. Wah, jadi nggak perlu diragukan lagi kualitas pendidikan disana.

 

Universitas Terbaik

Berikut beberapa universitas di Selandia Baru yang masuk jajaran perguruan tinggi terbaik versi QS World University Rankings 2021:

1.       The University of Auckland (81) 

2.       University of Otago (184) 

3.       Victoria University of Wellington (223)

4.       University of Canterbury  (270)

5.       Massey University (272) 

6.       University of Waikato (375)

7.       Lincoln University (387)

8.       Auckland University of Technology (437)

Pemeringkatan di atas berdasarkan enam indikator utama: reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, rasio fakultas-mahasiswa, sitasi per fakultas, fakultas internasional, dan mahasiswa internasional.

Biaya Kuliah

Salah satu faktor yang wajib kamu pertimbangkan saat akan menempuh studi di luar negeri adalah biaya kuliah dan biaya hidup disana. Biasanya kamu harus memberikan bukti pada pihak Imigrasi NZ bahwa kamu mampu secara finansial untuk membiayai kuliah dan biaya hidup selama berada di negara tersebut. Biayanya akan beragam, tergantung di kota mana kamu akan tinggal dan menempuh studi. Yuk, perhatikan kisaran biaya kuliah di Selandia baru berikut ini.

  •  English language studies:  NZD 350 - NZD 500 / IDR 3-5 juta per minggu
  • Vocational Education and Training  (Certificates I to IV, Diploma and Advanced Diploma): NZD 20,000 – NZD 40,000 / IDR 202-404 juta
  • Undergraduate Bachelor Degree: NZD 20,000 - NZD 75,000 / IDR 202-758 juta per tahun
  • Postgraduate Master’s Degree:  NZD 22,080 - NZD 37,080 / IDR 223-375 juta per tahun

Untuk kebutuhan hidup rata-rata setiap pelajar membutuhkan biaya antara NZD 1.500 - NZD 1.800 atau IDR 15-18 juta per bulan. Biaya ini sudah termasuk biaya akomodasi, konsumsi, transportasi, komunikasi dan keperluan sehari-hari lainnya. 

Selandia Baru juga memiliki lingkungan yang aman dan nyaman. Cocok banget, kan, untuk kamu yang yang menginginkan ketenangan saat menuntut ilmu. Kalau bosan, kamu bisa refreshing ke berbagai tujuan wisata. Sebagian besar adalah wisata alam yang eksotis.

Negara ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, sehingga akan memudahkanmu untuk dapat berinteraksi dengan warga asli. Jadi, jangan ragu untuk kuliah disana, ya!

Jika butuh bantuan untuk cara dan memilih jurusan serta universitas mana yang cocok untukmu, hubungi Vista Education ya! Kamu bisa chat kami via whatsapp atau menghubungi kantor terdekat