Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah di Malaysia

Kuliah di Malaysia

Panduan lengkap biaya, cara dan universitas terbaik untuk kuliah di Malaysia

Coba sebutkan alasan mengapa banyak anak Indonesia memilih untuk kuliah di Malaysia? Selain karena dekat, Malaysia juga memiliki banyak perguruan tinggi bergengsi. Sangat layak untuk dijadikan destinasi kuliah. Bahasa dan budaya yang tak jauh berbeda dari Indonesia.Hal ini akan memudahkanmu saat menjalani hidup disana kelak.

Malaysia memiliki 2 wilayah utama, yakni semenanjung Malaka (Malaysia Barat) dengan ibukota Kuala Lumpur dan di bagian utara pulau Kalimantan (Malaysia Timur) dengan ibukota Kuching. Negara ini terletak di dekat khatulistiwa dan beriklim tropis seperti Indonesia. Lalu seperti apa pendidikan tinggi disana?

Sistem Pendidikan

Malaysia adalah pelopor program twinning pada tahun 1980an, yang bekerjasama dengan perguruian tinggi luar negeri, seperti USA, UK, Australia, New Zealand, Jerman, Perancis, dan negara lainnya. Program ini dikenal sebagai 2+1, artinya setelah menyelesaikan 2 tahun program pembelajaran di Malaysia, mahasiswa dapat melanjutkan tahun berikutnya di institusi luar negeri untuk mendapatkan gelar Sarjana.

Ada juga program 3+0 dari perguruan tinggi luar negeri melalui institusi swasta berlokasi di Malaysia. Sistem pendidikan di negara ini mengadopsi sistem pendidikan di Inggris, yang membuat mahasiswa bisa mendapatkan akses terhadap sistem edukasi global.

Perguruan Tinggi Terbaik 

Inilah beberapa perguruan tinggi terbaik di Malaysia beserta peringkatnya di QS World University Rankings 2021:

·         Universiti Malaya (59)

·         Universiti Putra Malaysia (132)

·         Universiti Kebangsaan Malaysia (141)

·         Universiti Sains Malaysia (142)

·         Universiti Teknologi Malaysia (187)

·         Taylor's University (379)

·         UCSI University (391)

Malaysia mewajibkan semua perguruan tinggi untuk menjalankan proses sertifikasi lembaga khusus dari kementerian pendidikan. Sehingga perguruan tinggi disana dipastikan memiliki akreditasi dan reputasi yang bagus dan diakui oleh negara. 

Biaya Pendidikan

Biaya kuliah di Malaysia tidak terpaut jauh jika dibandingkan Indonesia. Tentunya lebih terjangkau daripada biaya kuliah di negara  Amerika Serikat, Eropa, atau Australia. Besarnya jumlah yang kamu bayar tergantung di kampus mana kamu menempuh studi. Biasanya biaya di perguruan tinggi negeri lebih murah daripada di perguruan tinggi swasta lokal maupun swasta asing. Program Sarjana Kedokteran adalah yang paling mahal, disusul Teknik, IT, dan Bisnis. Kisarannya sebagai berikut:

·         Diploma : MYR 6.000 - 30.000 / IDR 21 juta - 104 juta

·         Bachelor's Degree : MYR 9.000 - 40.000 / IDR 32 juta – 139 juta

·         Master's Degree : MYR 13.000 - 40.000 / IDR 45 juta – 139 juta

Kamu juga diizinkan bekerja part time selama maksimal 20 jam per minggu pada masa liburan kuliah minimal 7 hari. Jadi, kamu berkesempatan untuk menambah pengalaman dan tentunya uang sakumu selama berada disana. Bahasa kebangsaan Malaysia adalah bahasa Melayu. Bahasa Inggris banyak digunakan sebagai bahasa kedua. Jadi, kamu nggak akan terlalu kesulitan dalam berkomunikasi.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan kuliah di Negeri Jiran. Informasi terbaru dan detail seputar biaya kuliah di Malaysia dapat  kamu dapatkan saat berkonsultasi dengan tim dari Vista Education. Hubungi kami dengan mengisi form atau chat di whatsapp aja ya .