Kuliah di Luar Negeri? Butuh Berapa Tahun Sih?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah di Luar Negeri? Butuh Berapa Tahun Sih?

Kuliah di Luar Negeri? Butuh Berapa Tahun Sih?

Durasi kuliah di luar negeri yang perlu kamu tahu

Kuliah di negeri orang akan memberikan pengalaman luar biasa buat kamu. Selain kualitas pendidikan yang bagus, kamu juga akan mendapatkan kesempatan kerja yang lebih luas. Penting untuk mengetahui durasi kuliah di luar negeri karena berkaitan dengan biaya kuliah, akomodasi, dan biaya hidup yang harus kamu siapkan. Yuk, simak informasi selengkapnya!

Durasi Kuliah S1 di Luar Negeri

Kuliah S1 di luar negeri atau disebut bachelor degree dapat kamu tempuh selama 3 atau 4 tahun, bahkan hingga 6 tahun, tergantung program studi yang kamu pilih dan kebijakan universitas. Seperti di Indonesia, untuk lulus jenjang kuliah S1 di Amerika membutuhkan waktu selama 4 tahun. Sedangkan bachelor degree di Australia dan Inggris umumnya ditempuh selama tiga tahun. Lalu bisakah lulus kuliah dengan waktu lebih singkat? Bisa, dong.

Program Hospitality, misalnya di Le Cordon Bleu, dapat ditempuh dalam waktu 3 tahun, sudah termasuk penempatan kerja praktek di industri. Saat ini juga telah banyak universitas yang menawarkan accelerated programs dan fast track programs sehingga kamu bisa lulus program S1 dalam waktu 3 tahun, atau bahkan 2 tahun saja. 

Accelerated Programs adalah program gelar sarjana yang dapat diselesaikan dalam tiga tahun (32-37 bulan), bukan empat tahun seperti biasanya. Program direct-entry ini terbuka untuk mahasiswa baru yang masuk dan mahasiswa pindahan. 

Fast track programs juga merupakan program gelar sarjana, tetapi lebih pendek daripada Accelerated Programs. Durasi program ini berkisar antara 15-24 bulan dan terbuka untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan jumlah kredit perguruan tinggi dan prasyarat yang sesuai.

Waktu yang diperlukan untuk Lulus S2 di Luar Negeri

Setelah menyelesaikan gelar S1, tak sedikit lulusan yang ingin mendalami ilmu yang dimiliki dengan menempuh jenjang S2 atau magister di luar negeri. Untuk lulus S2 di Amerika umumnya memerlukan waktu 2 tahun, sedangkan negara-negara di Eropa menawarkan program magister dengan durasi belajar selama 1 tahun saja. 

University of Massachusetts Boston memiliki Accelerated Master’s Programs untuk mahasiswanya yang sedang menempuh jenjang  sarjana. Program ini memungkinkan mahasiswa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar sarjana dan magister hanya dalam waktu lima tahun.

Lulus kuliah dengan cepat dan biaya lebih rendah

Cepat lulus kuliah berarti kamu akan menghemat biaya pendidikan, tempat tinggal, dan biaya hidup. Kamu juga berkesempatan untuk memulai karir lebih cepat. Namun kamu harus lebih fokus belajar, karena materi kuliahmu akan lebih padat daripada program reguler. Pastikan kamu lulus di semua mata kuliah setiap semester sehingga bisa menyelesaikan masa studi sesuai target.

Mulailah pendidikanmu di luar negeri bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education siap membantu mempersiapkan kuliahmu di luar negeri. Kami telah mendampingi lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri, mulai dari tes minat bakat, konsultasi penjurusan dan pemilihan universitas, pendaftaran, administrasi, hingga pencarian akomodasi. Segera isi form konsultasi atau hubungi kami via WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !