Kota-kota Terbaik Untuk Tinggal dan Kuliah di Eropa

Rekomendasi kota terbaik untuk belajar di Eropa

Apakah kamu memiliki mimpi untuk kuliah di luar negeri? Khususnya di daratan Eropa. Agak jauh memang, tapi super worth it. Merasakan bagaimana tinggal dan belajar di Eropa akan menjadi hal yang menyenangkan. Banyak orang yang akan kamu temui, banyak hal baru yang akan kamu pelajari. Kamu juga akan menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Kebudayaan bahkan makanan di eropa juga tak kalah seru untuk dijelajahi. 

Jika kamu sudah yakin untuk kuliah di Eropa, penting untuk memahami bagaimana kehidupan di wilayah yang akan kamu tinggali. Berikut kota-kota terbaik di Eropa bagi para pelajar versi QS Best Student Cities 2019.

1. London, UK

London adalah rumah bagi 18 besar universitas terbaik dunia, dua di antaranya masuk ke dalam 10 besar, yaitu Imperial College London di urutan ke delapan, dan University College London (UCL) di urutan 10. Kota ini adalah salah satu kota paling beragam di dunia, dengan warga dan pelajar dari seluruh dunia. Jadi jika kamu merasa homesick, kamu dapat dengan mudah menemukan orang lain yang berasal dari negaramu. Hampir setengah dari London diklasifikasikan sebagai 'ruang hijau' karena 47 persen kota terdiri dari taman, ruang bersama, ruang atletik outdoor, dan banyak lagi.

2. Munich, Jerman

Universitas yang terletak di kota ini yang juga merupakan dua perwakilan teratas Jerman dalam peringkat dunia adalah Technische Universität München di peringkat ke-50 dan Ludwig-Maximilians-Universität München di peringkat ke-63. Munich menjadi kota paling populer bagi siswa, karena keterjangkauan kota, kemudahan untuk berkeliling, kehidupan malam, dan keramahannya. Kamu berkesempatan menikmati biaya kuliah gratis di sebagian besar universitas negeri di Jerman, lho. Kota ini juga menjadi salah satu pusat ekonomi utama Jerman, yang berarti ada banyak peluang untuk mendapatkan pengalaman kerja setelah lulus.

3. Berlin, Jerman

Humboldt-Universität zu Berlin, Freie Universität Berlin, Technische Universität Berlin adalah tiga perguruan tinggi terbaik yang ada di Berlin. Kabar baiknya adalah semua program gelar sarjana (dan beberapa program pascasarjana) bisa ditempuh secara gratis di universitas negeri di Berlin, bahkan untuk siswa internasional. Berlin memiliki sekitar 21 persen populasi yang digolongkan sebagai kelahiran asing, dengan 15 persen mahasiswanya berasal dari luar negeri. Perpaduan budaya ini berarti Berlin adalah tempat yang tepat untuk tinggal dan bekerja.

4.Paris, Perancis

Paris yang secara konsisten kuat dalam pemeringkatan sebagian besar disebabkan oleh banyaknya jumlah universitas yang berperingkat internasional. Kota ini adalah rumah bagi 12 universitas yang ditampilkan dalam QS World University Rankings (baik secara keseluruhan atau dalam indikator tertentu). Meskipun Paris memang memiliki biaya hidup yang tinggi, hal ini sebagian besar diimbangi dengan biaya sekolah yang rendah. Kamu juga akan dikelilingi oleh monumen yang indah, sejarah dan budaya, serta kehidupan malam yang luar biasa.

5. Zurich, Swiss

Dua kampus terbaik di dunia yang berlokasi dikota ini yaitu ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) di posisi keenam dan University of Zurich (UZH) di posisi ke-69. Dengan latar belakang pegunungan Alpen Swiss, kamu akan menikmati pemandangan indah saat aktivitas kuliah. Nah, di negara ini kamu juga berkesempatan untuk mencari kerja hingga enam bulan setelah lulus. Selain itu kamu juga akan menikmati kualitas hidup yang tinggi, pilihan transportasi umum yang bagus, komunitas internasional yang besar, dan perawatan kesehatan yang sangat baik.

Nah, dari kelima kota pelajar terbaik di atas, apakah salah satunya adalah kota impian yang ingin kamu tinggali suatu hari nanti? Tak ada yang tak mungkin jika kamu terus berusaha. Yuk, siapkan dirimu dan jadi yang terbaik!

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk informasi kuliah di Eropa dan menjalani proses pendaftaranya, hubungi Vista Education aja ya! 
Klik kontak atau chat kami via whatsapp.