Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Keuntungan dan Resiko Kuliah di Kanada

Keuntungan dan Resiko Kuliah di Kanada

Kamu berencana kuliah di Kanada? Ayo cari tahu kelebihan dan kekuranganya dulu

Kamu berencana kuliah di luar negeri tapi bingung pilih negara apa? Oke, tak apa. Kali ini Vista Education akan memberimu ifo menarik mengenai negara-negara tujuan. Faktanya, ada 5 negara yang menjadi tujuan populer untuk melanjutkan studi. Salah satunya adalah Kanada. Banyak mahasiswa memilih kuliah di Kanada karena beberapa hal. Alasan utama karena reputasi universitas, biaya yang relatif terjangkau, lingkungan dan kesempatan kerja. Lalu apa aja sih plus minus kuliah di Kanada? Kita cari tahu, yuk! 

Kelebihan kuliah di Kanada

Pendidikan berkualitas tinggi

Perguruan tinggi di Kanada wajib mematuhi kode standar akademik dari pemerintah setempat. Association of Universities and Colleges of Canada (AUCC) selalu memastikan bahwa setiap universitas telah layak survey. Baik secara kurikulum, fasilitas, kerja sama dengan dunia industri dan memiliki international student services . Jadi ada jaminan kualitas untuk pendidikanmu disana.Bahkan, 11 dari 250 Universitas terbaik di dunia berada di Kanada loh. Beberapa diantaranya adalah Universitas British Columbia, Universitas McGill, Universitas McMaster, Universitas Toronto, dan Universitas Waterloo


Biaya relatif terjangkau

Biaya kuliah di Kanada dikenal paling rendah dibandingkan dengan biaya kuliah di Amerika, Inggris, dan Australia. Perguruan tinggi menerima pendanaan publik melalui pemerintah provinsi sehingga menjadikan biaya studi di Kanada lebih rendah. Tapi dengan biaya yang terjangkau kamu akan tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas, kok. Rata-rata biaya kuliah bagi mahasiswa Kanada yang ingin mendapatkan gelar sarjana di negara mereka adalah sekitar $ 5.000 CAD per tahun. Wow, sekelas Kanada hanya membutuhkan kurang dari 60 juta per tahun. Worth it banget kan?


Kesempatan bekerja di Kanada

Sejak 1 Juni 2014, pemerintah Kanada mengeluarkan peraturan yang menyatakan bahwa para pelajar internasional tidak perlu membuat visa kerja terpisah jika ingin bekerja. Jadi, kamu akan diijinkan bekerja saat menjalani perkuliahan. Setelah lulus gelar sarjana atau diplomapun, kamu berkesempatan untuk bekerja selama 1 tahun.


Negara yang aman dan netral

Kanada adalah salah satu negara paling aman di dunia. Mereka terkenal dengan reputasi salah satu negara paling layak huni. Lingkungan mereka super kondusif meski multicultural. Teknologi terkini digunakan dihampir tiap sudut kota. Keindahan alamnyapun juga tak kalah saing. Selain itu, kamu tidak perlui khawatir diincar bahaya peperangan. Kanada merupakan negara yang netral. Pemerintah Kanada sebisa mungkin menghindari konflik demi kemajuan dan keamanan warga negaranya.


Alam yang mengagumkan


Kanada memiliki geografi yang sangat beragam, mulai dari taman nasional, cagar alam, margasatwa, perbukitan, sampai pesisir pantai. Beberapa tempat wisata populer yang dapat kamu kunjungi yaitu Niagara Falls, Banff National Park, dan Rocky Mountains. Kuliah juga butuh refreshing, kan?

 

Hal yang perlu kamu antisipasi saat ingin kuliah di Kanada

Biaya transportasi Indonesia-Kanada cukup tinggi

Yup, jarak kedua negara ini ternyata cukup jauh, lho! Sekitar 14 hingga 26 jam perjalanan jalur udara. Nah, karena itulah biaya transportasi ke Kanada mencapai belasan hingga puluhan juta untuk sekali jalan. Nah, sebaiknya jangan keseringan ‘pulang kampung’ ya ~. Jika rindu rumah, obati dulu dengan video call atau berkumpul dengan mahasiswa yang berasal dari kota yang sama.


Butuh waktu lebih untuk adaptasi

Karena letaknya yang jauh dari Indonesia, kebudayaan di Kanada pun sangat berbeda. Sebagian dipengaruhi budaya Inggris dan Perancis akibat masa kolonialnya dahulu, namun juga dipengaruhi budaya Amerika karena letak kedua negara yang berdekatan. Sehingga mungkin kamu akan membutuhkan waktu lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan di negara tersebut. 


Sulit memastikan makananmu halal


Adanya kontaminasi dan perlunya penelusuran produk menjadi faktor yang memicu pembentukan Halal Monitoring Authority of Canada. Produk-produk seperti permen, yogurt, jelly, kue, sampai produk farmasi bisa saja mengandung gelatin yang berasal dari babi. Jadi, untuk kamu yang beragama Islam, harus melakukan usaha ekstra sampai benar-benar yakin makananmu halal tanpa kontaminasi.

Waspada cuaca ekstrem

Berbeda dengan Indonesia, negara ini memiliki empat musim setiap tahunnya. Kamu harus mulai terbiasa dengan hal tersebut jika tinggal disana nanti. Sejumlah wilayah di Kanada pernah dilanda suhu ekstrem yang mencapai minus 54 derajat Celcius. Sebaliknya, pernah pula dilanda suhu tinggi mencapai 36,6 derajat Celsius akibat udara panas dan lembab yang datang dari Teluk Meksiko. Bukan tidak mungkin kalau tubuhmu akan ‘kaget’ dengan perubahan tersebut.


Okay, itulah beberapa plus dan minus kuliah di Kanada. Bagaimana, apakah kamu semakin mantap ingin menempuh studi di Kanada?. Jika kamu membutuhkan informasi lebih, jangan ragu untuk menghubungi konsultan Vista Education ya. Kamu juga bisa mengikuti acara berikut untuk update info kuliah di luar negeri. Apakah itu?

TOP 5 Favorites Education Fair 2021

Pameran pendidikan terlengkap dari 5 negara. Cek infonya disini