Kemampuan IT Paling Dicari di 2024
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kemampuan IT Paling Dicari di 2024

Kemampuan IT Paling Dicari di 2024

Sekarang, teknologi adalah tulang punggung berbagai macam industri. Gak heran, kebutuhan akan tenaga kerja berkemampuan IT semakin meningkat. Akibatnya, Industri IT sendiri terus berkembang dan berubah. Di tahun 2024, beberapa kemampuan IT akan sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Kira-kira apakah anak IT hanya perlu bisa atur koneksi internet saja kelak? Jelas tidak! Berikut adalah beberapa kemampuan IT paling dicari di tahun 2024:

 

Anak apps atau Pengembang Aplikasi Mobile

Dalam era dominasi smartphone, aplikasi mobile telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kemampuan untuk mengembangkan aplikasi mobile, terutama untuk platform Android dan iOS, sangat dicari. Keterampilan dalam bahasa pemrograman seperti Java, Kotlin (untuk Android) atau Swift (untuk iOS) adalah aset berharga. Pengembang aplikasi mobile yang kreatif dan inovatif dapat menciptakan aplikasi yang populer dan menguntungkan. Wah, kebayang kan betapa banyaknya demand atas skill yang satu ini. 

Baca Juga: 5 Jurusan Engineering Paling dicari di USA

Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin (Machine Learning)

Teknologi AI dan machine learning semakin mengubah cara bisnis dijalankan. Perusahaan menginginkan ahli AI yang dapat mengembangkan sistem cerdas untuk menganalisis data, membuat prediksi, dan meningkatkan efisiensi operasional. Keterampilan dalam menggunakan kerangka kerja seperti TensorFlow, Keras, atau PyTorch sangat dicari. Keahlian ini memungkinkan pengembangan algoritma pembelajaran mesin yang kompleks untuk membuat keputusan yang tepat.

Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)

Keterampilan pengembangan perangkat lunak tetap menjadi salah satu kemampuan IT paling dicari di tahun 2024. Pengembang perangkat lunak akan dimiliki oleh seseorang yang memahami berbagai bahasa pemrograman seperti Python, Java, JavaScript, dan C++. Sudah pasti hal tersebut akan menjadikan peluang besar di pasar tenaga kerja. Mereka yang menguasai pengembangan perangkat lunak dalam konteks pengembangan web, desktop, atau perangkat keras memiliki peluang besar untuk sukses di bidang IT.

Baca Juga: 3 Universitas dengan Jurusan Engineering Terbaik di Singapore

Keamanan Informasi (Cybersecurity)

Adanya serangan siber yang semakin canggih, maka keamanan informasi menjadi sangat penting. Para profesional keamanan siber bertanggung jawab untuk melindungi data dan sistem perusahaan dari ancaman siber. Keterampilan dalam mengidentifikasi kerentanan siber, mengelola keamanan jaringan, dan merespons insiden keamanan sangat dibutuhkan di zaman sekarang. Sertifikasi keamanan siber seperti Certified Ethical Hacker (CEH) atau Certified Information Systems Security Professional (CISSP) juga dapat memberikan kamu nilai tambah.

Pengelolaan Data Besar (Big Data)

Data merupakan sesuatu yang menjadi aset paling berharga dalam banyak bisnis atau sebuah perusahaan. Pengelolaan dan analisis data dalam jumlah yang besar membutuhkan kemampuan khusus. Penggunaan alat dan kerangka kerja seperti Hadoop, Apache Spark, atau Apache Flink memungkinkan analisis data besar dalam waktu yang lebih efisien. Kemampuan untuk menggali wawasan dari data besar dan mengambil keputusan berdasarkan analisis ini sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan yang ingin meningkatkan keputusan bisnis mereka secara akurat.

Kuliah jurusan IT di luar negeri

Jika ada kesempatan, wajib banget untuk ambil gelar dan cari pengalaman dengan kuliah di luar negeri. Apalagi untuk jurusan IT seperti ini. Berbagai universitas internasional bahkan menawarkan placement atau magang di perusahaan besar langsung. Contohnya adalah Auburn University Amerika, Illinois Institute of Technology, USA, RMIT Australia dan masih banyak lagi

Jika kamu bingung mulai dari mana, butuh bantuan untuk persiapan dan info kuliah di luar negeri, yuk hubungi konsultan pendidikan Vista Education saja! Vista Education adalah konsultan dengan pengalaman lebih dari 25 tahun. Membantu proses kuliah di luar negeri anak Indonesia menjadi lebih aman dan mudah. Kami membimbing sejak proses pemilihan universitas, negara, pendaftaran, admission, VISA, sampai ke pencarian akomodasi. Konsultasi GRATIS bareng Vista sekarang!


 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !