Jurusan yang Paling Banyak Diminati Beserta Alasannya
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan yang Paling Banyak Diminati Beserta Alasannya

Jurusan yang Paling Banyak Diminati Beserta Alasannya

Apa saja ya jurusan yang paling laku tahun ini? Yuk cari tahu

Menentukan jurusan kuliah adalah momen krusial. Satu keputusan ini akan menentukan 4 tahun masa kuliahmu kedepan. Bahkan, perjalanan karirmu di dunia kerja juga akan dimulai sejak proses pemilihan jurusan. Jadi, pilihlah jurusan kuliahmu dengan bijak ya. Apa harus ikut-ikutan teman? No. Apa harus orang tua yang menentukan? No. 

Alangkah baiknya untuk memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Kamu masih perlu mendapat masukan dari orang tua dan juga ke konsultan pendidikan jika diperlukan. Terutama sebelum kuliah di luar negeri. Mengapa? Konsultan pendidikan akan membantumu memilih jurusan yang tepat agar effort-mu kuliah di luar negeri tidak sia-sia. Eh, ngomong-ngomong soal jurusan. Kira-kira, jurusan apa yang paling diminati dan yang paling sepi peminat ya? Berikut adalah jurusan paling diminati akhir-akhir ini : 

  • Teknik Informatika 

Jurusan ini sangat relevan dengan perkembangan teknologi era digital. Gak heran, banyak sekali mahasiswa atau pelajar yang berminat di jurusan IT. Di jurusan teknik informatika, kamu akan mempelajari mengenai komponen penting dalam dunia teknologi seperti hardware, jaringan, dan pastinya software. Kamu juga akan dikenalkan dengan berbagai bahasa pemrograman untuk seperti html, php, java dan masih banyak lagi. Produk yang dihasilkan oleh para pecinta coding adalah aplikasi di gadget, sistem informasi, bahkan website yang sedang kamu baca sekarang adalah hasil buah tangan mereka. 

Uniknya, jurusan ini sebenarnya cukup sulit loh. Butuh ketekunan, analisa dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat pada perubahan. Untungnya, lowongan pekerjaan yang ditawarkan sangat banyak. Gaji yang ditawarkan juga cukup besar. Di Indonesia, perusahaan startup IT berani memberi gaji mulai dari 6 juta untuk fresh graduate. Bahkan, perusahaan unicorn seperti Gojek, Shopee dan Bukalapak berani memberi sampai 2 digit. Wow!

Baca juga: Jurusan Teknik Informatika vs Sistem Informasi

 

  • Ilmu Hukum 

Jurusan ini akan mempelajari tentang berbagai hal yang terkait dengan hukum dari teori hingga pada tahap prakteknya. Jurusan ini juga pastinya akan mempelajari tentang konsep dan teori hukum yang ada pada masa perundang-undangan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Ilmu hukum merupakan salah satu jurusan rumpun humaniora dengan peminat yang banyak dikarenakan prospek kerja lulusan sarjana hukum cukup menjanjikan. Terlebih lagi, umumnya pekerjaan di bidang hukum memberikan gaji yang cukup fantastis. 

Baca juga : Jurusan yang Jarang Diminati Beserta Alasanya 

  • Hubungan Internasional 

Jurusan hubungan internasional merupakan jurusan yang menekankan pada komunikasi, interaksi, dan relasi dalam skala internasional. Pada jurusan ini, mahasiswa akan melakukan kajian tentang diplomasi dan negosiasi, perdagangan luar negeri, hukum internasional, politik internasional, hubungan komunikasi, hingga bahkan kerjasama antar negara atau kerjasama internasional. Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan passion public speaking yang bagus. Nah, jurusan yang satu ini menjadi jurusan dengan banyak peminat karena memiliki peluang karir yang bagus, berpeluang bekerja di luar negeri, meningkatkan kemampuan berbahasa asing, mendapatkan koneksi yang luas, peluang gaji yang besar, serta dapat berkontribusi untuk negara. 

  • Teknik Sipil 

Jurusan teknik sipil tentu sudah tidak asing lagi bagi calon mahasiswa nih! Yaps, di jurusan ini kamu mahasiswa akan mempelajari tentang proses merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar ragam infrastruktur seperti jembatan, gedung, jalan, bahkan bendungan. Adapun alasan jurusan ini banyak diminati adalah mendapatkan bekal pengalaman praktis, gaji awal yang bagus, banyak pilihan pekerjaan, dan satu hal yang pasti adalah lulusan jurusan teknik sipil sangat berpeluang besar untuk bekerja di lingkungan yang seru.

  • Kedokteran 

Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan favorit karena banyak anggapan bahwa dokter merupakan pekerjaan yang mulia, prospek karir yang bergengsi di masa depan, dan peluang kerja yang menawarkan gaji yang menjanjikan secara finansial. Nah, sedikit informasi bahwa jurusan ini akan mempelajari tentang berbagai ilmu medis seperti pemeliharaan kesehatan, pengobatan penyakit, dan pencegahannya. Kamu pastinya akan memahami tentang anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi pada tubuh manusia. 

Karena menjadi jurusan populer, seleksi masuk untuk 5 jurusan diatas juga biasanya cukup ketat. Kamu perlu meyakinkan dulu nih untuk mau ambil jurusan apa. Jika memang jurusan yang kamu mau ada dari 5 pilihan di atas, yuk mulai persiapan dari sekarang. Terutama untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri. Hubungi konsultan  pendidikan sekarang untuk mendapat arahan. Jangan sampai ada informasi tertinggal atau tidak tepat ya. Semoga beruntung! 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !