Jurusan yang Jarang Diminati Beserta Alasannya
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan yang Jarang Diminati Beserta Alasannya

Jurusan yang Jarang Diminati Beserta Alasannya

5 Jurusan yang sepi pendaftar di tahun 2023 ini bisa kamu cek. Apakah jurusan impianmu termasuk di dalamnya?

Ilmu Perpustakaan 

Jurusan ini merupakan salah satu rumpun jurusan soshum (sosial hukum) yang memiliki peminat kurang jika dibandingkan dengan jurusan lain. Padahal lulusan dari jurusan ini tidak hanya sekedar menjadi penjaga perpustakaan lho. Jika memilih jurusan ilmu perpustakaan, mahasiswa bisa belajar banyak tentang pengelolaan perpustakaan, manajemen, hingga teknologi informasi di dalamnya. Lulusan dari jurusan ini juga bisa berprofesi sebagai document controller atau sebagai seorang sekretaris. Namun, jurusan yang satu ini menjadi jurusan yang sepi peminat karena masih banyak orang yang mempercayai stereotype bahwa ilmu perpustakaan hanya akan berkutat dengan buku atau perpustakaan saja. 

Arkeologi 

Jurusan arkeologi mempelajari tentang benda-benda peninggalan sejarah. Benda-benda tersebut akan ditelusuri asal-usulnya, dikaji, dan selanjutnya diteliti lebih dalam untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat di masa lampau yang kemudian bisa dijadikan pelajaran untuk membangun kehidupan masa kini. Namun demikian, jurusan ini memiliki jumlah peminat yang sedikit karena prospek kerja yang dianggap kurang. Mengingat, banyak masyarakat yang masih awam dengan arkeologi. Selain itu, alasan lain jurusan ini sepi peminat adalah dianggap tidak bergengsi karena tidak sesuai dengan perubahan zaman yang sudah serba digital. 

(Gambar dari Gramedia )

Ilmu Filsafat 

Banyak yang bilang kalau ilmu filsafat adalah induk dari semua jurusan. Jurusan ini sangat membutuhkan proses berpikir yang logis hingga penalaran yang bagus. Sudut pandang filsafat berasal dari pengetahuan yang diterjemahkan dengan pikiran dan bahasa. Pada dasarnya kerumitan yang ada dalam ilmu filsafat membutuhkan kepekaan dan kecerdasan dalam berpikir. Namun demikian, jurusan ini sepi peminat karena banyak yang menganggap prospek kerjanya sangat sempit akibat ilmu yang dipelajari bukan ilmu konkret yang memuat skill relevan dengan kebutuhan pekerjaan saat ini. 

Astronomi

Jurusan astronomi merupakan jurusan yang mempelajari tentang benda-benda langit seperti komet, galaksi, bintang, bulan, matahari, dan benda langit lainnya. Tetapi jangan mengira jurusan ini mempelajari ramalan bintang atau zodiak, ya! Jurusan ini tentunya mempelajari khusus peredaran dan pergerakan benda-benda langit dalam sistem solar. Faktanya, jurusan astronomi merupakan salah satu jurusan yang memiliki jumlah peminat yang sedikit karena dianggap sulit dari segi materi yang dipelajari dan prospek kerjanya dianggap belum optimal. 

Fisika 

Jurusan fisika murni berfokus pada fisika klasik (teori dasarnya Newton). Jurusan yang satu ini tergolong sepi peminat karena mata kuliah yang cukup sulit untuk dipelajari orang pada umumnya. Faktanya, hanya beberapa orang yang memang memiliki passion di bidang fisika yang mau masuk jurusan fisika. Yah, walaupun memang menantang, jurusan fisika menawarkan prospek kerja yang cukup menggiurkan loh. Mereka biasa diterima di area pertambangan, industri perminyakan dan pabrik besar. Kebayang dong berapa gaji yang bisa dibawa pulang setiap bulan.

Jika jurusan yang kamu inginkan masuk dalam 5 jurusan diatas, jangan berkecil hati dulu ya. Kamu bisa berkonsultasi dengan tim konsultan Vista Education untuk mendapat banyak pencerahan. Tak banyak diminati bukan berarti buruk untuk dirimu. Selama kamu menikmati apa yang kamu pelajari, kamu juga akan mencintai apapun pekerjaanmu nanti. Semangat!

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !