Jurusan Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan

Yakin nggak penasaran dengan jurusan yang bisa menghasilkan gaji tinggi ini?

Sudah sering dengar jurusan teknik pertambangan, belum? Lulusan jurusan teknik pertambangan dikabarkan bisa memperoleh gaji besar puluhan sampai ratusan juta lho! Gaji yang besar ini tentu saja berasal dari luasnya peluang berkarir di perusahaan tambang atau perusahaan migas nasional.

Tak lepas dari itu, lulusan teknik pertambangan sangat berpeluang untuk bekerja di luar negeri lho. Memangnya, seperti apa sih jurusan teknik pertambangan, materi yang dipelajari, dan kesempatan kerjanya?


Apa itu jurusan teknik pertambangan?

Teknik pertambangan merupakan bidang yang mempelajari tentang proses penambangan bahan galian atau sumber daya mineral. Fokus dari jurusan ini ialah eksploitasi, eksplorasi, dan pemrosesan.

Industri pertambangan menjadi salah satu industri yang menjanjikan di Indonesia karena ilmunya akan sangat berguna untuk mengambil dan memanfaatkan sumber daya alam di tanah air, seperti minyak bumi, batu bara, timah, nikel, tembaga, dan emas.


Materi yang dipelajari di jurusan teknik pertambangan

Dalam jurusan teknik pertambangan terdapat berbagai mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswa. Pada tahun pertama, kamu akan mempelajari kalkulus, ilmu dasar fisika, geologi dasar, pengantar teknologi SDA, dasar metalurgi, mekanika batuan, ekonomi pertambangan, dan manajemen pertambangan.

Untuk tahun selanjutnya, kamu akan mempelajari materi lebih lanjut, antara lain kristalografi dan mineralogi, teknik gas bumi, geomorfologi, evaluasi proyek pertambangan/migas, hidrogeologi, geoteknik tambang, hingga gambar teknik.

Selain itu, mahasiswa juga dapat mempelajari mata kuliah khusus yang bisa dipilih sesuai konsentrasinya, yaitu tambang eksplorasi dan tambang umum. Untuk tambang eksplorasi, kamu akan mempelajari geologi struktur, manajemen eksplorasi, dan geoteknik tambang. Sedangkan untuk tambang umum, kamu akan mempelajari pengolahan bahan galian, ventilasi tambang, pengeboran dan penggalian, hingga teknik peledakan.

Maka dari itu, mahasiswa dituntut untuk teliti, rasional, independen, terstruktur, dan gemar menghitung. Mahasiswa harus memiliki sikap yang analitik, detil, observan, dan senang memecahkan masalah.


Jenjang karir jurusan teknik pertambangan

Setelah lulus kuliah teknik pertambangan, kamu bisa kerja apa? Tentu saja perusahaan pertambangan akan menanti kamu. Banyak instansi pemerintah yang akan menerimamu, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan BUMN.

Kamu bisa bekerja sebagai teknisi tambang, minyak, dan material, analis, teknisi konservasi lingkungan, konsultan, ataupun surveyor pertambangan. Pendapatan seseorang yang bekerja di industri pertambangan jelaslah tinggi, namun tetap saja sesuai posisi atau jabatannya.


Jurusan teknik pertambangan di luar negeri

Ingin kuliah di luar negeri dengan jurusan teknik pertambangan bisa banget lho! Di Moskow, kamu bisa mendaftar kuliah di Gubkin Russian State University of Oil and Gas. Atau jika ingin kuliah di Kanada, kamu bisa ambil jurusan teknik pertambangan di Universitas Albreta. Kamu bisa ambil jurusan teknik pertambangan juga di Norwegian University of Science and Technology.

Jika kamu mencari universitas terbaik dengan jurusan teknik pertambangan, kamu memiliki pilihan berikut ini.

  • Colorado School of Mines di Amerika Serikat
  • Curtin University di Australia
  • McGill University di Kanada
  • The University of Western Australia
  • Queen’s University at Kingston di Kanada
  • University of British Columbia di Kanada
  • Pennsylvania State University di Amerika Serikat

Dari daftar rekomendasi kampus dengan di atas, ada juga nih negara tujuan favorit untuk kuliah teknik pertambangan dan perminyakan, yaitu Italia, Meksiko, Rusia, Jerman, dan Saudi Arabia.

Nah, kalau kamu tertarik dan ingin tahu lebih lanjut mengenai jurusan ini dan kampus-kampus pilihannya, hubungi saja Vista Education untuk konsultasi bersama.