Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Teknik Dengan Peluang Kerja Terbesar

Jurusan Teknik Dengan Peluang Kerja Terbesar

Ada banyak alasan kamu harus ambil jurusan teknik, salah satunya adalah punya peluang yang besar. Lulusan teknik sangat dibutuhkan di masa depan untuk ikut membangun era digital.

Salah satu program jurusan terfavorite ini memang terkenal karena prospeknya. Selain punya lowongan kerja melimpah, gaji pertama anak teknik juga bukan main. Apakah kamu tertarik untuk jadi anak teknik? Bingung mau ambil jurusan teknik apa? Yuk coba kita lihat rekomendasi dari konsultan pendidikan Vista Education.


1. Computer Engineering

Teknik komputer adalah jurusan yang menggabungkan ilmu komputer dan elektronik. Jurusan ini berfokus pada perkembangan perangkat lunak maupun keras dari komputer. Maka dari itu, lulusan jurusan ini dapat menciptakan inovasi fungsi komputer terbaru, yang dimana keahlian ini sangat berguna untuk mengembangkan teknologi di masa depan.

Lulusan teknik komputer bisa bekerja menjadi programmer web, aplikasi mobile, game, aplikasi e-learning, dan lain-lain. Di era internet of things, keahlian seorang lulusan teknik komputer akan dibutuhkan sebagai ahli jaringan dan keamanan sistem pada sebuah perusahaan.

 

2. Teknik Sipil

Teknik sipil merupakan jurusan yang mempelajari perencanaan atau perancangan, manufaktur, manajemen atau pengelolaan, konstruksi, dan pemeliharaan lingkungan. Jenis bangunan yang dapat dikerjakan adalah gedung perkantoran, jalan raya, bandara, stasiun, dan lain-lain.

Jurusan teknik sipil punya prospek kerja yang baik karena pembangunan akan selalu ada dan lulusan ini akan selalu dibutuhkan. Prospek pertumbuhan pekerjaannya pun naik sebesar 5% setiap tahunnya. Lulusan jurusan teknik sipil bisa menjadi bagian dari perencanaan dan pengembangan real estate, surveyor tanah, konsultan properti, dan sales perusahaan konstruksi.

 

3. Aerospace Engineering

Aerospace engineering atau teknik kedirgantaraan adalah salah satu jurusan yang banyak dilirik mahasiswa nih. Jurusan yang disebut juga teknik penerbangan ini termasuk ke dalam jurusan prestige dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Jurusan ini akan mempelajari pengoperasian dan pemeliharaan peralatan untuk memproduksi, menguji, mengembangkan, dan mempertahankan pesawat maupun pesawat ruang angkasa. Lulusan aerospace engineering berkesempatan bekerja di maskapai penerbangan, perusahaan manufaktur, dan maintenance facilities company. Prospek kerja jurusan ini meningkat 4% setiap tahunnya.

 

4. Teknik Nuklir

Banyak yang menganggap jurusan nuklir sulit, harus pintar dan bisa menguasai mata kuliah yang berat. Hal ini sejalan dengan prospek kerjanya yang terjamin dan gaji yang besar. Bahkan, insinyur nuklir termasuk ke 5 besar pekerjaan dengan bayaran tertinggi, yaitu mencapai Rp 1,3 miliar.

Jurusan teknik nuklir belajar mengenai perancangan dan pengembangan alat dan instrumen yang diperlukan dalam pemanfaatan energi nuklir. Seorang lulusan teknik nuklir dapat mengembangkan teknologi yang digunakan di bidang medis.

 

5. Teknik Kimia

Saat ini hingga beberapa tahun ke depan, lulusan teknik kimia akan sangat dibutuhkan. Seseorang dengan keahlian ini tidak akan bisa dikalahkan oleh komputer. Dengan latar belakang biologi, matematika, kimia dan fisika, lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai insinyur kimia.

Jurusan teknik kimia memiliki prospek kerja yang baik di bidang kesehatan untuk memecahkan masalah obat-obatan, bahan bakar, penggunaan bahan kimia untuk kecantikan sekalipun. Sehingga, jurusan ini tidak berhenti di bidang kesehatan, tetapi dapat merambah di bidang kecantikan dan industri.


Ada jurusan teknik yang bergerak di bidang kesehatan, digital, dan konstruksi. Apa kamu menemukan jurusan teknik yang sesuai dengan potensimu? Kalau kamu ingin memilih di antaranya tapi masih bingung, yuk konsultasi dengan Vista Education!

 

Jangan lupa juga untuk bergabung dalam acara pameran pendidikan spesial jurusan art & design dan 3 jurusan favorit lain. Klik info detailnya di sini

World's Top Majors Education Fair 2021