Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Manajemen Bisnis Vs Administrasi Bisnis, Pilih yang Mana?

Jurusan Manajemen Bisnis Vs Administrasi Bisnis, Pilih yang Mana?

Kuliah jurusan bisnis ada 2 konsentrasi, di antaranya adalah manajemen dan administrasi. Kira-kira mana yang cocok dengan potensimu?

“Pokoknya lulus kuliah mau ambil jurusan bisnis!”. Eh, tunggu dulu.. jurusan bisnis ternyata dipecah menjadi berbagai konsentrasi belajar loh. 2 diantaranya adalah jurusan manajemen bisnis dan administrasi bisnis. Sekilas terlihat sama ya? Yuk cari tahu apa beda kedua jurusan bisnis ini. 

Pengertian

a. Manajemen bisnis

Jurusan manajemen bisnis adalah jurusan seputar bisnis dan kewirausahaan dengan bisnis dan ilmu manajemen sebagai pengetahuan dasarnya. Pada jurusan ini, kita akan mengulik tentang pengetahuan dan praktik di bidang produksi dan berbagai manajamen meliputi mutu dan proyek. Jurusan manajemen bisnis mengajarimu tentang pengelolaan hingga pengendalian operasi bisnis meliputi persiapan pengembalian pajak hingga pengawasan karyawan.

Bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan komunikasi dan negosiasi bisnis, maka jurusan ini bisa menjadi pilihan tepat. Perbedaannya dengan jurusan administrasi adalah manajemen berfokus pada kemampuan manajerial dan tidak mempelajari aspek administrasinya, sedangkan di jurusan administrasi bisnis juga mempelajari sedikit tentang manajemen.

b. Administrasi bisnis

Jurusan administrasi bisnis atau bisa disebut administrasi niaga adalah jurusan yang berfokus pada pengelolaan bisnis perusahaan dengan menganalisis biaya, marketing, dan sumber daya manusia (SDM). Pembelajaran pada jurusan administrasi bisnis lebih terfokus pada mekanisme bisnis seperti keuangan, akuntansi, dan pemasaran.

Mahasiswa yang berjiwa wirausaha yang ingin memulai bisnis sendiri dan berspesialisasi dalam akuntansi, maka jurusan ini cocok sebagai pilihan. Karena mahasiswa juga akan diajari cara memecahkan masalah berdasarkan data dan mengembangkan keterampilan komunikasi dan manajerial.


Mata kuliah yang dipelajari

a. Manajemen bisnis

Yang dipelajari pada jurusan manajemen bisnis adalah mencakup manajemen keuangan, perkantoran, pemasaran, pengadaan, pelayanan, mutu dan SDM. Ada pula manajemen distribusi dan logistik serta manajemen risiko. Selain itu, kamu akan mempelajari seperti apa negosiasi bisnis dan analisa pasar modal.

b. Administrasi bisnis

Beberapa mata kuliah administrasi bisnis akan mempelajari manajemen, yaitu azas-azas manajemen, sistem informasi manajemen, manajemen risiko dan asuransi, hingga manajemen perusahaan industrial. Yang benar benar menjadi concern di jurusan administrasi bisnis adalah matematika bisnis, akuntansi, perpajakan, hukum bisnis, ketenagakerjaan dan hubungan industrial.


Gelar

a. Manajemen bisnis

Gelar yang akan diberikan untuk sarjana manajemen bisnis di Indonesia adalah Sarjana Manajemen (S. M). Sedangkan di luar negeri, gelar yang diberikan adalah Bachelor of Business Management (BBM).

b. Administrasi bisnis

Gelar yang akan diberikan untuk sarjana administrasi bisnis di Indonesia adalah Sarjana Administrasi Bisnis (S.A.B). Sedangkan di luar negeri, gelar yang diberikan adalah Bachelor of Business Administration (BBA).


Prospek kerja

a. Manajemen bisnis

Lulus dari kuliah jurusan manajemen bisnis bisa langsung bekerja sebagai pegawai bank, bagian operasional logistik, dan pegawai asuransi. Setelah memiliki pengalaman yang memadai, kamu dapat meraih jabatan product manager, marketing manager, atau sales manager. Bisa juga bekerja sebagai asisten administrasi lho!

b. Administrasi bisnis

Lulusan jurusan administrasi bisa bekerja sebagai pialang real estate, analis keuangan, manager penjualan, manajer produksi industri, dan analis riset pasar. Di sisi lain, kamu juga bisa sebagai konsultan bisnis, human resources (HR) specialist, dan loan officer.


Sudah bisa menyimpulkan pilih jurusan yang mana? Meski keduanya tidak jauh berbeda, kamu pasti memiliki fokus sendiri terhadap bisnis, kan? Konseling saja dengan Vista Education biar gak salah jurusan!