Jurusan Listrik di Luar Negeri Belajar apa saja ya? 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Listrik di Luar Negeri Belajar apa saja ya? 

Jurusan Listrik di Luar Negeri Belajar apa saja ya? 

Deskripsi, apa saja yang akan dipelajari, prospek dan alasan mengapa harus kuliah jurusan listrik di luar negeri

Sekilas tentang Jurusan Listrik

Jurusan listrik atau yang biasa disebut teknik elektro adalah bidang ilmu mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan daya listrik dalam skala besar. Skala besar yang dimaksud seperti pada dunia industri dan mesin. Jurusan ini berhadapan langsung dengan ketersediaan sumber daya energi, transmisi energi, dan juga dampak dari energi terhadap sistem operasi permesinan secara keseluruhan. 

Selain itu, jurusan listrik juga bekerja sama dengan insinyur dari area lain seperti teknik kimia, teknik mesin, dan teknik sipil. Kerja sama tersebut tentunya dilakukan untuk merancang, mengembangkan, serta membantu produksi berbagai macam barang. Contohnya adalah sistem distribusi energi, komputer pribadi, sistem satelit, sistem radar, radio genggam, jantung buatan, dan lain sebagainya. 

Hal-hal yang Dipelajari Jurusan Listrik di Luar Negeri

Apakah kamu penasaran dengan jurusan listrik di luar negeri? Atau, apakah jurusan listrik hanya ada di Indonesia? Jurusan listrik tentu juga ada di negara lain. Mereka biasa menyebutnya electrical engineering. Beberapa universitas favorit anak Indonesia untuk ambil jurusan listrik di luar negeri adalah:

  • University of Toronto, Canada 
  • University of British Columbia, Canada
  • Cardiff University, UK
  • UNSW, Australia
  • University of Technology Sydney, Australia, dan masih banyak lagi

Lantas, apa saja yang akan mahasiswa pelajari di jurusan listrik?

  1. Dasar-dasar Teknik Listrik 

Penting untuk memahami dasar-dasar teknik listrik sebelum memasuki mata perkuliahan yang lebih kompleks. Di luar negeri, banyak universitas yang menawarkan kursus dasar dalam ilmu listrik. Contohnya adalah Deakin University yang ada di Australia. Kursusnya mempelajari hal-hal seperti sirkuit, arus, tegangan, resistansi, dan komponen elektronik. Kamu akan memahami cara listrik bekerja. Selain itu, kamu akan tahu cara mengukur, menghitung, bahkan menganalisis sirkuit listrik sederhana. 

jurusan listrik di luar negeri

  1. Elektronika

Dalam mata kuliah elektronika, mahasiswa akan belajar banyak hal. Hal yang akan kamu pelajari salah satunya adalah perangkat elektronik seperti transistor, dioda, dan op-amp. Selain itu, kamu juga akan belajar cara merancang dan memperbaiki rangkaian elektronik. Keterampilan di mata kuliah ini sangat penting loh dalam bidang industri teknologi dan elektronik. 

  1. Tenaga Listrik 

Tenaga listrik merupakan salah satu aspek penting dalam ilmu listrik. Jurusan listrik biasanya akan menawarkan mata kuliah tentang pembangkit tenaga listrik, distribusi, dan manajemen energi. Kamu akan mempelajari tentang pembangkit dari sumber seperti tenaga air, tenaga nuklir, dan energi matahari. Nggak cuma itu aja, kamu juga akan semakin paham cara mendistribusikan dan mengelola energi listrik dengan efisien. 

  1. Sistem Kendali

Sistem kendali adalah salah satu mata kuliah yang populer di jurusan listrik. Kamu akan belajar cara merancang sistem kendali otomatis untuk mengendalikan perangkat dan proses. Hal ini sudah termasuk penggunaan mikrokontroler, sensor, dan perangkat lunak untuk mengontrol sistem yang kompleks seperti kendaraan otonom atau pabrik otomatis. 

  1. Energi Terbarukan 

Memasuki era modern seperti sekarang, listrik pun juga harus semakin peduli terhadap lingkungan. Energi terbarukan merupakan salah satu mata kuliah yang akan memberikan knowledge kepada mahasiswa tentang teknologi terkini yang ramah lingkungan. Teknologi tersebut meliputi panel surya, turbin angin, dan sel bahan bakar. Nantinya, kamu akan paham cara teknologi ini dapat diintegrasikan ke dalam grid listrik yang ada. 

 

     Mengapa harus kuliah jurusan listrik di luar negeri?

   

       Hm, mungkin akan Vista rangkum agar lebih mudah. Berikut adalah manfaat terbaik saat kamu memutuskan u   untuk kuliah di luar negeri dengan jurusan teknik.

  • Pengalaman kuliah di luar negeri = CV yang lebih apik
  • Privilege sebagai lulusan luar negeri 
  • Koneksi dan circle pertemanan yang jauh lebih luas
  • Kesempatan magang di perusahan multinasional
  • Kurikulum dan fasilitas yang lebih memadai
  • Lebih cakap dan percaya diri
  • Sudah dipastikan ahli berbahasa Inggris.

          Lulusan jurusan listrik banyak bekerja sebagai:

  • Hardware design engineer
  • Electrical Engineer
  • Mechatronics Engineer
  • Control Engineer
  • Network Architect
  • Dosen, dan lain lain

Siap kuliah di luar negeri bareng Vista Education

Konsultan pendidikan seperti Vista Education adalah lembaga swasta yang biasa membantu masyarakat studi di luar negeri dengan lebih aman dan mudah. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, Vista bermitra dengan 200 lebih universitas dari berbagai negara, salah satunya adalah Malaysia. Tim Vista biasa membantu siswa sejak proses pemilihan jurusan, pencarian universitas, update info dan syarat masuk terbaru, membantu proses pendaftaran, admission sampai ke pencarian akomodasi. Iya, semua akan dibantu langsung oleh konsultan berpengalaman. Jadi bakal minim resiko terlambat dan memperluas peluang diterima. Yuk mulai konsultasi gratis dengan Vista sekarang. Klik tombol whatsapp atau isi formulir konsultasi ya!


 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !