Jurusan International Business
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan International Business

Jurusan International Business

International business majors learn how to think globally about the business world. They also learn how to manage multinational businesses and turn local and national companies into international success stories. ~ Jessica Rodarte, VP Finance at Infinite Construction Group

International Business sebenarnya merupakan jurusan bisnis dengan cakupan yang lebih luas. Jurusan ini meminta kita untuk menggunakan kemampuan bisnis dalam konteks global. Bisa berupa transaksi antar negara, aturan perdagangan, pengiriman antar negara dan investasi di pasar saham asing. Tentu saja kita akan belajar standar praktek bisnis, etika, ekonomi makro dan mikro ditambah dengan fokues akuntansi, keuangan atau marketing.

Salah satu dari pelajaran yang sangat penting dalam jurusan ini adalah pengetahuan atas budaya asing. Bisa berupa bahasa, adat-istiadat, tradisi, hukum, kebiasaan dan juga pandangan dari sejarah Negara atau suku bangsa tersebut. Biasanya jurusan ini mewajibkan kemahiran dalam menggunakan satu bahasa asing selain bahasa Inggris tentunya. Contohnya, bahasa mandarin. Bahasa asing akan menjadi asset yang bernilai tinggi sebelum kita memasuki lingkup pekerjaan dalam karir International Business

Karir di International Business

Dengan berkembangnya Pasar Bebas, maka permintaan akan para lulusan Interational Business pun meningkat. Peningkatan ini dibarengi dengan melonjaknya penghasilan tahunan para lulusan. Tentu saja tambahan tahun pengalaman bekerja menjadi patokan peningkatan gaji awal yang dapat dinegosiasikan dengan perusahaan.

Sebagian besar kampus akan menawarkan magang di berbagai penjuru dunia dalam rangka meningkatkan kualitas Anda sebagai lulusan. Hal ini juga akan membantu dalam mencari pekerjaan. Ada sedikit tips, bila terasa cocok, pada saat magang, janjikanlah perusahaan tempat magang bahwa kita akan kembali pada mereka setelah lulus, dan ini akan membuat CV kita jauh lebih bagus setelah bekerja di tahun ketiga.

Apakah Anda cocok masuk jurusan International Business?

Passion tetap menjadi utama dalam memilih sebuah jurusan. Selagi passion masih belum jelas, masih ada ciri-ciri lain yang menjadi tanda bahwa Anda cocok masuk dalam jurusan International business, diantaranya:

  • Senang menulis dan mengarang bebas, baik essay maupun fiksi.
  • Senang bergaul tanpa memandang kultur, etnis dan strata ekonomi tertentu.
  • Memiliki pemahaman secara komprehensif pada fenomena dan trend, terutama di budang ekonomi.
  • Memahami dasar-dasar Ekonomi dunia dan marketing
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Asing.
  • Cepat belajar dan mengaplikasikan sesuatu.

Ciri Kampus yang cocok untuk jurusan International Business

Kalau tadi sudah dibahas soal cocok tidaknya Anda memilih jurusan Bisnis Internasiol, sekarang soal Kampus. Pilihan kampus menjadi sangat penting karena Anda akan menghabiskan –minimal- 2 tahun belajar disana. Jangan sampai waktu itu terbuang sia-sia hanya karena salah memilih jurusan, atau kampus. Berikut ini ada 5 ciri kampus yang memprioritaskan jurusan International Business:

  • Apakah kampus menyediakan magang di perusahaaan multinasional?
  • Bagaimana dengan para pengajar, lulusan mana? Bagaimana komposisinya, lebih banyak praktisi atau akademisi?
  • Seperti apa jenjang karir yang diambil oleh para alumni? Perusahaan mana saja yang sering menerima lulusan/alumni jurusan ini?
  • Apakah jurusan ini terakreditasi oleh suatu asosiasi marketing atau bisnis tertentu?
  • Apakah ada pelajaran bahasa asing di luar bahasa Inggris yang diajarkan.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !