Jurusan Early Childhood Education (ECE), Sudah Pernah Dengar?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Early Childhood Education (ECE), Sudah Pernah Dengar?

Jurusan Early Childhood Education (ECE), Sudah Pernah Dengar?

Kalau kamu suka sama anak kecil, kamu cocok dengan jurusan yang satu ini

Kamu suka dengan anak-anak dan termasuk orang yang cerewet? Kamu bisa ambil jurusan early childhood education. Apa nama jurusan tersebut masih terdengar asing bagimu? Jurusan tersebut sebenarnya sudah lama menjadi primadona para mahasiswa, apalagi bagi mereka yang menyukai anak-anak.

Mahasiswa lulusan jurusan Early Childhood Education (ECE) banyak dicari terutama pada usaha daycare. Sebelum itu, simak dulu yuk seperti apa jurusan ECE itu.


Apa itu jurusan early childhood education?

Jurusan ini merupakan jurusan yang membahas tentang pendidikan PAUD dan sekolah dasar yang semakin eksis saat ini. Peningkatannya pun mencapai 27% dikarenakan adanya kebutuhan tenaga pendidik yang mempu terintegrasi dengan teknologi sesuai kebutuhan sekolah.

Untuk mendapatkan jenjang karir yang bagus, kamu harus mengikuti program berlisensi, seperti Ontario Early Years dan program Parenting and Family Literacy, juga program penitipan anak berbasis rumah.


Materi yang dipelajari

Pada jurusan ECE, kamu akan mempelajari materi-materi tingkat dasar seperti materi pengenalan jurusan, cognitive development, language and literacy for ECE, dan kurikulum ECE.

Kemudian, untuk mata kuliah selanjutnya, kamu akan mempelajari psikologi anak, science in ECE, keluarga dan komunitas relasi, teknologi pendidikan, dan creative movement and physical development in ECE.

Supaya bisa memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak, jurusan ini juga akan mengajarimu tentang safety health and nutrition in ECE, quality physical environment in ECE serta mengajakmu untuk melakukan riset terhadap early childhood education.

Oleh karena itu, kamu akan mengerti bagaimana cara anak-anak belajar tentang pentingnya hubungan yang responsif, lingkungan belajar berbasis permainan, penyusunan dokumentasi pedagogis oleh anak, keluarga dan masyarakat.


Peluang karir yang luas

Lulusan jurusan Early Childhood Education bisa jadi apa aja sih? Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai guru PAUD, primary school teacher, psikoterapis untuk anak, atau asisten pengajar.

Guru PAUD terlihat biasa saja. Namun, jika sudah bekerja atau mengajar di luar negeri, seperti Australia misalnya, kamu akan memperoleh gaji yang cukup besar mencapai AUD 54.062 per tahun atau setara dengan IDR 572 juta, dan masih bisa meningkat lagi.

Kamu sendiri bisa buka usaha daycare atau tempat penitipan anak. Biasanya anak yang diasuh mulai dari yang berumur 3 bulan sampai 5 tahun. Oleh karena tanggung jawab yang dipikul sangat besar, kamu membutuhkan lisensi. Selain lisensi, usaha daycare juga perlu diasuransikan untuk melindungimu dari kecelakaan, kerusakan, atau kewajiban terkait pengasuhan anak.


Biaya kuliah jurusan early childhood education di luar negeri

Di Australia, contohnya Edith Cowan University, ECE program bachelor degree membutuhkan total biaya sekitar AUD 123.000 atau setara IDR 1.300 juta. Di Kanada, jurusan ECE dengan program bachelor degree membutuhkan rata-rata total biaya kuliah sebesar CAD 28.500 atau setara IDR 325,8 juta.

Negara Selandia Baru memiliki sejumlah kampus dengan jurusan ECE yang rata-rata total biaya kuliahnya adalah sebesar NZD 92.025 atau setara dengan IDR 927 juta.

Atau kamu bisa mengambil program diploma di Australia dengan durasi belajar 2 tahun, kamu hanya membutuhkan biaya sebesar AUD 22.000 atau setara dengan IDR 232 juta.

Berbagai universitas di luar negeri dengan jurusan early childhood education yang bisa kamu pertimbangkan ialah:

  • University of South Carolina
  • University of Manitoba
  • Edith Cowan University
  • UCSI University

Tertarik, tapi masih bingung dan punya banyak pertanyaan? Konsultasikan dulu dengan Vista Education yuk!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !