Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Desain Komunikasi Visual di luar negeri

Jurusan Desain Komunikasi Visual di luar negeri

Ulas lengkap jurusan DKV

Tertarik dengan jurusan desain dengan jenjang karir lebih luas? Kamu bisa banget nih kuliah di jurusan desain komunikasi visual (DKV). Jurusan DKV memiliki lapangan kerja yang cukup luas dibanding jurusan desain biasanya. Tahukah kamu? Jurusan DKV yang paling worth it ada di luar negeri. Banyak keunggulan yang bisa didapat, yaitu teknologi, koneksi dan karir setelah lulus kuliah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian desain komunikasi visual, materi, serta kampus luar negeri mana yang menyediakan jurusan DKV terbaik.

Apa itu jurusan desain komunikasi visual?

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dengan ungkapan kreatif, serta teknik dalam media. Jurusan ini memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu (sebagai informasi atau persuasi untuk mempengaruhi perilaku konsumen).

Kamu yang belajar tentang desain komunikasi visual tidak hanya mempelajari tentang desain, tetapi juga cara mempengaruhi perilaku seseorang melalui karya seni untuk mencapai tujuan.

Materi kuliah jurusan desain komunikasi visual

Ada kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa jurusan DKV, yaitu kemampuan menggambar dan kemampuan mengoperasikan software gambar. 

Oleh karena itu, mahasiswa DKV harus bisa menggambar menggunakan kertas dan pensil, juga Pen Tablet atau Wacom.

Tak lupa, ada beberapa jenis software yang harus dikuasai untuk jurusan DKV adalah Adobe Photoshop, Adobe Premier, Adobe InDesign, Adobe Illustrator, CorelDraw, SketchUp, dan sejenisnya.

Dalam jurusan ini, kamu bisa memilih bidang yang lebih spesifik lagi pada tahun ke-3 duduk di bangku perkuliahan, antara lain komunikasi grafis, komunikasi multimedia, dan komunikasi visual periklanan.

Materi kuliah yang akan kamu pelajari di antaranya adalah rupa dasar 2D, DKV aplikatif, pengantar rekayasa dan desain, narasi visual, motion graphic, fotografi, dan media interaktif.

Jenjang karir mahasiswa DKV

Mahasiswa lulusan jurusan DKV dapat membantu mengeksplorasi dunia desain lebih dalam. Prospek kerjanya menjanjikan dan sering dicari oleh perusahaan besar karena jurusan ini dapat menguasai ilmu desain dari sudut pandang bisnis.

Seorang lulusan jurusan desain komunikasi visual dapat bekerja di production house, agensi humas dan periklanan, media, hingga kerja di departemen pemerintah, perusahaan teknologi, UKM, sampai perusahaan multinasional.

Kesempatan bekerja di perusahaan besar sangat bear sebab mereka membutuhkan jasa seorang yang berlatar belakang DKV untuk melancarkan bisnisnya.

Kampus luar negeri dengan jurusan desain komunikasi visual

Kamu yang ingin kuliah di luar negeri dengan jurusan desain komunikasi visual terbaik berada di Raffless Design Institute Singapore, De Monfort University UK, Billy Blue University dan JMC Academy di Australia

Bingung gimana cara kuliah di luar negeri atau pilih Universitas DKV terbaik? Ayo chat konsultan pendidikan Vista Education, atau hubungi kami lewat whatsApp ya