Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Culinary Management

Jurusan Culinary Management

Seperti ini lho jurusan culinary management, lengkap dengan materi pembelajaran, prospek kerja dan kampus terbaik dengan jurusan culinary management

Apa saja yang kamu tahu tentang kuliner? Cabang jurusan kuliner ada bermacam-macam, mulai dari culinary management, culinary arts, hingga culinary business. Dari macam-macam jurusan kuliner tersebut, semuanya memiliki perbedaan lho.

Jika kamu ingin jurusan yang lebih menonjolkan tentang kesenian, kamu bisa memilih culinary arts. Atau kamu ingin jurusan kuliner yang berkaitan dengan bisnis, maka kamu bisa memilih jurusan culinary business. Sedangkan jika kamu berminat pada jurusan kuliner dengan pengelolaannya terhadap bisnis, kamu bisa memilih culinary management.

Jurusan culinary management kurang populer di Indonesia, sehingga jurusan ini banyak tersedia di universitas luar negeri. Nah, sebelum itu, ketahui dahulu seperti apa jurusan culinary management, materi yang dipelajari, dan prospek kerjanya berikut ini.


Seperti apa sih jurusan culinary management itu?

Jurusan culinary management atau manajemen kuliner adalah jurusan yang mengombinasikan kemampuan praktik dan teknik yang nantinya akan digunakan di dapur komersial dengan aspek bisnis dan manajemen dalam menjalankan restoran. Jadi, jurusan ini tidak akan banyak membahas tentang masakan, tetapi lebih ke dalam pengelolaan bisnis suatu restoran atau tempat makan.

 

Materi yang dipelajari pada jurusan culinary management

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari apa saja sih? Jadi, disini kamu akan belajar cara mengelola restoran dan bertanggungjawab atas perencanaan, pemasaran, pengembangan bisnis. Ada juga aspek lain yang dipelajari dalam jurusan ini, yaitu pengembangan menu, keselamatan are dapur, sumber daya manusia, hingga pengelolaan di bagian muka restoran.

Dilihat dari jenis bidang yang dipelajari, kamu sudah tahu bukan, bahwa jurusan ini mencakup hal-hal yang berguna untuk mengoptimalkan kinerja restoran atau bisnis kuliner. Jika kamu tidak hanya suka memasak, tetapi juga suka berbisnis kuliner, maka jurusan ini tepat untuk kamu pelajari.

Mata kuliah pada jurusan manajemen kuliner ini antara lain kewirausahaan, hukum pariwisata, manajemen SDA, operasional tata boga, supervisi tata boga, room division knowledge, pemasaran hospitality, hingga franchise management.


Prospek kerja dari jurusan culinary management

Setelah lulus kuliah jurusan culinary management, kira-kira kamu bisa bekerja sebagai apa nih? Kamu bisa bekerja sebagai chef, baker, dan bekerja di industri katering untuk mengelola usaha kuliner pesanan dari persiapan dan pemilihan bahan baku hingga penyajian dan pelayanan kepada pelanggan.

Selain itu, kamu bisa menjadi pengusaha kuliner, membangun restoran atau kafe. Berbeda dari pengusaha katering, pengusaha kuliner lebih kompleks dan harus telilti karena usaha ini berjalan setiap hari.


Universitas dengan jurusan culinary management terbaik

Karena jurusan culinary management banyak terdapat di kampus luar negeri, maka berikut ini adalah universitas luar negeri dengan jurusan culinary management terbaik.

Di Australia, kamu bisa menemukan jurusan culinary management terbaik di Torrens University, University New South Wales Global (UNSW Global), William Angliss Institute dan Le Cordon Bleu.

Di Kanada, kamu akan menemukan jurusan culinary management terbaik di Humber College, Georgian College, dan Conetoga College.

Sedangkan di New Zealand, kamu bisa masuk jurusan culinary management di North Shore International Academy (NSIA). Kalau tidak ingin jauh dari Indoensia, kamu bisa memilih kuliah di Dimesion International College di Singapura atau di Sunway University, Malaysia.


Nah, kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri dengan jurusan culinary management? Kamu bisa hubungi Vista Education untuk konsultasi tentang culinary management dan rekomendasi universitas-universitasnya.