Jurusan Actuarial Science

Bedah Tuntas Jurusan Jurusan Actuarial Science

Jika kamu penasaran dan ingin mempelajari bagaimana penghitungan premi asuransi maka jurusan Ilmu Aktuaria akan cocok untukmu. Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Jurusan Aktuaria bisa disebut sebagai Matematika Asuransi.

Orang yang ahli dalam Aktuaria disebut aktuaris, yang tergabung dalam perserikatan kerja bernama Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Organisasi ini memiliki kurang lebih 500 anggota di seluruh Indonesia. Dapat dikatakan bahwa profesi ini masih langka. Hanya ada kurang dari 20.000 aktuaris di Amerika Utara yang kebanyakan berada di jajaran manajemen atas dan posisi eksekutif.

Jika kamu memilih jurusan ini maka kamu akan mempelajari beberapa bidang, yaitu:

1.       Akuntansi 

2.       Matematika Finansial

3.       Peluang dan Statistika

4.       Mikroekonomi dan Makroekonomi

5.       Pemodelan dan Teori Risiko

6.       Pemodelan dalam Industri Asuransi

Perlu diketahui bahwa aktuaris hanya akan mencapai status profesional dengan lulus serangkaian ujian yang selenggarakan oleh Casualty Actuarial Society (CAS) atau Society of Actuaries (SOA). Jika kamu mengambil jurusan Ilmu Aktuaria, maka kemungkinan besar kamu akan bekerja di industri asuransi. Aktuaris bertugas untuk memprediksi atau mencari suatu keuntungan melalui perhitungan yang tepat sehingga dapat meminimalkan risiko. Beberapa profesi yang bisa kammu pilih diataranya: 

1.       Actuarial associate

2.       Actuary manager

3.       Recruitment analyst

4.       Health Insurance actuaries

5.       Life insurance actuaries

6.       Property and casuality insurance actuaries

7.       Retirement actuaries

8.       Enterprise risk actuaries

Beberapa universitas terbaik untuk program kuliah sarjana dan magister Ilmu Aktuaria yaitu Columbia University, Heriot Watt University, UNSW Australian School of Business, The University of Hongkong, Nanyang Business School, dan Sunway University.

Ingat, ya, jangan pernah membeli kucing dalam karung. Jangan memilih jurusan tanpa benar-benar memahami tentang jurusan tersebut. Kamu harus mencari informasi mengenai mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari dan bagaimana prospek karir ke depannya. Jangan ragu untuk mulai berdiskusi dengan konsultan Vista Education. Tenang, mereka akan membantu kamu untuk memilih jurusan yang tepat dan universitas di luar negeri mana yang cocok untukmu. Hubungi sekarang !