Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Daftar Kuliah Luar Negeri

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Daftar Kuliah Luar Negeri

Saat mendaftar kuliah di luar negeri, kamu harus menghindari kesalahan-kesalahan berikut.

Saat mendaftar kuliah di luar negeri, ada banyak yang harus kamu perhatikan dan perlu kamu hindari lho. Sudah tahu belum apa saja yang harus kamu perhatikan supaya semua prosesmu berjalan dengan lancar?

Ada banyak banget orang yang melakukan kesalahan saat daftar kuliah luar negeri, simak baik-baik dan hindari kesalahan ini ya!

1. Memilih orang yang salah untuk surat rekomendasi

Surat rekomendasi adalah surat yang diberikan oleh seorang pimpinan atau orang yang berwenang untuk memberikan keterangan atas suatu pribadi atau organisasi. Kamu membuat surat rekomendasi ini untuk menunjukkan bahwa orang lain pun telah mengakui kemampuan atau potensi dalam dirimu.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh salah memilih orang. Orang yang penting dan memiliki jabatan yang tinggi memang bagus, tapi lebih bagus lagi jika orang tersebut mengenal betul tentangmu dan mengetahui bakat minat yang kamu miliki sehingga dapat membantumu memperoleh bangku di perkuliahan.

 

2. Lupa mengecek kondisi lingkungan universitas

Sebelum mendaftar kuliah di luar negeri, apa saja sih yang kamu perhatikan? Kebanyakan calon mahasiswa hanya take a note untuk jurusan, universitas, biaya dan fasilitas kampus saja. Jangan lupa untuk mencari tahu lingkungan tempat belajarmu kelak ya! Meskipun terdengar remeh, masa adaptasimu nanti akan sangat bergantung pada step ini. 

Jika bingung, kamu bisa tanyakan ke konsultan pendidikan seperti Vista Education. Mereka akan senantiasa membantu mencarikan kampus dengan lingkungan yang paling cocok buat kamu. Ceritakan lingkungan hidup seperti apa yang kamu hendaki. Entah di pusat kota, pesisir pantai, pegunungan atau lingkungan yang lain. Mereka siap memberimu pilihan terbaik!

 

3. Tidak membaca ulang CV dan motivation letter

Mungkin memang sepele, tetapi membaca ulang apa yang sudah kamu kerjakan sangat penting untuk mengoreksi dan memperbaiki kesalahan sebelum akhirnya harus kamu serahkan. Seperti halnya menulis CV dan motivation letter. Setelah menulisnya, kamu harus membaca ulang lagi. Mengapa?

Tentu saja kamu harus memeriksa tatanan bahasa, grammar, typo, hingga tanda bacanya. Jika kamu membuatnya dalam bahasa Inggris, kamu harus ekstra hati-hati dalam penerjemahannya. Maka dari itu, baca ulang (proofreading) sangat penting untuk diterapkan.

 

4. Merekayasa kegiatan dan pengalaman

Menjadi calon mahasiswa luar negeri pasti mendorong seseorang untuk menjadi lebih baik dan lebih berpotensi supaya menonjol di antara yang lain. Sebenarnya kamu bisa mengintrospeksi diri dan menemukan kelebihanmu, serta tetap terlihat humble.

Namun, jangan sekali-sekali terpikirkan untuk merekayasa kegiatan dan pengalaman ya. Maksudnya, kamu tidak perlu membuat cerita bahwa kamu aktif berorganisasi, mengikuti magang dengan rajin, atau yang lainnya.

Jika memang sebelumnya kamu belum banyak ikut kegiatan sekolah, kamu bisa menceritakan bahwa kamu memang sedang memfokuskan diri pada persiapan kuliah di luar negeri. Ceritakan bahwa kamu juga lebih mengintrospeksi diri dan memiliki keinginan yang kuat untuk mengembangkan potensi yang kamu punya. Cara ini dianggap lebih baik dan bijak daripada merekayasa kegiatan dan pengalamanmu.

 

5. Masih nyaman dengan deadline mepet

Kalau kamu tipe orang yang suka melakukan SKS (Sistem Kebut Semalam), sebaiknya mulai buang kebiasaan tersebut. Mendaftar kuliah di luar negeri membutuhkan banyak persiapan dan dokumen pendukung.

Mulai dari surat rekomendasi, visa, penulisan motivation letter, dan CV. Semuanya tidak bisa dikerjakan dan diselesaikan secara mendadak. Kamu membutuhkan waktu untuk memrosesnya, terlebih jika ada kendala yang tidak terduga. Jadi, meskipun deadline pendaftaran perkuliahan masih lama, kamu harus segera menyelesaikan administrasinya secepat mungkin.

Menurut konsultan pendidikan Vista Education, kamu sudah bisa mulai berdiskusi dan mempersiapkan semua hal sejak naik ke kelas 12. Jika tidak, ada kemungkinan kamu perlu ambil gap year. Bukan ide yang bagus bukan? Ayo mulai konsultasi secepatnya!

 

Nah, apa ada yang kamu lewatkan? Bangun sikap disiplin yuk dan tingkatkan ambisi untuk kuliah di luar negeri. Jika kamu butuh konsultasi, jangan sungkan menghubungi Vista Education yang siap membantumu!