Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jangan Keliru! 6 Universitas Ini Punya Jurusan Bisnis Terbaik

Jangan Keliru! 6 Universitas Ini Punya Jurusan Bisnis Terbaik

Universitas dengan jurusan bisnis terbaik di luar negeri, apa saja sih? Daripada bingung memilih, mending kamu baca ini.

Gimana ya cara menjadi pebisnis handal? Kamu bisa kuliah di sejumlah universitas yang punya jurusan bisnis terbaik. Universitas di luar negeri dengan jurusan bisnis akan memberikan kamu kesempatan untuk membuat usaha yang inovatif dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

Ada beberapa universitas dengan jurusan bisnis terbaik yang bisa dijadikan referensi kampus bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri. Daripada terus penasaran, ini loh jajaran universitasnya.


1. University of Pennsylvania (UPenn)

University of Pennsylvania terletak di Philadelphia. Universitas ini menduduki peringkat ke 13 dunia menurut QS World University Rankings 2022. Universitas ini memiliki sekolah bisnis yang bernama Wharton Business School. Wharton Business School ini memberikan gelar diploma, sarjana, master, hingga doktor.

UPenn pun memiliki jurusan terbaik selain bisnis, yaitu akuntansi, keuangan, marketing, dan real estate. Salah satu universitas Ivy League yang memberikan fasilitas terbaik untuk mahasiswanya. Mahasiswa dapat mencoba pengalaman langsung untuk memulai bisnis sendiri di Wharton Leadership Venture dengan Penn Wharton Entrepreneurship.

Untuk biaya kuliah di University of Pennsylvania diperkirakan mencapai sekitar USD 57.750 atau setara dengan IDR 831 juta yang dibayarkan per tahunnya. Untuk biaya lainnya seperti biaya kamar dan boarding, biaya yang diperlukan sekitar USD 16.190 atau setara dengan IDR 233 juta.

2. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Tak cuma terkenal karena jurusan tekniknya, Massachusetts Institute of Technology juga terkenal dengan sekolah bisnisnya. Sekolah bisnis yang ada MIT bernama The Sloan School of Management. Sekolah bisnis ini menawarkan jurusan akuntansi, ekonomi, keuangan, manajemen umum, perpajakan, hingga marketing.

Fasilitas yang diberikan untuk mahasiswa jurusan bisnis MIT Sloan adalah Action Lab. Action Lab merupakan lab yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan di perusahaan yang ada di Amerika Serikat, India, dan China. Sekitar 96% lulusan sarjana MIT Sloan mendapatkan pekerjaan setelah lulus dan mendapat gaji hingga USD 150.000.

Lulusan MIT Sloan banyak yang menjadi presiden dan CEO perusahaan, salah satunya adalah Hewlett-Packard dan Carly Fiorina. Biaya kuliah jurusan bisnis di MIT Sloan adalah sebesar USD 12.861 atau sebesar IDR 185 yang dibayarkan per semesternya.

3. University of California-Berkeley (UCB)

Jurusan bisnis yang terbaik juga ada di University of California-Berkeley. Di universitas ini terdapat sekolah bisnis yang bernama Haas School of Business. Sekolah bisnis UCB ini terletak di San Francisco. Mahasiswa dapat mencari program magang di pusat bisnis besar di sekitar kampus, seperti Google dan Visa.

UCB memiliki Global Management Program untuk mahasiswa yang ingin belajar tentang bisnis dari perspektif global. Ada pula program bisnis musim panas yang berjalan selama 6 minggu, yaitu BASE Summer (Business for Art, Science, and Engineering). Kampus ini juga menyediakan fasilitas pusat penelitian yang luar biasa, yaitu Asia Business Center dan Fisher Center for Real Estate and Urban Economics.

Biaya kuliah di University of California-Berkeley adalah sebesar USD 34.222 atau setara IDR 492 juta yang dibayarkan per semester. Mahasiswa internasional tidak perlu khawatir ingin tinggal dimana karena pada tahun-tahun pertamanya, mahasiswa bisa tinggal di asrama.

4. Coventry University

Kuliah bisnis di Coventry University juga sangat worth it lho! Di sini, mahasiswa jurusan bisnis dapat menambah 1 tahun durasi belajar, sehingga total mahasiswa menempuh pendidikan adalah 2 tahun.

Di Coventry University, mahasiswa diajak melakukan professional experience untuk mempraktikkan teori-teori yang telah dipelajari di bangku perkuliahan. Meskipun waktu pendidikannya sebentar, banyak pembelajaran yang bisa kamu dapat nih.

5. University of Leeds

Universitas negeri yang terletak di England ini termasuk ke dalam 100 besar universitas terbaik di dunia. Mahasiswa yang mendaftar di kampus ini lebih dari 9.000 setiap tahunnya. University of Leeds juga mendapat triple accreditation yang hanya sedikit Business School yang mendapatkannya, yaitu AACSB, AMBA, dan EQUIS.

6. University of Stirling

Di UK, University of Stirling masuk ke dalam 10 besar kampus terbaik dalam jurusan economics, marketing, and human resources management. Universitas yang berlokasi di Skotlandia ini juga masuk ke dalam 5 besar di Skotlandia dalam jurusan business studies, accounting and finance.


Kuliah jurusan bisnis cukup dibutuhkan sebagai bekal mahasiswa yang ingin menjadi pebisnis andal. Banyak pula benefit yang bisa didapat setelah lulus dari universitas dengan jurusan bisnis terbaik lho! Kamu berminat mendaftar tapi masih bingung mau mulai dari mana? Yuk hubungi Vista Education yang siap bimbing kamu dari nol.