Isu Biaya Kuliah di Australia Mahal Cek Fakta Berikut

Apa benar kuliah di Australia itu mahal. Lalu, apa aja emang yang ditawarkan?

Australia menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin merasakan pendidikan kualitas dunia tanpa harus hijrah terlalu jauh. Australian National University, The University of Melbourne, The University of Sydney, The University of New South Wales (UNSW Sydney), The University of Queensland, Monash University, dan The University of Western Australia, adalah deretan kampus bergengsi di Australia yang masuk dalam 100 besar QS University Rankings 2020.

Tapi kabarnya biaya kuliah di Australia itu tinggi, ditambah biaya hidupnya yang juga tak murah. Apa benar seperti itu, ya? Nah, sebelum kamu mengambil kesimpulan bahwa kuliah di Australia itu mahal, lebih baik cek dulu fakta-fakta berikut ini:

Biaya kuliah di Australia super variatif

Menurut survey biaya kuliah di Australia berdasarkan jumlah rata-rata termasuk biaya pendidikan dan biaya hidup berkisar AUD 42,000 atau IDR 473 juta. Biaya kuliah di Australia tergantung pada pilihan universitas dan program yang kamu ambil. Universitas ternama (group of eight) seperti ANU atau Melbourne University akan relatif lebih mahal daripada universitas di kota-kota kecil di Australia, seperti University of Wollongong atau University of Newcastle. Jadi, tidak semua kampus bagus di Aussie itu mematok biaya tinggi, ya.

Gelar S1 di Australia bisa didapat hanya dalam waktu 3 tahun

Kamu bisa mendapatkan gelar sarjana dalam waktu 3 tahun. Bhkan ada yang menawarkan S1 dalam 2.5 tahun saja, lho! Kalian juga bisa mendapatkan 2 gelar (yang related) dalam waktu 3 tahun. Menarik, kan? Kamu bisa tamat lebih cepat dan biaya yang kamu keluarkan akan lebih sedikit.

Kuliah di Australia cepat balik modalnya

Artinya adalah seberapa cepat kamu bisa mendapatkan investasi kuliahmu kembali, setelah menyelesaikan studi kuliahmu. Kalau kamu diterima bekerja di Australia setelah lulus maka kamu bisa mendapatkan investasi kuliah dalam tiga hingga empat tahun. Cepet balik modal guys

Sepadan dengan kualitas pendidikan yang kamu dapatkan

Berdasarkan www.studyinaustralia.gov.au, Austalia memastikan bahwa mereka memberikan premium quality untuk kurikulum, fasilitas, dan bahkan tenaga pengajar. Lembaga akademik di Australia juga mendapatkan ulasan yang baik dari sisi kepuasaan pelajar, kelayakan kerja, serta kualitas hidup.  Jadi biaya yang kamu rasa mahal sebenarnya akan sepadan dengan kualitas dan fasilitas pendidikan yang kamu dapatkan disana.

Mahasiswa juga dapat menghasilkan uang tambahan dengan bekerja paruh waktu sekitar 40 jam seminggu yang di izinkan oleh pemerintah Australia. Tersedia juga beragam beasiswa untuk meringankan biaya kuliah, bahkan biaya hidup, seperti Australian Awards, Australia-Indonesia Alumni Forum, dan Elizabeth O’Neill Award.

Itu dia beberapa fakta yang perlu kamu tau tentang kuliah di Aussie. Munurutmu bagaimana, mahalkah biaya kuliah disana? Jika membutuhkan informasi lebih komplit, cuss hubungi konsultan pendidikan Vista Education. Kami siap membantu kapan saja! Chat kami via whatsapp atau isi form konsultasi ya!