Intip Kehidupan Mahasiswa yang Kuliah di Kanada yuk!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Intip Kehidupan Mahasiswa yang Kuliah di Kanada yuk!

Intip Kehidupan Mahasiswa yang Kuliah di Kanada yuk!

Jadi mahasiswa internasional di Kanada? Seseru apa sih?

Melipir dari USA, Kanada tak kalah menarik sebagai destinasi kuliah di luar negeri. Kanada menawarkan kualitas pendidikan unggulan ditambah biaya hidup yang lebih affordable. Faktanya, biaya kuliah di Kanada lebih sedikit dibandingkan USA, UK dan Australia loh. Kamu perlu menyiapkan CAD 33,623 per tahun, atau sekitar 383 juta rupiah. Sedangkan USA mencapai sekitar 500 juta setiap tahunnya.

Gak heran, Kanada banyak diburu mahasiswa internasional. Salah satunya anak-anak Indonesia. Data dari UNESCO, Kanada masuk dalam 10 besar negara favorit siswa asal Indonesia untuk kuliah di luar negeri. 

Wah! gak perlu khawatir. Adaptasi mu akan lebih mudah bersama teman dari kampung halaman yang sama. Apa saja sih yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa internasional di Kanada nanti? Yuk kita intip bareng.

Baca juga: Pilih Kuliah di Kanada atau UK?

Kuliah di Kanada 

Perkuliahan di Kanada dibagi menjadi 3 semester: 

  1. Semester Musim Gugur (akhir Agustus/awal September hingga Desember/Januari)
  2. Semester Musim Dingin (Januari hingga April)
  3. Semester Musim Panas (April/Mei hingga Juli)


Mahasiswa dapat mengambil 5 mata kuliah dalam 1 semester. Setiap mata kuliah terdiri dari kelas berdurasi 2 jam /minggu. Rata-rata mahasiswa akan belajar selama 6 jam/hari di kampus.

Perguruan tinggi di Kanada secara umum dibagi menjadi 2. College dan universitas.  Kuliah kejuruan atau vokasi dikenal dengan college. Mahasiswa college akan menempuh kuliah selama 2-3 tahun untuk mendapat gelar diploma. Mereka bisa melakukan transfer ke universitas umum, dan menambah 2 tahun lagi untuk gelar bachelor. Sedangkan universitas di Kanada seperti halnya universitas di negara lain. Mahasiswa perlu menyelesaikan studinya dalam 4 tahun untuk bachelor dan tambah 2 tahun untuk kejar gelar master. Beberapa universitas di Kanada rekomendasi dari Vista Education adalah University of British Columbia dan University of Canada West (UCW)

 

( Gedung University of British Columbia)

Akomodasi Pilihan di Kanada

Mahasiswa internasional di Kanada bisa memilih beberapa tipe tempat tinggal untuk beristirahat. Biasanya, mahasiswa semester awal akan tinggal di asrama atau residence. Fasilitas asrama di dalam sebuah kampus berbeda antara satu dan lain. Namun, rata-rata akan dilengkapi dapur umum, area mesin cuci dan kantin bersama. Biaya asrama di Kanada sekitar CAD$3000-$7500 ( mulai dari IDR 5 juta/bulan dibayar setiap semester). Setelah cukup hafal dengan lingkungan sekitar, kamu bisa menyewa apartemen dan rumah yang bisa ditinggali bersama kawan. Biaya yang perlu kamu siapkan untuk pilihan kedua ini sekitar CAD$250-700 (Mulai dari IDR 3 juta/bulan). Selain itu ada yang namanya homestay atau tinggal bersama keluarga lokal dengan biaya sekitar  CAD$400-800.

Liburan! Cobain berbagai atraksi menarik di Kanada

  1. Seru-seruan main salju

Nyobain aneka olahraga musim dingin seperti sky dan snowboarding adalah aktivitas paling ditunggu. Maklum, kita tinggal di daerah tropis yang tak memiliki salju. Selain itu masih ada banyak olahraga musim dingin lain yang bisa kamu coba, antara lain ice skating, curling, dan memancing di danau beku. 

  1. Kemah musim panas

Para mahasiswa juga kerap menghabiskan waktu liburan dengan berkemah. Terutama saat musim panas. Seru juga loh! Beberapa tempat camping yang bisa kamu pilih adalah Waterton Lakes National Park di Alberta, Lake Superior Provincial Park dan Silent Lake Provincial Park di Ontario. 

  1. Nongkrong 

Ngopi di Tim Hortons. Sebuah kedai kopi dan donat terkenal di Kanada. Sering menjadi tempat pilihan mahasiswa internasional atau warga lokal sebagai tempat nongkrong. Apakah ada pilihan lain? Ada banget! Para mahasiswa internasional bisa memilih area entertainment seperti bowling alley, billiard club atau cafe.

 

  1. Kulineran

Untuk masalah perut, mahasiswa internasional bisa memilih aneka fast food seperti MCD. Rindu masakan asia? Kamu bisa berkunjung ke area china town yang banyak tersebar di penjuru kota.

Ambil Part-time saat kuliah di Kanada untuk tambahan uang saku

Sesuai peraturan bagi pemegang VISA study permit, mahasiswa internasional di Kanada boleh ambil part-time maksimal 20 jam/minggu. Untuk fee, kamu bisa mendapat sekitar CAD$15/jam belum jika ada tambahan tip. Beberapa contoh pekerjaan part-time yang bisa dipilih adalah freelance data entry, pegawai restaurant, cafe dan brand-brand fashion seperti H&M

Mulai berkuliah di Kanada dengan Vista Education

Pengen rasain sendiri gimana serunya jadi mahasiswa di Kanada? Yuk mulai atur langkahmu sekarang! Vista Education adalah konsultan pendidikan yang siap membantu segala proses kuliahmu di luar negeri menjadi mudah dan aman. Isi form konsultasi atau hubungi kami lebih cepat via whatsapp

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !