Ini Alasan Kamu Harus Punya Akun LinkedIn Sebelum Lulus

Ini Alasan Kamu Harus Punya Akun LinkedIn Sebelum Lulus

Punya akun LinkedIn akan mendapat banyak manfaat lho, terutama untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan potensimu. Maka dari itu, sebaiknya kamu memiliki akun LinkedIn ini bahkan sebelum lulus studi.

Bagaimana cara kamu melamar pekerjaan? Sebagian besar orang masih sering mencari pekerjaan di media sosial, website yang itu-itu aja atau melalui informasi yang disebar oleh teman. Padahal ada cara yang lebih baik untuk melamar pekerjaan, dan caranya pun sangat mudah, yaitu melalui LinkedIn.

LinkedIn merupakan aplikasi atau platform yang digunakan untuk mencari atau membuka lowongan pekerjaan secara luas. Platform ini sangat mempermudah para calon pekerja untuk mencari pekerjaan atau perusahaan yang cocok dengannya. Selain itu, cara mengoperasikannya sangat gampang.

Akan lebih baik jika kamu memiliki akun LinkedIn bahkan sebelum lulus kuliah. Apa alasannya? Simak berikut ini.

LinkedIn berisi para profesional dan lowongan kerja 

Siapa yang gak mau dapat penawaran kerja bahkan sebelum lulus? Nah! Selain punya CV yang menarik, kamu juga perlu memiliki akun linkedIn. Atur akun linkedIn-mu sedemikian rupa agar mendapat banyak koneksi. Semakin banyak koneksi yang kamu miliki, semakin banyak pula kesempatan kerja yang bisa kamu peroleh.

Kamu juga boleh menulis sesuatu, membagikan pengalaman atau share postingan orang lain. Biasanya, semakin aktif kamu di linkedIn, maka semakin besar potensimu untuk di-notice para recruiter. Oh ya! Jangan lupa follow akun-akun perusahaan yang kamu incar. Jika kamu ingin bekerja di dunia pendidikan, kamu bisa ikuti akun Vista Education juga ya!

Cek tren lowongan kerja dan kualifikasi yang wajib dimiliki

Dengan adanya akun LinkedIn, kamu juga bisa mendapat update bidang pekerjaan apa saja yang sedang banyak dicari. Selain itu, kamu bisa mencatat kualifikasi apa saja yang dibutuhkan. Jika belum punya, kamu bisa mempersiapkannya segera. Contoh, jika kamu mengincar posisi social media specialist di Vista Education, kamu bisa tulis di bio bahwa kamu adalah seorang social media savvy, menguasai beberapa aplikasi pendukung seperti socialbakers dan facebook creator studio. Kamu ingin posisi guru? Jangan sungkan tulis sertifikasi apa saja yang kamu punya.

LinkedIn juga memiliki fitur easy apply yang memudahkan penggunanya dalam melamar pekerjaan. Jadi, hanya dengan sekali klik, resume mu siap untuk di-review

LinkedIn sering menjadi acuan seseorang dalam mencari profil

Tahukah kamu? Salah satu cara untuk kepoin profesi seseorang adalah dengan mencarinya di LinkedIn. Mereka yang profilnya dapat ditemukan di platform ini juga selalu mendapat impresi yang jauh lebih baik. Yap, dianggap paham dengan perkembangan atau orang bilang kekinian.

Oleh karena itu, siapkan profil dengan baik, gunakan bahasa yang membangun dan confincing secara positif. Kamu bisa menunjukkan apa saja keahlian kamu, pengalaman yang kamu miliki, dan menjelaskan betapa antusiasnya dirimu untuk mulai bekerja. 

Memperluas network dan pamer kemampuan

Salah satu alasan kamu harus punya akun LinkedIn sebelum lulus adalah untuk memperluas jaringan pertemanan, membentuk relasi dan memberitahu dunia bahwa kamu adalah kandidat potensial. Belum lulus aja udah connect dengan orang-orang hebat di LinkedIn, wah! Dijamin nguntungin.
Jangan lupa, linkedIn memiliki kuis gratis yang bisa kamu akses kapan saja. Jika kamu lolos, kamu bisa menampilkannya di laman profil sebagai nilai tambah. Jika belum pun tak apa, ada fitur menyembunyikannya kok, hehe.

Mendapatkan banyak teori, wejangan dan pengalaman orang lain

Tak sedikit pengguna linkedIn yang sering berbagi cerita. Mereka biasanya menulis tips & trick dan cerita inspirasi. Banyak recruiter juga gemar menuliskan cerita unik seputar interview bersama para calon pekerja. Pengalaman diatas tidak akan kamu dapatkan di buku manapun. Berbagai macam teori dan tips meningkatkan skill juga bisa kamu dapatkan secara gratis. LinkedIn juga memiliki fitur save postingan agar kamu bisa mempelajarinya kembali di kemudian hari. 


Nah, untuk melamar pekerjaan atau menyiapkan profil kerja yang baik, kamu bisa mulai membuat akun LinkedIn dari sekarang. Tidak masalah jika kamu belum menyelesaikan studi, setidaknya kamu bisa membangun relasi dan membuat profil dari awal dengan baik. Oh ya, connect ke LinkedIn Vistaeducation ya! Ada posisi part-time dan freelancer bahkan untuk kamu yang sedang menunggu lulus loh! Yuk buat akun LinkedIn sekarang!