Ini Alasan Jurusan Musik Patut Diperjuangkan

Mengapa Harus Jurusan Musik ?

Apakah kamu ingin masuk jurusan seni musik tapi terhalang restu orang tua? Yap, memang terkadang keinginan anak tidak selalu sama dengan harapkan orang tua. Stigma kuliah di jurusan seni musik mengkhawatirkan untuk masa depan memang masih melekat di masyarakat. Padahal di prodi ini kamu akan belajar banyak hal tentang musik. Bahkan tak hanya sebatas memainkan dan menciptakannya saja. Jurusan seni musik tidak seremeh yang orang-orang pikirkan, lho. Ada banyak keuntungan jika kamu mengambil jurusan musik. Apa saja, ya? Simak ulasan dibawah berikut ini.

Banyak skill lain yang kamu pelajari dari jurusan ini

Selama pendidikan, kamu akan mempelajari bidang ilmu tentang teori musik. Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan seni musik antara lain filsafat seni, sejarah musik, dasar orkestrasi, teori budaya, solfegio, music computer, instrument dasar piano, harmoni, teknik vokal, produksi musik, hingga komposisi musik. Lolos teori, kini saatnya kamu wajib lihai dalam memainkannya.

Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusannya siap memasuki dunia karir, baik itu berhubungan dengan musik ataupun tidak. Skill yang bisa kamu kembangkan adalah keahlian dalam berkomunikasi, konsentrasi, kerjasama dalam tim, kemampuan mengelola sebuah pertunjukan, keahlian dalam bidang teknis dalam menggunakan teknologi dalam bermusik.

kuliah jurusan musik du luar negeri

(Jurusan Musik di Taylors University)

Musik akan selalu ada

Musik tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kita diem aja suka nyanyi dalam hati kan? hehe. Musik dijumpai dalam bentuk lagu, jingle iklan di radio dan televisi, sampai backsound film dan teater. Keberadaan bidang industri musik akan selalu ada. Persaingan di industri ini memang ketat dan tidak mudah untuk menggelutinya. Tetapi dengan bakat dan bekal ilmu yang dimiliki di perguruan tinggi, lulusan jurusan seni musik akan mampu bertahan di tengah sengitnya  persaingan di industri . Apalagi mereka juga telah mempelajari banyak skill yang kaitannya dengan seni dan pertunjukan.

Plihan karir yang bervariasi

Lulusan seni musik tidak harus menjadi penyanyi. Kamu bisa berkarya sebagai komposer, pemain musik solo ataupun grup, jingle writer yang membuat musik untuk iklan, audio engineer, produser. Kamupun mampu menjadi representatif A&R yang menjaring talenta-talenta ke label rekaman, atau menjadi manajer keartisan. Selain itu lulusan seni musik juga bisa menjadi seorang pengajar musik. Apalagi saat ini didukung dengan perkembangan teknologi informasi, musik semakin mudah dinikmati kapanpun dan dimanapun. Nah, ini juga menjadi kesempatan bagi para lulusan seni musik untuk membuat konten musik yang bisa ‘menghasilkan’. Misalnya dengan mengunggah ke Youtube dan mendapat pemasukan dari Adsense.

Beberapa universitas di luar negeri antara lain Taylors University, Nanyang Academy of Fine Arts Singapura, Korea National University of Arts, The Royal College of Music London, Conservatoire de Paris, Music Department Scholarships University of Birmingham Inggris, dan masih banyak lainnya. 

Mantapkan hatimu jika kamu sudah menentukan pilihan untuk kuliah di jurusan seni musik. Gali lebih jauh tentang jurusan ini serta bagaimana prospek ke depannya. Jadi kamu nggak akan kesulitan untuk meyakinkan orang tuamu bahwa masa depan jurusan ini tak kalah menjanjikan dibandingkan jurusan lainnya. Semoga ulasan kali ini bisa membantu kamu, ya!

Jika ingin info lebih lengkap, kamu bisa join dalam

TOP MAJOR ONLINE EDU FAIR 2020

Beragam informasi jurusan art & design ada disini