Informasi Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Singapore

Kamu mau kuliah di Singapore? Baca ini dulu yuk

Pengen kuliah di luar negeri tapi gak mau yang jauh? Coba pertimbangkan Singapore deh. Negara tetangga kita ini bahkan dapat dilihat dari Batam. Alias sedekat itu dari Indonesia. Selain itu, Singapura memang menjadi salah satu tujuan terfavorit untuk kuliah di luar negeri. Biaya kuliah di Singapura dianggap cukup terjangkau dengan kualitas pendidikan teruji. Lalu, apa aja ya kelebihan dan kekurangan kuliah di Singapore?

Keuntungan Kuliah di Singapore

Kualitas pendidikan kelas dunia

20% anggaran negara Singapore dialokasikan untuk pendidikan. Dana fantastis ini membuat dunia pendidikan mereka menjadi salah satu yang terbaik (OECD survey). Pengajar di Singapore juga dikenal unik dan ulet. Gigih dalam menyampaikan materi dan kreatif dalam membentuk kelas yang menyenangkan. Beberapa universitas di Singapura, seperti NUS (National University of Singapore) dan NTU (Nanyang Technological University) masuk ke dalam jajaran universitas top dunia. Banyak pula perguruan tinggi swasta yang kualitasnya juga tak kalah bagus. PSB Academy, Singapore Institute of Management, James Cook University, Kaplan Singapore dan masih banyak lagi.


Negara yang aman dan bersih

Negara ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan angka kriminalitas yang rendah. CCTV pun terpasang di seluruh penjuru kota. Warganya dikenal tertib dan disiplin dalam mematuhi aturan kebersihan. Sehingga kondisi lingkungan di Singapura selalu bersih dan kondusif.


Jarak dekat dengan Indonesia

Perjalanan via udara dari Jakarta menuju Singaore hanya menempuh 1 jam 50 menit. Biaya yang perlu kamu keluarkan juga bikin lega. Hanya sekitar 1 jutaan saja loh! Jadi, kamu bisa sering pulang kampung ketika libur hari raya atau libur semester. 


Kondisi yang mirip dengan Indonesia

Culture shock yang akan kamu alami saat tinggal di Singapura tidak akan sebesar saat kamu berada di negara-negara di Eropa atau Amerika Serikat yang memiliki empat musim. Karena situasi dan kondisi di Singapura tidak terlalu berbeda jauh dengan Indonesia, seperti iklim, budaya, dan makanannya yang mirip dengan yang ada di Indonesia.


Biaya hidup lebih murah

Dengan kualitas pendidikan terbaik yang akan kamu dapatkan, biaya hidup yang harus kamu tanggung tidak akan semahal di Eropa atau Amerika. Biaya makan yang dibutuhkan sekitar 2-3 juta tiap bulan. Transportasi sekitar Rp.15.000 satu kali jalan dengan MRT. Tempat tinggal mungkin akan menjadi bagian yang cukup pricey . Tapi jangan khawatir, kamu bisa memilih asrama agar lebih hemat.


Teman dari berbagai negara

Kualitas pendidikan yang bagus menarik banyak mahasiswa internasional untuk kuliah di SIngapore.Kamu akan bertemu teman-teman baru dari berbagai latar belakang budaya. Networking yang baik dengan mereka bisa jadi akan bermanfaat untuk karirmu.

 

Kekurangan Kuliah di Singapore

Persaingan ketat masuk universitas

Kualitas pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh Singapura diikuti dengan membludaknya peminat. Jadi, jangan pernah anggap enteng perjuanganmu untuk bisa kuliah di salah satu negara maju di Asia ini. Meminta bantuan konsultan pendidikan seperti Vista Education bisa menjadi solusi. (link)


Biaya akomodasi tinggi

Singapura terkenal dengan harga propertinya yang sangat mahal. Harga sewa apartemen pribadi dengan 3 kamar tidur di area CBD (Central Business District) adalah sekitar SD 5000 – SD 7000 (IDR 50 - 70 an juta) dan untuk area pinggir kota bisa menurun menjadi SD 4000. Untuk menekan pengeluaran, kamu dapat menyewa asrama kampus dengan harga terjangkau, sekitar SD 210 - SD 570 (IDR 2 - 5 jutaan) per bulannya. 


Sistem bellcurve dalam penilaian

Banyak universitas di Singapura yang menggunakan sistem bellcurve dimana nilai semua orang akan berpengaruh pada grade akhir yang didapatkan. Misalkan nilai rata-ratamu 80 tapi kalau orang lain dapet lebih bagus, kamu bisa dapat C. Mungkin juga nilaimu hanya 50 tapi karena teman sekelasmu nilainya lebih buruk, grade akhirmu bisa A.


Tak akan merasakan empat musim

Karena letaknya yang dekat dengan khlatulistiwa, Singapura juga beriklim tropis seperti Indonesia. Jadi kamu tidak akan merasakan empat musim disana. Perbedaan waktu antara Singapura dan Indonesia pun tidak terlalu jauh, hanya selisih satu jam.


Perbedaan budaya

Warga Singapura terkenal sangat tertib dan disiplin, seperti membuang sampah pada tempatnya, menyebrang jalan sesuai tempat dan rambunya, serta naik dan turun bus di tempatnya. Jadi kamu harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan itu, ya. Jangan sekali-sekali melanggar peraturan jika tidak ingin panjang urusan.

Nah, itulah kira-kira keuntungan dan hal yang perlu diantisipasi saat kuliah di luar negeri khususnya di Singapore. Jika kamu membutuhkan informasi detail, kamu bisa menghubungi konsultan Vista Education dari kantor terdekat (link). Kamu juga boleh banget gabung dalam

TOP 5 Education Fair 2021

Cek Informasi lengkapnya di sini