Informasi Kuliah di Malaysia yang Perlu Kamu Tahu
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Informasi Kuliah di Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

Informasi Kuliah di Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

Malaysia itu negara tetangga kita yang cocok untuk tempat studi. Kenapa? Banyak alasannya, bukan hanya faktor lingkungan, tetapi juga biaya hidup dan kualitas universitasnya. Lihat dulu yuk informasi lengkap kuliah di Malaysia berikut ini :

Mengapa harus kuliah di Malaysia?

Apa sih yang bikin banyak mahasiswa internasional memutuskan untuk kuliah di Malaysia? Pertama, karena Malaysia punya banyak universitas dengan biaya kuliah terjangkau dibanding Singapore, Kanada, Australia, dan negara-negara lainnya.

Kedua, biaya hidupnya juga terbilang affordable. Selanjutnya juga aneka makanannya yang beragam dan masih cocok dengan lidah warga Indonesia. Seperti nasi lemak, roti canai, curry laksa, dan es milo.

Cuaca di Malaysia juga masih cukup bersahabat. Dengan suhu rata-rata 28 derajat, kamu akan mudah membiasakan diri. Dari sisi bahasa, mungkin kamu bisa sedikit menirukan bahasa yang biasa diucapkan Upin Ipin. Hehe, tapi tenang, kamu masih bisa berbahasa inggris kok disini karena mayoritas penduduk juga menggunakan bahasa tersebut.


Dimana kota terbaik untuk kuliah di Malaysia?

Kuliah di Malaysia bisa di kota Johor Bahru. Di kota tersebut sering jadi tempat tujuan untuk kuliah karena banyak menerima turis dari Singapura dan Indonesia juga. Beberapa kampus yang terletak di Johor Bahru adalah Raffles University, Newcastle University, dan University of Southampton.

Selain itu, Penang juga menjadi kota yang cukup populer lho! Kota Penang menjadi kota tempat lembaga pendidikan tertua tinggal, yaitu Universiti Sains Malaysia. Kota Penang cocok untuk kamu yang ingin ambil jurusan kedokteran juga.


Biaya kuliah dan biaya hidup di Malaysia

Berapa ya rata-rata biaya kuliah di Malaysia? Dari jurusan akuntansi sendiri, rata-rata biaya kuliahnya adalah sebesar USD 17.300 atau IDR 248 juta per tahunnya. Kalau untuk kuliah jurusan ilmu komputer, rata-rata biaya kuliahnya sebesar 16.500 atau IDR 237 juta per tahunnya.

Gaya hidup setiap orang memang berbeda. Namun, kamu tetap harus memiliki patokan biaya hidup nih. Minimal, kamu menyiapkan biaya hidup di Malaysia sebesar RM 1.500 atau IDR 5 juta per bulannya. Biaya hidup tersebut termasuk biaya transportasi dan makan, hingga internet. Sebelas dua belas dengan kota-kota besar di Indonesia bukan?


Rekomendasi universitas di Malaysia

  • Taylors University Malaysia
    Taylors University menjadi universitas swasta terbaik di Malaysia bahkan Asia pasifik. Taylors juga masuk dalam top 1.1% the most influential institutions globally. Ada sekitar 13 lebih departemen dengan berbagai jurusan seperti Arsitektur, bioscience, hospitality, business dan lain-lain

  • Universiti Malaya (UM)
    Kampus ini berada di peringkat 65 dunia menurut QS Rankings. UM terletak di Kuala Lumpur dan juga punya gedung lain di Singapore dengan nama National University of Singapore.
  • Universiti Sains Malaysia (USM)
    Kampus ini jadi salah satu kampus di Malaysia yang mendapat status khusus dari Kementerian Pendidikan Tinggi, yaitu sebagai universitas APEX (Accelerated Program for Excelence). USM pun punya 4 gedung kampus dengan fokus yang berbeda-beda lho.

  • Asia Pacific University (APU)
    Menurut QS Asia University, APU menjadi kampus nomor 1 untuk kategori international students. Bahkan ia juga menduduki peringkat nomor 1 se-Asia-Malaysia untuk kategori Multicultural Learning Experience.

  • UCSI University
    Bagi kamu yang mau ambil kuliah jurusan bisnis, teknik, multimedia, hingga hospitality, universitas ini jadi salah satu rekomendasi untukmu. Universitas ini punya partnership dengan negara lainnya seperti USA, UK, Kanada, Australia, dan New Zealand.

  • Raffles University
    Berikut ini adalah kampus yang terletak di kota populer, yaitu Johor Bahru. Raffles University merupakan kampus yang telah terakreditasi dan terkenal untuk fokus desain dan bisnisnya.


Ingin tahu lebih soal kuliah di Malaysia? Konsultasi dengan Vista Education yuk supaya tahu lebih banyak informasi tentang kuliah di Malaysia atau negara-negara lainnya yang kamu minati.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !