Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Hebohnya Drama Jirisan, Apa Kamu Juga Tertarik Untuk Masuk Forestry Major?

Hebohnya Drama Jirisan, Apa Kamu Juga Tertarik Untuk Masuk Forestry Major?

Teringat sesuatu ketika nonton drama Korea Jirisan? Ya, betul! Sepertinya kamu mulai teringat jurusan forestry karena melihat hutan-hutan yang ada di drama tersebut.

Bagi pecinta drama korea, tak asing lagi dong dengan drama terbaru Jirisan. Drama yang bercerita tentang para jagawana gunung Jiri ini menyuguhkan banyak hal menarik. Mulai dari keindahan alam, ulah para pendaki, kegiatan patroli dan upaya penyelamatan. Salah satu nilai yang ingin disampaikan drama Jirisan adalah tentang menjaga hutan, alam dan manusia itu sendiri.

Karakter Ju Ji Hoon sebagai Kang Hyun Jo membuat banyak orang mulai tertarik dengan profesi jagawana. Apakah kamu adalah salah satunya? Yuk coba cari tahu dulu tentang jurusan yang bisa mengantarmu untuk menjadi seorang pecinta alam ini.


Apa Itu Jurusan Forestry?

Jurusan forestry adalah jurusan sains, seni, dan praktik untuk mengolah kehutanan. Jurusan ini merupakan tentang rekayasa kehutanan yang meliputi interdisiplin ilmu kehutanan (forestry science) dan teknik (engineering). Terdapat aspek konservasi dan pengelolaan lingkungan pula.

Jurusan forestry memiliki konsentrasi khusus di bidang perawatan pohon pada daerah padat populasi, menentukan metode penanaman pohon, dan lain-lain yang berkaitan dengan perawatan hutan. Tentunya jurusan ini akan cocok dengan para pecinta alam.


Materi yang Dipelajari di Jurusan Forestry

Di jurusan forestry, kamu akan mendapatkan berbagai mata kuliah yang meliputi ekologi hutan, ilmu tanah, biometeri hutan, anatomi dan fisiologi tumbuhan, hingga taksonomi tumbuhan. Tak luput, kamu juga akan mendapat mata kuliah matematika rekayasa dan mekanika fluida.

Pembelajaran teknik tentu juga akan membantumu dalam mempelajari cara memproduksi kayu, pembaharuan energi, penyerapan karbon, serta mempelajari tentang keanekaragaman hayati, iklim, serta pengelolaan satwa liar.


Jenjang Karir Lulusan Jurusan Forestry

Setelah lulus jurusan forestry, kamu bisa jadi apa saja sih? Jika melihat dari drama Jirisan, sepertinya lulusan forestry berpotensi untuk menjadi penjaga hutan. Menjaga hutan ini termasuk menjaga tumbuhan, satwa, dan mengelola tanah serta ekosistem hutannya. Menjaga juga tidak sekadar mengawasi, tetapi juga mengelola yang ada di dalamnya dengan baik dan mencegah kerusakan.

Kamu bisa menjadi peneliti hutan dalam lembaga penelitian swasta maupun pemerintah, perusahaan perkebunan, hingga menjadi menteri kehutanan, bekerja di dinas kehutanan daerah, dan lain-lain.


Biaya Kuliah Jurusan Forestry

Untuk jurusan forestry ini, biaya kuliah yang dikeluarkan standar. Di Amerika Serikat, terdapat sekitar 124 perguruan tinggi yang menawarkan biaya kuliah S1 jurusan forestry rata-rata sebesar USD 17.937 atau setara dengan IDR 256 juta. Sedangkan untuk program pascasarjana, biaya kuliah yang diperlukan adalah sekitar USD 25.252 atau setara dengan IDR 361 juta.

Biaya kuliah jurusan forestry di Kanada dengan program bachelor membutuhkan biaya sekitar CAD 32.117 – 35.850 atau setara dengan IDR 370 – 413 juta. 


Rekomendasi Kampus di Luar Negeri Untuk Jurusan Forestry

Lalu, dimana kampus terbaik untuk kuliah jurusan forestry di luar negeri? Berikut ini daftar rekomendasi kampus di luar negeri bagi kamu yang ingin kuliah jurusan forestry.

  • The Australian National University
  • University of California Berkeley
  • Virginia Polytechnic Institute and State University
  • University of Georgia
  • University of Florida

Kamu pecinta alam dan ingin melestarikan alam dimulai dari pelestarian pohon, maka kamu sangat cocok ambil jurusan forestry. Mungkin, setelah nonton drama Korea Jirisan, kamu jadi ingin ambil jurusan forestry?

Sebelum memilih kampus dan negaranya sendiri, kamu bisa konsultasi dulu dengan Vista Education yang akan memberimu bimbingan untuk mendapatkan kampus dan negara yang cocok dengan keinginan dan standarmu.