Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Deretan Community College dan Universitas di Silicon Valley Area

Deretan Community College dan Universitas di Silicon Valley Area

Buat kamu yang pengen kuliah di California khususnya di Silicon Valley

Silicon Valley merupakan sebutan bagi daerah selatan dari San Francisco Bay Area, California, Amerika Serikat. Mencakup berbagai wilayah, diantaranya San Jose, Santa Clara, Menlo Park, Mountain View, Palo Alto, dan Sunnyvale. Kawasan Silicon Valley adalah rumah bagi banyak perusahaan teknologi informasi, mulai dari yang startup hingga yang sudah lama berdiri, seperti Youtube, Google, Facebook, Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, dan Yahoo!. Nama-nama itu pasti sudah tidak asing lagi buat kamu, kan?

Adanya Silicon Valley sebagai pusat global untuk pekerjaan di bidang teknologi menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar dari seluruh dunia untuk belajar di wilayah itu, lho! Yuk, kenali beberapa perguruan tinggi dan community colleges di kawasan Silicon Valley!

1.  Stanford University

Stanford University menduduki peringkat kedua perguruan tinggi terbaik di dunia versi QS World University Rankings 2021. Ada kurang lebih 90 program studi yang ditawarkan oleh Stanford University, diantaranya Aeronautics and Astronautics, Community Health and Prevention Research, Democracy, Development and the Rule of Law, Feminist, Gender, and Sexuality Studies.

2. San Jose State University

Kampus ini menyelenggarakan program Undergraduate, Master, Doktoral, Certificate, Credential, dan Added Authorization, dengan berbagai bidang ilmu. Ada juga program college yang dapat kamu pilih, yaitu Business, Education, Engineering, Graduate Studies, Health and Human Science, Humanities and the Arts, Professional and Global Education, Science, dan Social Science.

3. Santa Clara university

Universitas Santa Clara berada di tengah-tengah Silicon Valley dan merupakan sebuah Universitas Jesuit non-profit swasta. Kampus ini hanya berjarak 5 mil dari Bandara Internasional San Jose. Kamu akan belajar dari pengalaman melalui kursus berbasis komunitas, magang, dan penelitian independen. Kampus ini menawarkan lebih dari 50 jurusan, dan program khusus untuk hukum, kedokteran, dan pengajaran. Program pascasarjana mencakup bisnis, teknik, pendidikan, psikologi konseling, hukum, teologi, dan pelayanan pastoral.

4. Carnegie Mellon University Silicon Valley

CMU-SV adalah bagian dari suasana dinamis Silicon Valley, yang mendorong kreativitas dan kewirausahaan. Siswa dipersiapkan untuk menghadapi tantangan teknologi dan manajerial, untuk berhasil dalam angkatan kerja abad ke-21, dan untuk mengambil bagian proaktif dalam membentuk masa depan industri perangkat lunak dan teknologi. Beberapa program yang ditawarkan yaitu program master di bidang Software Engineering, Information Technology​ - Mobility and Information Security,  Technology Ventures, Electrical and Computer Engineering, dan Software Management.

5. UCSC Silicon Valley

Berbasis di Santa Clara, kampus satelit ini memungkinkan kemitraan dan kolaborasi yang lebih besar antara fakultas, mahasiswa, industri, dan pemerintah. Mahasiswa UCSC secara teratur magang di perusahaan di seluruh wilayah, dan alumni universitas merupakan bagian integral dari tenaga kerja Silicon Valley yang sangat terlatih. Program pascasarjana di kampus ini meliputi Games and Playable Media, Serious Games, Natural Language Processing, dan Electrical Engineering.

6. San Mateo College of Silicon Valley (SMCSV)

SMCSV menaungi 3 college yaitu :

- College of San Mateo
- Cañada College 
- Skyline College

Ketiganya memiliki speasilis dan jurusan masing-masing. Namun, seluruhnya telah bekerja sama dengan lebih dari 150 universitas untuk program transfer. Biaya kuliah di SMCSV juga super terjangkau. Mereka juga memiliki program OPT atau kesempatan internship 1 tahun selepas menyelesaikan 2 tahun program certificate. Mereka menawarkan jaminan penerimaan transfer dengan tujuh dari sembilan kampus UC, penerimaan prioritas ke kampus CSU dan banyak perguruan tinggi swasta di California.

7. San Jose City College

SJCC menyelenggarakan program gelar Associate of Arts Degree (AA), Associate of Science Degree (AS), Associate of Arts / Science for Transfer Degree (AA-T / AS-T), dan Certificate of Achievement. Beberapa program populer antara lain: Liberal Arts and Sciences, General Studies and Humanities, Multi/Interdisciplinary Studies, and Business, Management, Marketing, and Related Support Services.

8. Evergreen Valley College

Evergreen Valley College (EVC) memiliki nilai transfer tertinggi ke San Jose State University dari 115 community colleges mana pun di antara 73 distrik community college California. Beberapa bidang yang ditawarkan yaitu Business, Management, Marketing, and Related Support Services, Psychology, and Liberal Arts and Sciences, General Studies and Humanities. EVC berada dalam satu distrik dengan SJCC.

9. De Anza College

De Anza menawarkan 77 gelar associate, 103 sertifikat akademik, dan lebih dari 1.800 kursus di bidang mulai dari Akuntansi hingga Women’s Studies. Program ini akan membantumu untuk transfer ke perguruan tinggi, meningkatkan keterampilan kerja dan peluang karir, serta memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai bidang yang kamu ambil. Sebagai mahasiswa De Anza, kamu dapat memanfaatkan fasilitas dukungan akademik, misalnya dengan bergabung dalam Learning Community.

10. Foothill College

Community college di Los Altos Hills ini, adalah bagian dari Foothill – De Anza Community College District. Beberapa program yang ditawarkan yaitu AA Degrees, AA for Transfer, AS Degrees, AS for Transfer, Bachelor in Science, dan Certificate.

Nah, itulah deretan kampus maupun colleges yang ada di kawasan Silicon Valley. Tentunya akan menjadi pengalaman menarik jika tinggal dan belajar di kawasan tersebut, ya. Apakah kamu salah satu orang yang berambisi kuliah disana?

Jika iya, hubungi konsultan Vista Education untuk mulai merencanakan kuliahmu. Bebas diskusi soal jurusan, program dan kampus mana yang sesuai. Dibantu sampai proses daftarnya juga . Mudah bukan?