Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Dear Parents, Pilih Jurusan Ini Jika Anak Anda Gemar Bermain Game

Dear Parents, Pilih Jurusan Ini Jika Anak Anda Gemar Bermain Game

Pasti tak jarang orang tua kesulitan menghadapi anak yang suka bermain game. Saat ini sudah banyak game online yang menarik perhatian anak nih, bagaimana orang tua menyikapi hal ini?

Apakah parent bingung dengan kebiasaan anak yang gemar sekali bermain game di HP? “Sebagai remaja, apa tak lebih baik jika mereka banyak belajar?” Hm, jika ini yang ada di benak parent, tidak sepenuhnya salah kok. Jangan buru-buru untuk memarahinya. Anda hanya perlu mengenali anak Anda lebih jauh terlebih dahulu.

Anak kita yang sudah remaja tentu mengenal banyak hal baru. Mereka juga sudah menemukan hobi dan punya cita-cita yang jauh lebih jelas. Salah satu hobi anak muda saat ini adalah bermain game. Jika anak Anda menunjukkan antusias yang sangat tinggi, cobalah untuk melakukan beberapa langkah berikut ini.


Sikapi anak dengan bijak

Banyak orang tua menganggap anak yang suka main game adalah hal yang negatif. Tidak selalu begitu lho mah, pah.. Perhatikan dulu kebiasaan anak ketika bermain game, apakah anak juga lupa dengan kewajibannya untuk belajar dan beribadah atau tidak.

Ada dua tipe anak yang suka sekali main game di HP, yaitu anak yang bermain game untuk kesenangan dan anak yang bermain game karena tertarik karena suatu hal yang lebih dalam. Apabila orang tua ingin mengetahui anak termasuk tipe yang mana, maka ketahui kapan saja jadwal bermain anak dan kebiasaan lainnya. Apakah dengan main game anak jadi malas? Ataukah dia main game sembari memiliki banyak ide dan mencari berbagai info tentang game, termasuk ilmunya?

Orang tua berhak memberi hukuman kepada anak apabila anak terlalu sering bermain game hingga kecanduan. Namun, apabila anak membuat inovasi yang bagus akibat bermain game, maka orang tua perlu membuat tindakan yang bijak nih.

 

Dukung anak memiliki kreativitas

Beberapa keluhan orang tua ketika anaknya bermain game adalah anak yang sering membeli properti game online. Apalagi, sudah banyak marketplace termasuk toko yang melayani pembelian game tersebut. Jika ini juga terjadi pada anak Anda, Bagaimana jika Anda menawarkan mereka untuk merubah posisi dari seorang pembeli menjadi penjual. Beberapa anak juga sudah mulai menjadikan game yang dulunya hanya hobi menjadi ladang bisnis lho. Bahkan, banyak anak SMA yang sudah menjadi jutawan karena bisnis ini.

Dari sini, Anda bisa melihat apakah anak memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis atau tidak. Jika iya, Anda bisa menawarkan mereka untuk masuk ke jurusan bisnis. Jurusan bisnis akan membantu Anak ada mengembangkan passion, memperdalam skill dan mengasah insting usaha sekaligus memberikan banyak koneksi ke anak Anda kelak.


Tawarkan program studi video game development

Ketika anak sudah beranjak dewasa dan saatnya menginjak bangku perkuliahan, coba tawarkan program studi game development, game programming atau game design. Program studi game development dan sejenisnya menawarkan cara merancang dan mengembangkan game menggunakan teknologi standar industri.

Biasanya, mahasiswa akan mempelajari cara memadukan desain visual, video, animasi, suara, dan keterampilan pemrograman. Keterampilan tersebut diperlukan untuk mengembangkan game dan membuat desain game, pemodelan 3D, dan penangkapan gerak. Tak hanya seputar pembuatan video atau visual dari game, tetapi mahasiswa juga akan melakukan desain grafis, menggambar, membuat sketsa, menuliskan alur cerita, membuat karakter, mengembangkan konsep dan artistik.

Mahasiswa tidak hanya akan bermain video game, melainkan juga berpikir secara teknis dan kreatif mengenai keterampilan teknis dan perangkat lunak dalam pembuatan video game tersebut. Mahasiswa jurusan ini berkesempatan untuk berpartisipasi dalam industri internasional Esports yang juga diliput di televisi dan acara-acara besar di seluruh dunia.

Game developer dapat menghasilkan banyak uang apabila game yang dibuat diunduh oleh banyak pengguna di internet dan game cukup menarik, sehingga dapat dikembangkan lagi untuk meningkatkan minat pengguna.


Universitas terbaik untuk jurusan game development

Apabila anak tertarik untuk mengambil jurusan game development, orang tua punya banyak rekomendasi kampus di luar negeri yang potensial untuk mengembangkan kemampuan anak. Berikut universitas terbaik untuk jurusan game development yang bisa membantu mengembangkan kemampuan anak yang suka bermain game mobile dan sejenisnya.

  • New York University
  • Indiana University
  • University of Southern California
  • Massachusetts Institute of Technology
  • Lindenwood University
  • Full Sail University
  • Academy of Art
  • University of Baltimore
  • Rochester Institute of Technology
  • University of Pittsburgh

Nah, sekarang orangtua sudah punya solusi bagus untuk anak yang suka bermain game kan? Anda dapat mengajak anak dan berkonsultasi dengan Vista Education apabila berminat mendaftar kuliah di luar negeri jurusan game development.