Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Daftar Pekerjaan Untuk Para Lulusan Jurusan Hukum

Daftar Pekerjaan Untuk Para Lulusan Jurusan Hukum

Siapa sih yang tidak familier dengan jurusan hukum? Jurusan hukum selalu saja menjadi jurusan favorit  dan memiliki prestige tersendiri. Selain menjadi jurusan yang bergengsi, ternyata jurusan Hukum banyak diminati karena prospek kerjanya yang menjanjikan loh. Apa saja profesi menjanjikan tersebut? Yuk simak di bawah ini

Hakim

Tugas utama seorang hakim adalah memimpin jalannya persidangan dan mengambil keputusan akhir. Hakim wajib mendengarkan pembelaan dari pengacara dan juga tuntutan dari jaksa. Kemudian, hakim bisa mengambil  keputusan terbaiknya. Menjadi seorang hakim tidaklah mudah. Hakim perlu memiliki kredibilitas serta profesionalitas kerja yang tinggi. Untuk menjadi seorang hakim, kamu  perlu mengantongi ijazah magister bidang hukum. Kamu juga perlu memiliki pengalaman di bidang bersangkutan selama 20 tahu,. Hm, lama juga ya. Tak apa, seorang hakim memang harus matang secara mental dan skill

Jaksa

Mungkin sebagian orang mengira jaksa dan pengacara itu sama. Namun ternyata,keduanya memiliki perbedaan yang signifikan Jaksa adalah penasihat hukum utama pemerintah dan pada beberapa yurisdiksi. Mereka bertanggung jawab untuk meneggakan hukum, melakukan penuntutan, atau bahkan bertanggung jawab untuk urusan hukum secara umum. Jaksa terbagi menjadi 4. Jaksa penyidik, jaksa penuntut umum, jaksa eksekutor dan jaksa pengacara pidana. Tugas jaksa penyidik adalah menyelidiki dan menganalisis suatu perkara. Jaksa penyidik juga bertugas melakukan penyidikan terhadap perkara tindak pidana berdasarkan Pasal Kejaksaan. Jaksa Penuntut umum bertugas penuntut umum di persidangan dan melaksanakan penetapan hakim. Sedangkan jaksa eksekutor bertugas melaksanakan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum pada perkara pidana. Terakhir adalah jaksa pengacara negara yang bertugas atas nama negara/pemerintah dalam perkara negara atau tata usaha negara.

Diplomat

Siapa yang masih mengira hanya lulusan Hubungan Internasional yang bisa jadi diplomat? Jangan salah sangka lagi ya. Lulusan jurusan hukum juga bisa banget menjadi seorang diplomat. Apalagi bagi kalian yang semasa kuliahnya mengambil konsentrasi Hukum Internasional tentu akan sangat menunjang skills kalian di profesi ini.

Notaris

Mungkin beberapa dari kalian masih asing dengan notaris. Notaris adalah profesi untuk mereka yang telah menyelesaikan pendidikan yang dilisenesi oleh pemerintah untuk melakukan hal-hal hukum,khususnya sebagai saksi dalam penandatanganan kesepakatan dalam suatu dokumen. Profesi ini sangat cocok untuk kalian karena,di dalamnya nanti kalian akan sering bertugas untuk membuat akta dan juga memberikan informasi seputar hukum pembuatan akta dan banyak lagi.

Pengacara 

Pengacara bertugas untuk memberikan nasihat hukum dan untuk mewakili orang lain dalam litigasi dalam yuridiksi tertentu. Seorang pengacara tidak boleh berstatus pegawai negeri atau pejabat negara, lulus ujian dari organisasi Advokat, tidak pernah melakukan tindakan pidana kejahatan yang mengancam 5 tahun atau lebih, berpengalaman magang di kantor Advokat sekurang-kurangnya 2 tahun dan persyaratan lainya. 

Staff Legal Perusahaan

Posisi ini bertugas untuk mengurus segala hal hukum antara  perusahaan dan pihak ketiga. Diantaranya adalah : pembuatan perjanjian, perizinan, kontrak vendor dan apapun yang memiliki kekuatan hukum.

Tertarik untuk kuliah jurusan hukum di luar negeri? Ayo hubungi konsultan Vista Education dari kantor terdekat. Cek alamatnya di sini ya!