Daftar Akomodasi dan Harganya di Australia, Mahalkah?

Daftar Akomodasi dan Harganya di Australia, Mahalkah?

Sebelum kuliah di Australia, cari tahu dulu yuk berapa kira-kira biaya yang harus kamu persiapkan!

Selain biaya pendidikan, biaya hidup saat kuliah di luar negeri juga perlu diperhitungkan dengan baik. Biaya hidup ini biasanya merupakan gabungan dari akomodasi, biaya makan, internet, kebutuhan sehari-sehari, hiburan dan transportasi. Nah, bagaimana dengan kamu yang akan kuliah di Australia? Apakah kamu sudah punya gambaran berapa dana yang perlu kamu siapkan untuk hidup dengan nyaman? Yuk kita simak bersama

a. Pilihan Akomodasi Dalam Kampus

Tempat ini cocok untuk mahasiswa asing yang ingin tinggal dekat kampus. Kamu bisa tinggal di Asrama Kampus untuk memangkas biaya transportasi. Bisa juga untuk kamu yang belum berminat tinggal di homestay yang jauh dari kampus.

Coba kita ambil contoh 2 harga akomodasi dalam kampus di Australia. Akomodasi dalam kampus di University of Sydney membandrol harga AUD 9.300/semester, setara dengan IDR 101 juta . Sedangkan harga yang ditawarkan di University of Queensland adalah AUD 20.800 per tahun atau setara dengan IDR 226 juta. Akomodasi di Univeristy of Tasmania Hobart, start 282 /week berate 1 tahun: 14,664 AUD.

Mahasiswa hanya perlu mengeluarkan uang sekitar AUD 15.000 - 22.000 per tahun atau setara dengan Rp 163 - 239 juta.

 

b. Akomodasi Luar Kampus

1. Student Apartment 

Terdapat penyedia akomodasi siswa swasta terbaik, khususnya flat adalah Iglu, Urban nest, dan Uni Lodge. Harga yang ditawarkan flat berkisar antara AUD 299/minggu, setara dengan Rp 3 juta. Harga tersebut sudah menjadi harga standar di Brisbane.

2. Homestay

Di homestay, kamu akan tinggal dengan lebih leluasa. Biaya yang kamu perlukan mulai dari AUD 300 – 350 per bulan dengan pelayanan makanan, sama dengan IDR 3 juta - IDR 3,8 juta. Sedangkan tanpa pelayanan makan, biaya yang diperlukan mulai dari AUD 250 atau setara dengan IDR 2,7 juta. Lebih untung lagi karena umumnya biaya homestay sudah termasuk dengan biaya makan dan kebersihan.

Untuk kamu yang memilih homestay melalui Kemitraan AHN bisa mendapatkan fasilitas lengkap meliputi kamar perabotan bersih (seperti ranjang, meja, lemari, kursi), makanan, layanan profesional 24 jam, asuransi, dan fasilitas kamar mandi.

3. Apartemen

Pilihan lainnya untuk tempat tinggal yang lebih private di luar kampus adalah apartemen. Bangunan apartemen yang terletak di pusat kota bisa mencapai harga AUD 2.600/bulan, atau setara dengan Rp 28,6 juta untuk sebuah kamar. Sementara di pinggir kota, harga apartemen rata-rata AUD 1.800/ bulan, setara dengan Rp 19,8 juta.

c. Makanan

Pangan menjadi kebutuhan primer yang dikonsumsi setiap hari. Kamu bisa membeli makanan di resto yang harganya murah atau bisa memasak makanan sendiri di rumah untuk menghemat pengeluaran. Rata-rata biaya makanan yang dibutuhkan sekitar AUD 350/bulan. Hal ini tentu tidak berlaku kalau kamu tinggal di homestay yang sudah termasuk biaya makan.

 

d. Transportasi

Ketika kamu tinggal di luar kampus, kemungkinan besar kamu akan memakai transportasi umum yang tersedia di Australia. Transportasi tersebut meliputi bus, kereta, ferry, tram, dan lain-lain yang dikelola oleh pemerintah. Biaya untuk menggunakan bus maupun kereta api, dikenakan biaya AUD 3, atau pakai saja sistem paket dengan harga AUD 20/minggu atau AUD 80.

 

e. Internet

Siapa sih sekarang yang tidak menggunakan internet? Hampir semua orang menggunakan internet. Di Australia, kamu memerlukan biaya sekitar AUD 20 – 55/minggu, atau setara dengan Rp 187.000 – 515.000. Sedangkan panggilan lokal dari telepon rumah memerlukan biaya sekitar 30 – 40 sen tanpa memperhitungkan waktu telepon.


Apakah kamu membutuhkan informasi lebih lengkap tentang kuliah di Australia? Atau kamu bingung mau ambil jurusan dan universitas apa? Konsultasi dulu yuk bareng Vista Education. Isi form konsultasi atau hubungi kantor terdekat kami ya!