Catat! Inilah Biaya Kuliah di London Yang Perlu Kamu Siapkan
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Catat! Inilah Biaya Kuliah di London Yang Perlu Kamu Siapkan

Catat! Inilah Biaya Kuliah di London Yang Perlu Kamu Siapkan

London menjadi rumah bagi sederet perguruan tinggi bergengsi. Saat memutuskan untuk kuliah di London, maka kamu harus memiliki cukup uang untuk membayar kuliah dan menghidupi dirimu sendiri disana. Lalu berapa biaya kuliah di London yang harus kamu siapkan? 

 

  1. Biaya Visa

Setelah mendapatkan CAS (Certificate of Acceptance of Studies), kamu dapat memulai proses permohonan visa. Kamu dapat mengajukan permohonan visa hingga enam bulan sebelum kuliah dimulai dengan membayar biaya pendaftaran (£363 atau sekitar Rp. 6,5 juta untuk pelajar) dan memiliki paspor yang masih berlaku.

  1. Biaya Kesehatan

Kamu juga dikenakan Biaya Tambahan Kesehatan Imigrasi sebagai bagian dari pengajuan visa. Biaya ini digunakan untuk akses ke Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS). Mahasiswa menerima diskon 25 persen dari biaya normal, sehingga tarif untuk pemegang visa pelajar adalah £470 atau sekitar Rp. 8,5 juta per tahun.

  1. Biaya Kuliah

Jumlah biaya kuliah yang harus kamu bayar akan tercantum dalam CAS, tergantung dimana kamu belajar. Menurut Government UK, kamu akan membutuhkan setidaknya £1,334 atau sekitar RpRp. 24 juta per bulan untuk kuliah di London (Kota London dan 32 borough London).

Biaya kuliah sarjana internasional di Inggris memang sangat bervariasi menurut jurusan dan universitas tempatmu belajar, mulai dari sekitar £10,000 atau sekitar Rp. 180 juta per tahun dan naik hingga £38,000 atau sekitar Rp. 685 juta bahkan lebih untuk gelar kedokteran (sumber: Reddin Survey of University Tuition Fees).
 

Program gelar humaniora dan ilmu sosial biasanya berbiaya paling rendah di semua jenjang, sementara program gelar laboratorium dan klinis jauh lebih mahal. Total biaya rata-rata belajar di Inggris diperkirakan setidaknya £22.200 atau sekitar Rp. 400 juta per tahun, kemungkinan akan jauh lebih mahal jika kamu belajar di London.

biaya kuliah di london

  1. Biaya Hidup

Kamu perlu menyiapkan biaya hidup sekitar £800 – £1.300 atau sekitar Rp. 14 juta - Rp. 23 juta per bulan yang digunakan untuk membayar akomodasi, tagihan, makanan, dan biaya hidup lainnya. Kota-kota besar di Inggris, khususnya London mungkin akan lebih mahal biaya hidupnya.

Biaya kuliah di London yang harus kamu siapkan memang tidak sedikit. Namun kamu harus ingat bahwa ada banyak universitas disana yang menawarkan durasi program yang lebih singkat jika dibandingkan dengan negara-negara seperti Amerika Serikat, yaitu tiga tahun untuk gelar sarjana rata-rata dan satu tahun untuk gelar master. 

Mulailah pendidikanmu di London bersama Vista Education!

Ingin mendapatkan pengalaman belajar terbaik di London? Tim professional Vista Education siap membantumu. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !