Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Catat Dulu, Ini Syarat Kuliah di USA

Catat Dulu, Ini Syarat Kuliah di USA

Ingin kuliah di USA, persyaratannya apa saja sih? Ada beberapa persyaratan kuliah di USA yang bisa kamu persiapkan. Mulai dari dokumen pribadi sampai dokumen yang memerlukan rekomendasi dari orang lain. Oleh karena itu, kuliah di luar negeri memang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. 

Simak baik-baik yuk apa saja yang perlu kamu catat sebelum mendaftar kuliah di USA.

Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris

Hampir semua instansi meminta calon mahasiswa untuk melakukan TOEFL iBT [1] (Test of English as a Foreign Language). Pada umumnya, skor kelulusan TOEFL Ibt yang kamu dapatkan minimum 80.[2]  Namun, setiap kampus memiliki kebijakan yang berbeda. Pastikan untuk mendapat informasi ini ketika berkonsultasi dengan tim Vista Education.

Selain TOEFL, ada tes lain yang bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan di universitas maupun college di USA, yaitu IELTS (International English Language Testing System) dan CAE (Cambridge Assessment English).

Beberapa kampus yang tidak meminta sertifikat kemampuan berbahasa Inggris sebagai persyaratannya, akan meminta calon mahasiswa untuk nantinya mengikuti program kelas bahasa Inggris di perguruan tinggi.

Nilai Raport

Sama seperti perguruan tinggi di Indonesia, mendaftar kuliah di USA juga menggunakan nilai raport. Nilai raport ini mulai dari kelas 10 semester 1 hingga semester 2 kelas 12. Raport berbentuk fotokopi legalisir yang diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah[3]  dan dikirim dalam amplop tersegel atau dikirim secara online.[4]  Namun, kebanyakan universitas sudah menerima berkas yang ditranslate oleh konsultan Pendidikan seperti Vista Education yang juga telah di legalisir sekolah. 

Paspor

Karena kamu merupakan mahasiswa internasional yang bukan merupakan penduduk asli USA, maka kamu memerlukan paspor. Tanpa paspor, perguruan tinggi tidak dapat mengeluarkan formulir yang dibutuhkan mahasiswa dan kamu juga tidak bisa membuat visa. Yang terpenting, kamu harus sering memeriksa apakah paspor kamu valid atau tidak.

Surat rekomendasi akademik

Surat rekomendasi akademik merupakan surat yang ditulis oleh guru dan kepala sekolah menggunakan bahasa inggris. Surat ini berisi rekomendasi dari guru dan kepala sekolahmu mengenai potensi yang ada dalam dirimu dan menunjukkan bahwa kamu pantas berkuliah di universitas atau college tempatmu mendaftar.

Surat rekomendasi ini dapat dikirim melalui kurir pos dengan stempel sekolah di atas amplop yang tersegel[5] . Pada universitas atau college lain juga dapat menerima dokumen secara online.

Visa pelajar

Kamu perlu menyiapkan visa pelajar untuk bisa berkuliah di USA. Jenis visa untuk pelajar di universitas USA adalah visa F-1. Visa ini berlaku selama kamu tinggal di Amerika Serikat sebagai mahasiswa, sehingga tidak dapat berlaku secara permanen.

Persyaratan untuk mendapatkan visa pelajar adalah mendaftar, lalu diterima pada program studi yang diakui oleh SEVP (Students and Exchange Visitors Program) di USA, serta membayar biaya proses SEVIS.

Dokumen lengkap lainnya untuk membuat visa ini ialah paspor, surat perjanjian wawancara, bukti ketersediaan biaya hidup, konfirmasi pendaftaran dan penerimaan dari universitas, serta pertanggungan asuransi. Untuk biaya pembuatannya sendiri sebesar USD 730 atau IDR 10,2 Juta.[6] 

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan di USA itu biasanya tergantung universitas / college masing-masing. Range harga USD 700 - 1,000 per tahun. Health insurance sendiri akan dibayarkan ke universitas / college masing-masing.

Setelah semua persiapan sudah selesai, jangan lupa untuk memilih jurusan dan universitas yang paling cocok denganmu. Kamu bisa meminta bantuan Vista Education kok. Kami akan membantu dari proses pemilihan jurusan, pencarian universitas, pendaftaran, pengurusan berkas bahkan sampai pencarian akomodasi. Dijamin gak akan ribet!

Masih bingung? Yuk konsultasi dengan Vista Education dengan isi form konsultasi atau klik logo kuda agar langsung terhubung ke whatsapp kami.