Cara Mengatasi Rasa Takut dan Cemas Saat Kuliah di Luar Negeri 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cara Mengatasi Rasa Takut dan Cemas Saat Kuliah di Luar Negeri 

Cara Mengatasi Rasa Takut dan Cemas Saat Kuliah di Luar Negeri 

Kuliah di luar negeri adalah impian banyak orang. Namun demikian, ketika mimpi tersebut menjadi kenyataan, seringkali disertai dengan perasaan takut atau cemas. Tenang, itu hal yang normal kok. Wajar, karena kamu akan menghadapi perubahan besar dalam hidup. Bahasa baru, lingkungan baru, dan jauh dari keluarga. Eitts, jangan takut dulu. Ada kok cara untuk mengurangi rasa tak nyaman itu. Mau tau caranya apa aja? Yuk baca sampai akhir! 

Rencanakan dan Persiapkan Diri dengan Baik - Hindari Terburu-buru

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa takut dan cemas adalah dengan merencanakan dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Hal ini termasuk mengurus visa, akomodasi, dan segala sesuatu yang diperlukan sebelum kamu berangkat. Kuncinya satu. Perencanaan kuliah di luar negeri ini sudah jauh-jauh hari. Semua hal yang kamu lakukan terukur, tepat waktu dan tidak terburu-buru.  Saat prosesmu sejak awal sudah lancar dan minim stress, maka kamu akan jauh lebih siap dan percaya diri. 

 

Jadilah Terbuka terhadap Budaya Baru 

Salah satu sumber kecemasan saat kuliah di luar negeri adalah ketidakpastian tentang budaya baru. Cobalah untuk bersikap terbuka terhadap budaya dan tradisi yang berbeda. Baca buku, ikuti kursus tentang budaya tujuan, dan diskusi dengan mahasiswa atau penduduk lokal untuk memahami lebih dalam tentang negara tujuan. 

Baca Juga: Tips Beradaptasi dengan Sistem Pendidikan di Amerika

 

Berbicara dengan Mahasiswa Lain 

Banyak mahasiswa internasional menghadapi perasaan takut dan cemas yang sama seperti kamu. Cobalah untuk berbicara dengan sesama mahasiswa internasional, terutama yang telah lebih lama tinggal di negara tersebut. Mereka dapat memberikan wawasan berharga tentang cara mengatasi tantangan dan menghadapi adaptasi dengan lebih baik. 


Cari Dukungan Sosial 

Pertemanan adalah kunci untuk mengatasi rasa takut dan cemas. Kamu bisa mengikuti aktivitas sosial di kampus maupun di luar kampus. Bergabung dengan klub atau organisasi yang menarik minat kamu. Dengan begitu, kamu akan menemukan cara bagus untuk mengenal orang baru dan membangun pertemanan. Bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuatmu merasa lebih nyaman. 

Jaga Kesehatan 

Kesehatan fisik dan mental sangat penting. Pastikan kamu makan dengan baik, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Jangan ragu untuk mencari bantuan jika kamu merasa perlu konsultasi dengan profesional kesehatan mental. Ada banyak sumber daya di kampus yang siap membantu mahasiswa dalam mengatasi stres dan cemas. 

Lakukan Rencana Perjalanan dan Eksplorasi 

Ketika kamu merasa takut dan cemas, cobalah untuk mengalihkan perhatian kamu dengan merencanakan perjalanan dan eksplorasi. Telusuri tempat-tempat menarik di sekitar kampus dan negara tujuan kamu. Hal ini akan membantumu merasa lebih terhubung dengan lingkungan baru dan mengurangi perasaan terisolasi. 

Baca Juga: 5 Tips Memulai Pertemanan Saat Kuliah di Luar Negeri

Mengembangkan Keterampilan Belajar 

Fokus pada studi kamu juga dapat membantu mengurangi kecemasan. Kamu bisa mengembangkan keterampilan belajar yang efektif sehingga dapat lebih PD saat menyelesaikan tugas-tugas akademis. Jika kamu merasa memerlukan bantuan tambahan, jangan ragu ya untuk mencari tutor atau berdiskusi dengan dosenmu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menjalani perkuliahan dan rasa cemasmu akan lambat laun berkurang. 

Konsultan pendidikan luar negeri

 

Jika kamu masih memiliki banyak pertanyaan seputar kuliah di luar negeri, yuk minta bantuan ke konsultan pendidikan Vista Education aja!

Vista Education adalah konsultan pendidikan dengan pengalaman lebih dari 25 tahun. Membantu anak Indonesia agar memiliki proses kuliah di luar negeri yang jauh lebih aman dan mudah. Layanan Vista sangat lengkap. Mulai dari penjurusan, pemilihan negara, universitas, pendaftaran, admission, VISA sampai akomodasi. Konsultasi gratis sekarang yuk! Chat kami via whatsapp atau isi form konsultasi .

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !