Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cara Kuliah Murah di USA

Cara Kuliah Murah di USA

Kuliah di USA masih terkendala biaya? Pakai cara-cara ini supaya kamu bisa kuliah murah di USA

Siapa bilang kuliah di Amerika itu mahal? Kamu bisa akalin lho agar biaya kuliahmu tak membengkak dan jadi cost-friendly. Yuk kita cari tahu tips hemat kuliah di USA versi Vista Education ini. 


Daftar ke community college

Community college juga disebut sebagai junior colleges. Community college merupakan lembaga pendidikan tinggi dengan durasi sekolah selama dua tahun. Setelah lulus dari community college, mahasiswa bisa mendapatkan gelar associate degree. Mahasiswa boleh langsung terjun ke dunia kerja atau lanjut ke universitas untuk mendapat gelar sarjana. Jika lanjut, kamu tak perlu mengulang lho. Langsung masuk ke tahun ke tiga. 

Community college sering menjadi alternatif bagi mahasiswa lokal maupun internasional untuk meraih gelar akademik. Jika mendaftar community college, kamu bisa membayar dengan biaya yang lebih affordable. Untuk mahasiswa internasional, biaya yang dikeluarkan untuk community college adalah sekitar USD 3.660 atau IDR 52 juta, selisih hingga IDR 322 juta dengan universitas.

Memilih universitas yang terkenal affordable

Perguruan tinggi di USA memang memiliki beberapa tipe. Ada public (state) university, private university, liberal art college dan community college. Public atau state university biasanya mendapat bantuan dana pendidikan yang cukup berlimpah dari pemerintah. Itulah alasan public university banyak dipilih karena menawarkan biaya pendidikan yang kompetitif. Pilihan state university yang bisa kamu pertimbangkan adalah Fairmont State University, California State University dan masih banyak lagi


Bekerja part-time

Kerja part-time juga menjadi salah satu alternatif untuk bisa kuliah murah di USA. Di USA, kamu bisa daftar on-campus job sesuai bidang keahlianmu. Yang menjadi pilihan part-time job adalah teaching assistant, tour guide, production assistant, dan peer tutor.

Di USA kamu juga bisa bekerja di café atau restoran. Untuk seorang mahasiswa di USA, kamu bisa bekerja dengan maksimal jam kerja yang telah diatur, yaitu 19 jam per minggu. Pada tahun pertama, kamu hanya akan diizinkan bekerja paruh waktu di universitas saja. Kemudian kamu baru diizinkan bekerja paruh waktu di luar kampus pada tahun kedua.

Daftar beasiswa partial atau full

Mendaftar beasiswa jadi andalan para mahasiswa internasional untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan mulai dari jenjang S1 hingga magister. Terdapat program beasiswa yang bisa kamu apply di USA sebagai berikut:

  • Abbey Road Summer Scholarships
  • The Next Gen Scholarship Fund
  • American University Emerging Global Leader Scholarship
  • New York University Wagner International Scholarships
  • Emory University Needs-Based Scholarship Program

Banyak universitas juga menawarkan parsial scholarship atau beasiswa sebagian. Kadang berupa free tuition atau potongan harga. Khusus untuk informasi beasiswa parsial, kamu bisa mendapat infonya di Vista Education. 


Memilih kota yang terjangkau bagi pelajar

Siapa sangka bahwa di luar negeri, khususnya di USA, terdapat kota-kota yang punya biaya hidup murah? Contohnya adalah Springfield, Illinois. Di kota tersebut terdapat universitas negeri yang menawarkan biaya kuliah yang terjangkau, yaitu the University of Illinois Springfield (UIS).

Selain itu, Texas juga merupakan kota di USA yang menawarkan biaya hidup yang murah dengan sejumlah universitas yang affordable. Seperti Hill College, Texas A&M University, Temple University, dan Central Texas College. Kota yang terjangkau lainnya bagi pelajar adalah Memphis. Di kota tersebut ada kampus-kampus dengan biaya kuliah terjangkau, salah satunya adalah Rhodes College.


Jika ingin temukan trik kuliah murah di luar negeri selain USA, hubungi Vista Education untuk konsultasi gratis.