Bongkar Budget Biaya Hidup dan Kuliah di Australia
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Bongkar Budget Biaya Hidup dan Kuliah di Australia

Bongkar Budget Biaya Hidup dan Kuliah di Australia

Artikel wajib untuk kamu yang terpanggil untuk kuliah di Australia

Kuliah di Australia itu jadi impian banyak orang. Menurut data statistik dari Department of Education, pada Januari 2022 lalu, jumlah mahasiswa internasional di Australia berjumlah 355.627. Kamu juga ingin ikut mendaftar kuliah di Australia? Yuk kita bongkar berapa sih budget biaya hidup dan kuliah di Australia!


Biaya Kuliah di Australia Berdasarkan jenjangnya

Undergraduate degree
Di jenjang undergraduate, mahasiswa akan menempuh masa studi selama kurang lebih 3-4 tahun. Biaya yang dibutuhkan adalah sekitar AUD 30.840 atau IDR 329 juta per tahunnya.

Bachelor degree
Berikut adalah jenjang studi yang sering menjadi sasaran pendaftaran para mahasiswa internasional. Masa studinya selama 3 tahun penuh. Untuk biaya kuliah jenjang sarjana yang perlu dipersiapkan rata-rata adalah sebesar AUD 20.000 – 45.000 atau IDR 214 – 481 juta per tahun.

Honours degree
Pada jenjang honours, mahasiswa akan menempuh masa studi selama 4 tahun. Biaya di jenjang ini rata-rata adalah AUD 13.000 atau IDR 139 juta per tahunnya.

Masters degree
Di jenjang ini, durasi studi yang harus ditempuh adalah selama 1,5 tahun. Untuk biaya kuliah jenjang master rata-rata adalah AUD 22.000 – 50.000 atau IDR 235 – 535 juta yang dibayarkan per tahunnya.

Doctoral degree
Masa studi jenjang doktor adalah selama 3 tahun. Biaya kuliah jenjang doktor rata-rata adalah sekitar AUD 14.000 – 37.000 atau IDR 149 – 395 juta, yang dibayarkan per tahunnya.

MBA (Master of Business Administration)
Berikut adalah jenjang yang memiliki biaya kuliah khusus, berbeda dari jurusan bisnis biasa di jenjang master. Biaya kuliah yang harus dikeluarkan untuk jenjang ini rata-rata adalah AUD 67.647 atau IDR 723 per tahunnya. Tapi masih ada biaya kuliah di bawah rata-rata di sejumlah universitas, biasanya sekitar AUD 45.000 atau IDR 481 juta.


Kuliah di Autralia Berdasarkan kampusnya

Nah, kalau kamu ingin melihat biaya kuliah berdasarkan kampus tujuannya, bisa juga nih. Misal kamu ingin mendaftar kuliah di University of Southern Queensland jurusan bisnis, kamu akan membayar biaya kuliah sebesar USD 22.300 atau IDR 320 juta per tahunnya.

Ingin kuliah di kawasan Sydney? Kamu bisa daftar di Western Sydney University dengan rata-rata biaya kuliah sebesar USD 24.000 atau IDR 344,8 juta per tahunnya. Di Victoria University, kamu bisa kuliah jurusan teknik dengan biaya kurang lebih sebesar USD 26.400 atau IDR 379 juta per tahun.


Biaya hidup dan akomodasi

Di Australia, kamu bisa memilih tempat tinggal, baik di rumah dengan tiga kamar atau di apartemen. Kalau ingin tinggal berramai-ramai dengan temanmu, kamu bisa memilih untuk tinggal di rumah yang harga sewanya antara AUD 1.800 atau IDR 19 juta per bulannya. Sedangkan di apartemen dengan satu kamar, kamar mandi, lengkap serta dapur, harga sewa per bulan mulai dari AUD 900 atau IDR 9,6 juta per bulannya.

Sebelum memilih tempat tinggal, perhatikan fasilitas apa saja yang diberikan. Apakah biaya sewanya sudah termasuk air dan listrik atau belum. Kalau perlu, kamu sebaiknya mencatatnya dalam buku keuangan pribadimu.

Biaya hidup di Australia untuk kebutuhan ponsel dan internet juga harus kamu pertimbangkan. Per minggunya perlu mengeluarkan uang sebesar USD 20 – 55 atau IDR 287.000 atau 789.000.


Tertarik lebih lanjut soal kampus-kampus di Australia? Ingin cari informasi soal jurusan yang cocok untukmu? Kamu bisa konsultasi santai dengan Vista Education nih.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !