Biaya Hidup dan Kuliah di Hongkong

Biaya Hidup dan Kuliah di Hongkong

Berminat kuliah di Hong Kong harus tahu nih berapa sih rincian biaya hidup dan biaya kuliahnya

Masih di benua Asia nih, kira-kira kalian berminat tinggal dan kuliah di Hongkong gak sih? Seperti yang kita kenal,Hongkong memiliki gedung-gedung pencakar langit yang banyak dan juga Disneyland yang ada di sana.

Well,kali ini kita bakalan bahas biaya hidup dan kuliah di Hongkong. Yuk simak bareng-bareng.


Biaya Hidup

Meskipun di Asia,ternyata biaya hidup di Hongkong cukup mahal. Hal ini juga didasari oleh negaranya yang padat sehingga memungkinakan untuk meningkatkan harga jual di sana. 

Berikut akan kita bahas secara garis besar biaya hidup di Hongkong.

Makanan

Biaya makan yang seharusnya murah ternyata tidak berlaku di Hongkong loh. Jika di Indonesia kita bisa membayar 30.000 sekali makan atau bahkan malah bisa 10.000 sekali makan di warteg tetapi di Hongkong kalian harus membayar sekitar HK $50-$90 sekali makan di restoran biasa atau setara dengan 93.000-160.000.

Sedangkan jika memilih restoran cepat saji kalian bisa mendapatkan harga yang lebih murah yaitu sekitar HK $35 atau 60-70 ribuan saja untuk sekali makan.

Tetapi jika kalian memilih untuk memasak sendiri dan membeli bahan-bahan pokok sendiri tentu akan lebih hemat. Contohnya saja satu kilogram telur di Hongkong dibanderol dengan harga HK $38,1 atau sekitar 71 ribu rupiah. Untuk daging ayam tanpa tulang kalian harus membayar HK $49 atau sekitar 90 ribuan untuk setengah kilogram saja.

Transportasi

Sebenarnya ada banyak transportasi yang bisa kalian gunakan dan harganya pun pasti berbeda. Contohnya saja jika kalian naik MTR (the mass transit railway) kalian harus membayar HK$ 3,6 untuk jarak tempuh 1-2 stasiun. Atau setara dengan 6000 rupiah. Sementara untuk jarak terjauh tarifnya menjadi HK$0,0 022 atau setara dengan 41.000 rupiah. Untuk transportasi ini lumayan terjangkau. Sementara untuk tarif taksi, biaya buka pintu saja dikenakan tarif sekitar HK $0,024 atau setara dengan 45 ribu dan tarif per kilometernya sekitar HK $0,0086 atau setara dengan  16 ribu.

Sementara pemilik kendaraan pribadi, harga bensin di sini berkisar antara HK$ 14-16 per liter atau setara Rp 30 hingga 36 ribu per liter.

Tempat Tinggal

Biaya perumahan di Hongkong sangatlah mahal,oleh karena itu kebanyakan orang memilih untuk menyewa apartemen biasa di pinggiran kota. Untuk sewa apartemennya sendiri kalian harus membayar sekitar HK $7,76 atau jika di rupiahkan sekitar 14,7 juta perbulan.

Sedangkan jika kalian memilih tempat tinggal yang lebih fancy kalian bisa untuk memilih menyewa apartemen di pusat kota. Untuk harganya tentu mahal, kalian harus membayar sekitar HK$37.000 atau setara dengan 56 juta perbulannya.

Wahh mahal ya guys, kira-kira kalian lebih pilih tinggal di mana nih, tentunya punya plus dan minusnya tersendiri ya.

Biaya Kuliah

Biaya Kuliah di Hongkong juga variatif ya,tergantung dengan universitas yang dipilih dan juga letak geografisnya. Berikut gambaran biaya kuliah beberapa kampus yang ada di Hongkong.

University of Hongkong

Menjadi universitas terbaik di Hongkong tentunya memiliki kualitas dan fasilitas yang mumpuni ya. University of Hongkong juga termasuk dalam daftar 10 besar The Asian University Rankings pada tahun 2020 loh. Wahhh keren banget kan.

Jika kalian berminat untuk kuliah di sana,setidaknya kalian harus membayar sekitar HK $171,000 atau setara dengan 325,758.707 rupiah per tahun. Mahal banget ya guys. Tetapi jangan khawatir tentunya dengan biaya yang sedemikian rupa,kalian akan mendapatkan fasilitas yang sebanding bahkan kesempatan magang di perusahaan besar yang ada di sana. 

Hong Kong University of Science and Technology

Pas banget nih buat kalian yang pengen masuk teknik atau yang berbau bau sains di Hongkong ada universitas keren loh. Universitas ini merupakan universitas terbaik kedua di Hongkong

Untuk biaya studinya bagi mahasiswa lokal harus membayar HK $42.100 atau setara dengan 7.862.052 rupiah setiap tahunnya. Sedangkan untuk mahasiswa asing harus membayar sekitar HK $140.000 atau jika dirupiahkan mencapai 26.144.592 rupiah per tahunnya.

Wahh masih bisa dibilang murah ya untuk bisa berkuliah di Hong Kong University of Science and Technology.

Chinese University of Hong Kong

Menjadi universitas yang favorit di Hongkong ternyata Chinese University of Hongkong lebih murah loh biaya kuliahnya. Kalian harus membayar sekitar HK $120.000 pertahunnya atau setara dengan 22.409.650 rupiah.

Hong Kong Design University

Buat kalian yang tertarik dengan desain atau seni cocok banget nih. Di Hongkong ada universitas keren ini. Kira-kira berapa sih biaya studinya? Untuk biaya kuliahnya sekitar HK $140.000 per empat tahunnya. Wah murah banget ya.

HKDI (Hong Kong Design Institute)

Kamu penasaran dengan biaya kuliah jurusan desain di Hong Kong Design Institute? Biaya untuk program Higher Diploma mulai dari HK$ 31,570 hingga HK$ 56,600 atau setara dengan 58.903.214 rupiah hingga 105.604.115 rupiah, yang dibayarkan setiap tahunnya.

Sedangkan untuk program Diploma of Foundation Studies memerlukan biaya rata-rata sebesar HK$ 23,750 atau setara dengan 44.312.681 rupiah yang dibayarkan setiap tahunnya.


Tertarik kuliah di Hong Kong? Yuk konsultasi dulu dengan Vista Education supaya tidak ragu ingin kuliah di universitas pilihanmu.