Berapa Rata-Rata Penghasilan Fresh Graduate di Indonesia?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berapa Rata-Rata Penghasilan Fresh Graduate di Indonesia?

Berapa Rata-Rata Penghasilan Fresh Graduate di Indonesia?

Dunia berubah menjadi sangat kompetitif. Banyak faktor menjadi penentu kesuksesan. Mulai dari pendidikan, skill, koneksi dan pengalaman. Kuliah adalah cara terbaik mendapatkan semua bekal tersebut. Lalu, apakah kita dijamin langsung mapan setelah lulus? Hm, banyak orang membutuhkan waktu. Seseorang yang baru lulus kuliah dengan pengalaman kurang dari 1 tahun biasa disebut dengan fresh graduate. Disinilah langkah pertama mu dimulai. Fresh graduate adalah momen penting untuk beradaptasi dan mendapat batu loncatan karir. Lantas, berapa ya kira-kira penghasilan para fresh graduate di Indonesia?

Bidang Studi: Pengaruh Signifikan pada Penghasilan 

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi gaji seorang fresh graduate adalah bidang studi yang ditempuh. Gelar dalam bidang teknik, ilmu komputer, kedokteran, dan keuangan seringkali membawa gaji yang lebih besar. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan pasar untuk lulusan di beberapa bidang tersebut. Sementara itu, bidang studi seperti seni, humaniora, atau ilmu sosial cenderung memiliki gaji yang lebih rendah. Bukan berarti lulusan dari bidang-bidang ini tidak bisa sukses, tetapi mereka mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai tingkat penghasilan yang tinggi. 

Privilege Lulusan Luar Negeri
Salah satu jalan ninja para fresh graduate untuk stand out adalah predikat lulusan luar negeri. Dunia profesional menganggap lulusan luar negeri lebih cakap, dinamis dan tangguh. Alumni luar negeri sudah dipastikan bisa multi bahasa. Mereka juga sudah mencicipi kehidupan bermasyarakat secara internasional. Apalagi jika mereka lulusan universitas bergengsi. Sudah pasti mendapat perhatian dan ekspektasi yang jauh lebih tinggi. Alhasil, gaji mereka pun juga menyesuaikan.

Baca Juga: Cara Jitu Kuliah di Luar Negeri

Lokasi Geografis: Pengaruh Besar pada Penghasilan 

Lokasi geografis juga memiliki dampak besar pada gaji seorang fresh graduate. Kota-kota besar atau daerah metropolitan dengan biaya hidup tinggi, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, atau Tangerang, biasanya menawarkan UMR yang lebih tinggi. Hal ini terjadi untuk mengimbangi biaya hidup yang juga tinggi. Di sisi lain, di daerah pedesaan atau kota kecil, gaji fresh graduate mungkin lebih rendah karena biaya hidupnya juga lebih rendah. 

Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja: Memainkan Peran Penting 

Tingkat pendidikan juga mempengaruhi gaji seorang fresh graduate. Mereka yang melanjutkan pendidikan hingga tingkat magister atau doktor biasanya dapat memasuki pasar tenaga kerja dengan gaji yang lebih tinggi. Selain itu, pengalaman sebelumnya juga menjadi hal yang akan menentukan gaji seorang fresh graduate. Pengalaman tersebut seperti magang, pekerjaan paruh waktu, proyek sukarela. Hal ini dapat meningkatkan daya saing seorang calon lulusan dan membantu mereka mendapatkan gaji yang lebih baik. 

Baca Juga: 10 Jurusan Bisnis Dengan Tawaran Gaji Terbesar

Industri dan Pekerjaan 

Industri tempat seorang fresh graduate bekerja juga memainkan peran penting dalam menentukan gaji. Industri seperti teknologi, keuangan, dan kesehatan seringkali menawarkan gaji yang kompetitif. Selain itu, jenis pekerjaan juga mempengaruhi gaji. Pekerjaan teknis atau analitis seringkali membawa gaji yang lebih tinggi daripada pekerjaan administratif atau layanan pelanggan. 

Rata-rata Gaji Fresh Graduate

1. Pertanian, Kehutanan & Perikanan Rp 2.482.862

2. Pertambangan & Penggalian Rp 6.463.384

3. Industri Pengolahan Rp 4.712.113

4. Pengadaan Listrik, Gas, Uap/Air Panas & Udara Dingin Rp 5.618.286

5. Treatment Air, Treatment Air Limbah, Treatment & Pemulihan Rp 4.753.285

6. Konstruksi Rp 3.642.855

7. Perdagangan Besar & Eceran; Reparasi & Perawatan Mobil Rp 3.332.138

8. Pengangkutan & Pergudangan Rp 3.764.578

9. Penyediaan Akomodasi & Penyediaan Makan Minum Rp 3.856.599

10. Informasi & Komunikasi Rp 4.673.707

11. Aktivitas Keuangan & Asuransi Rp 5.219.568

12. Real Estat Rp 3.957.647

13. Jasa Profesional & Perusahaan Rp 4.145.777

14. Administrasi Pemerintahan, Pertahanan & Jaminan Sosial Rp 3.896.331

15. Pendidikan Rp 1.673.136

16. Aktivitas Kesehatan Manusia & Aktivitas Sosial Rp 3.698.779

17. Jasa Lainnya Rp 2.866.101

Selain penghasilan, kamu juga perlu mempertimbangkan skill apa saja yang bisa kamu kembangkan saat bergabung ke sebuah perusahaan. Hal ini penting agar pekerjaanmu menjadi sebuah lahan belajar yang dibayar. Ketika kamu semakin mahir, maka gaji pun pasti ikut naik. So, semangat ya!



 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !