Berapa Estimasi Pendapatan Lulusan Teknik ?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berapa Estimasi Pendapatan Lulusan Teknik ?

Berapa Estimasi Pendapatan Lulusan Teknik ?

Jurusan teknik emang lagi populer banget. Berapa sih gaji mereka?

Jurusan teknik yang ada di dunia kuliah terbagi menjadi beberapa jenis. Seperti teknik kimia, teknik sipil, dan teknik komputer. Lulusan teknik bisa dapat gaji yang cukup tinggi lho! Apalagi kalau lulusan teknik dari universitas atau institut luar negeri. Kenapa mahasiswa internasional banyak dapat privilege? Karena mereka telah mendapat pengajar, fasilitas dan kesempatan magang lebih baik. Rata-rata, anak teknik luar negeri bisa internship di perusahaan-perusahaan kenamaan. Jadi bayangin deh, kamu akan memiliki CV dengan pengalaman kerja menarik bahkan sebelum lulus. Anti ditolak HR gak sih? Lalu, berapa sih kira-kira pendapatan para lulusan teknik?

Teknik perminyakan

Lulusan teknik perminyakan dari luar negeri bisa mendapatkan peluang besar untuk langsung bekerja di perusahaan besar. Seperti Pertamina hingga Chevron, dan banyak lagi perusahaan di Indonesia yang akan senang hati menyambut kedatanganmu untuk melamar pekerjaan.

Pendapatan yang bisa diraih oleh lulusan teknik perminyakan apabila kerja di Amerika adalah USD 128.230 atau IDR 1,8 milyar per tahun. Sedangkan di Indonesia, gaji yang bisa kamu dapatkan bisa mencapai Rp 20 juta per bulan.

Teknik pertambangan

Ini dia jurusan yang digadang-gadang selalu punya penghasilan tinggi. Tentu saja karena lulusannya bekerja di bidang penambangan minyak bumi, gas bumi, batu bara, dan lain-lain, hingga eksploitasi bahan tambang dan pemasarannya.

Memang gaji yang didapatkan lulusan jurusan teknik pertambangan cukup besar di luar negeri, yaitu Rp 94 juta per bulan. Kalau lulusan teknik pertambangan dari luar negeri dan ingin bekerja di Indonesia, bisa dapat gaji sampai Rp 30 juta per bulan. Apa kamu mulai tergiur untuk pindah jurusan?

Teknik nuklir

Masih sedikit yang berminat di jurusan ini karena dianggap memiliki materi yang sulit. Jurusan yang mempelajari fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material. Lulusannya pun bisa bekerja di berbagai lembaga pemerintah.

Nantinya, ketika kamu bekerja sebagai insinyur nuklir, kamu bisa akan ditawarkan pendapatan sebesar USD 8.518 atau IDR 121 juta per bulan. Sayangnya, penghasilan lulusan ini di Indonesia masih cukup rendah, yaitu antara Rp 7-10 jutaan. Untuk lulusan dari luar negeri bisa jadi mendapatkan penghasilan mencapai lebih dari Rp 15 juta per bulan.

Teknik penerbangan

Lulus kuliah, ingin jadi teknisi pesawat? Kuliah jurusan teknik penerbangan jadi solusinya. Bukan cuma soal pesawat, lulusan jurusan teknik penerbangan juga bisa merancang sampai mengoperasikan satelit dan roket nih!

Kalau kamu termasuk lulusan teknik penerbangan, berapa ya penghasilan yang bisa kamu dapatkan? Di Amerika, perusahaan-perusahaan besar bersedia membayar hingga USD 9.137 atau IDR 130 juta per bulan. Kalau bekerja di Indonesia sebagai lulusan teknik penerbangan luar negeri, bisa sampai Rp 25 juta per bulan gaji yang kamu dapatkan.

Teknik informatika

Jurusan ini mengulik tentang Informasi dan Teknologi. Biasanya, lulusan teknik informatika menjadi seorang programmer, developer, atau software engineer. Di era digital, lulusan ini meningkat cukup tajam.

Menurut penelitian National Association of Colleges and Employers (NACE), gaji seorang programmer di Amerika bisa mencapai Rp 76 juta per bulan. Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji programmer ada di angka lebih dari Rp 10 juta bahkan sejak tahun pertama. 


Jadi, kamu mau masuk jurusan teknik apa? Jangan lupa sesuaikan dengan minat, bakat dan peluang yang ada ya. Jika kamu ingin kuliah teknik di luar negeri, segera hubungi konsultan pendidikan Vista Education untuk mendapat informasi terbaru. 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !