Berapa Biaya Kuliah di Korea?

Mau kuliah di Korea? Ayo baca ini dulu

Sedang naik daunnya musik K-Pop dan munculnya beragam judul K-Drama membuat banyak pelajar Indonesia lebih mengenal Negeri Korea. Mulai dari bahasa, budaya, hingga makanan khasnya. Tteokbokki (Kue Beras Pedas), Kimchi Sujebi (Sup Pangsit), Japchae (Bihun ala Korea), Tokebi (Hot Dog Kentang) bisa kita temukan dengan mudah di sekitar rumah. Alhasil, melanjutkan kuliah disana juga makin trend akhir-akhir ini.

Selain biar bisa merasakan langsung kehidupan Korea Selatan, mereka memang juga punya kualitas pendidikan yang luar biasa . Ada banyak kampus bergengsi yang bisa kamu jadikan destinasi untuk lanjut studi, seperti Sejong University, Seoul National University, KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology), Korea University, Pohang University of Science and Technology, dan Sungkyunkwan University. Lalu berapa sih biaya kuliah disana?

Korea Selatan unggul di bidang IT, teknologi, dan hiburan. Seoul, ibukota Korea Selatan juga termasuk dalam top 10 kota pelajar di dunia. Apabila dibandingkan dengan USA, Kanada, dan UK, biaya kuliah dan biaya hidup di negara ini terhitung lebih murah. Uang kuliah pelajar internasional disana tidak dibedakan dengan pelajar asli Korea Selatan. Biaya kuliah di Korea selatan bisa dibilang beragam, tergantung dari faktor jurusan yang kamu pilih, universitas yang kamu pilih, dan kota dimana kamu akan tinggal.

Biaya kuliah untuk program Sarjana per semester di Universitas Negeri dan Nasional adalah IDR 29 - 64 juta. Biaya kuliah tahunan rata-rata di universitas di Seoul yang masuk peringkat internasional yaitu sekitar IDR 96 juta. Untuk jenjang S2 kisaran biaya yang harus kamu siapkan adalah IDR 33 - 70 juta. Sementara jika kamu memilih kampus swasta, siapkan biaya setidaknya IDR 34 - 60 juta per semester untuk jenjang Sarjana dan IDR 50-98 juta per semester untuk jenjang S2.

Perkuliahan di Korea umumnya menggunakan pengantar bahasa Korea, hanya 20%-30% mata kuliah yang diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Jadi akan lebih baik jika kamu menguasai bahasa Korea jika ingin kuliah disana.  Karena sebagian besar universitas mensyaratkan nilai TOPIK (Test of Proficiency in Korean). Jadi kamu juga harus mempersiapkan biaya untuk mengambil Program Belajar Bahasa Korea yang diperuntukkan bagi pelajar internasional. Hampir seluruh universitas di Korea Selatan menyelenggarakan program ini.

Sebagian besar universitas menyediakan asrama dengan harga yang cukup terjangkau. Namun kamu juga bisa memilih tinggal di kos atau homestay yang tentunya memakan biaya lebih besar. Untuk memenuhi kebutuhan makan setiap hari kamu bisa memilih menu dari mini market, kantin kampus, streetfood, atau restoran. Untuk mendukung mobilitasmu, kamu bisa memanfaatkan subway, bus, atau taksi. Umumnya mahasiswa internasional dari Indonesia membutuhkan sekitar IDR 10 - 13 juta setiap bulannya untuk keperluan tempat tinggal, makan, dan transportasi. Jika kamu memiliki gaya hidup yang sederhana dan bersedia untuk berhemat, jumlah yang kamu habiskan mungkin akan jauh lebih rendah.

Bagaimana menurutmu, apakah biaya kuliah di Korea Selatan cukup terjangkau? Ulasan kali ini bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk melanjutkan studi disana. Semoga berhasil!

Hubungi konsultan Vista Education untuk mulai diskusi rencana kuliahmu di Korea ya !